Sunday, December 13, 2015

Cara Membuka Dasbor Blogger Menggunakan UC Browser

Cara Membuka Dasbor Blogger Menggunakan UC BrowserPostingan kali ini adalah berawal dari pengalaman pribadi, yaitu tidak bisa membuka dasbor blog pada smartphone Android. Setelah ditemukan solusi dalam mengatasinya, maka dari itu FajrInfo membuat artikel postingan cara membuka dasbor blogger menggunakan UC Browser ini dengan tujuan barangkali di antara sobat juga ada yang mengalami hal serupa seperti ini agar dapat bermanfaat cara mengatasinya.

Masalah ini merupakan pengalaman pertama FajrInfo ketika membuka dasbor tanpa PC, yaitu dengan tampilan mobile. Masalah yang FajrInfo alami adalah ketika menggunakan perangkat smartphone dengan sistem operasi Android, dasbor blogger tidak muncul penampakannya sama sekali. Sebenarnya sempat heran juga sih, hingga timbul pertanyaan dalam hati yang berkata "masa sih gadget dengan basis sekelas Android ini tidak bisa membuka dasbor blogger pada UC browsernya?” Apakah penyebab ini timbul dari Android atau dari browsernya?

Baca juga: Beberapa Dampak Update Artikel Setiap Hari Yang Harus Kamu Ketahui

Sebenarnya FajrInfo ini memang merupakan orang baru di Blogger dan masih sangat newbie tulen. Sebelumnya pernah juga ngeblog tapi menggunakan platform lain yang berbasis ponsel. Akan tetapi, setelah melihat-lihat para pengguna Blogger begini dan begitu, ternyata platform blog yang pada saat itu digunakan (Blog Platform Mobile) fiturnya tidak sebanyak fitur yang dimiliki oleh Blogger milik Google.

Hingga akhirnya dengan mempertimbangkan berbagai macam hal, FajrInfo memilih untuk hijrah ke platform Blogger punya Google ini sampai terbentuklah blog yang bernama FajrInfo ini. Wah jadinya curhat banyak nih sobat, maaf ya kalau pembahasannya ngelantur kesana kemari.

Perlu diketahui, sebagaimana tercantum dalam judul, disini FajrInfo menggunakan browser yang bernama UC Browser. Dalam hal ini FajrInfo tidak ada maksud untuk mempromosikan suatu produk atau aplikasi, tapi karena aplikasi browser yang satu ini selalu dapat diandalkan ketika berselancar di dunia maya dengan menggunakan gadget Android.

Sebelum beralih ke Android, sebenarnya FajrInfo termasuk pengguna Opera Mini ketika masih menggunakan ponsel platform java nan jadul. Akan tetapi setelah beralih menggunakan smartphone Android, pada aplikasi Opera Mini for Android dirasa kurang begitu bagus dan tidak dapat diandalkan, hingga akhirnya FajrInfo beralih menggunakan UC Browser ini karena dianggap lebih mumpuni untuk mengakomodir segala kebutuhan berinternet, meskipun masih kadang menggunakan browser selain keduanya untuk penyesuaian.

Nah sobat, kurang lebih seperti itu kronologinya. Jadi saat mau masuk ke blogger, UC Browser tidak merespon atau entah kenapa, karena setelah dilakukan reload untuk memuat ulang halaman pun masih tetap saja tampilannya seperti itu, bahkan yang muncul dalam tampilan halaman hasil penelusuran yaitu hanya berupa layar blank Putih kosong alias zonk.


Selidik punya selidik setelah mengotak-atik aplikasi browser tersebut, akhirnya FajrInfo mencoba untuk mengobok-obok pada pengaturan UC Browser dan akhirnya dapat diketahui juga sumber masalah yang terjadi, yaitu berkenaan dengan UA (User Agent) pada UC Browser pada kategori situs-situs milik google disitu diatur statusnya "Lite", yang kurang lebih artinya saat browser kita mengakses laman-laman milik google akan menampilkan interface yang ringan agar lebih cepat dalam pemuatan halaman.

Namun dengan pengaturan tersebut, meskipun browser menjadi lebih cepat memuat halaman, masalahnya jadi seperti yang terjadi kali ini ketika membuka blogger. Lalu bagaimanakah solusinya? Agar kita bisa masuk ke blogger secara normal dan dengan tampilan normal pula, solusinya yaitu dengan cara mengubah UA pada UC Browser tersebut dari yang awalnya berstatus "Lite" diubah menjadi "Mobile".

Baca juga: Dampak Buruk Akibat Sering Mengganti Template Blog

Untuk melakukannya, silahkan simak dan ikuti langkah-langkah dalam mengatasi masalah membuka dasbor blogger yang tampilan blank, yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan kamu sudah membuka aplikasi UC Browser pada smartphonemu.
  • Kemudian buka menu pilihan pada bagian tengah bawah yang bertanda garis tiga
  • Lalu scroll (geser) pilihan tersebut ke sebelah kiri untuk melihat pilihan berikutnya
  • Setelah itu pilih menu Pengaturan
  • Setelah masuk ke Pengaturan, maka pilih Pengaturan Browsing
  • Kemudian klik pada menu Preferensi Situs (UA)
  • Nah disini yang menjadi penentunya, maka pilih pada pilihan google
  • Setelah itu pilih yang Mobile (sebenarnya apabila kita pilih Desktop juga bisa, tapi tampilan lamannya nanti jadi lebar)


Apabila semua langkah telah dilakukan dengan baik sesuai dengan petunjuk di atas, maka cobalah untuk mengakses blogger kembali dan dapat dipastikan UC Browser yang sebelumnya tidak bisa membuka dasbor blogger, setelah mengikuti tutorial cara membuka dasbor blogger menggunakan UC Browser ini akhirnya bisa masuk ke halaman dasbor blogger dengan tampilan normal.


Baca juga: Ketahuilah Beberapa Gangguan Yang Sering Menghantui Blogger

Semoga artikel yang FajrInfo bagikan ini tentang cara membuka dasbor blogger menggunakan UC Browser dapat bermanfaat bagi sahabat semua. Apabila dari sahabat sekalian ada yang ingin menambahkan mengenai pembahasan yang dimuat pada artikel ini, silahkan menyampaikannya pada kolom komentar.
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
 

Delivered by FeedBurner