Cara Mengatasi Masalah Shutdown Pada Windows 8

Hallo para pengguna Windows 8. Pernahkah kamu mengalami masalah ketika men-shutdown komputer atau laptop Windows 8 kamu tidak kunjung mati? Jika pernah atau mungkin Windows 8 milikmu sekarang ini sedang mengalami hal tersebut, pada artikel cara mengatasi masalah shutdown pada Windows 8 yang FajrInfo berikan ini semoga bisa memberikan solusi terhadap masalah yang sedang kamu hadapi tersebut.

Cara Mengatasi Masalah Shutdown Pada Windows 8

Windows 8 merupakan sistem operasi besutan Microsoft yang cukup handal dibanding sistem operasi windows pendahulunya. Hal ini dapat dilihat dari segi kecepatan booting Windows 8 yang hanya sekian detik dan juga dalam mobilitas pengoperasiannya pun terbilang cepat.

Sebernarnya bukan hanya dari segi kecepatan booting saja yang diunggulkan, Windows 8 hadir dengan tampilan desain kotak-kotak yang elegan pada menu Start. Pada menu kotak-kotak tersebut terdapat tampilan live tile yang dapat memperindah tampilan Windows 8 juga meberikan informasi terkini mengenai banyak hal yang disampaikan oleh masing-masing aplikasi pada menu Start tersebut.

Namun dengan segala fitur kecepatan dan tampilan mempesona yang disuguhkan oleh Microsoft pada Windows 8, kadang terdapat masalah yang sering terjadi dalam penggunaan sistem operasi modern ini. Salah satunya adalah ketika komputer atau laptop dimatikan dengan mengklik shutdown, lalu layar mati akan tetapi CPU dan lampu indikator tetap menyala dan baru mati setelah menunggu beberapa lama.

Hal seperti ini sangat sering dikeluhkan para pengguna Windows 8 dan kadang menjadi suatu ketakutan tersendiri para pengguna karena khawatir terjadi kerusakan pada komputer atau laptopnya. FajrInfo sendiri awalnya menyangka bahwa masalah tersebut disebabkan oleh driver Windows 8 yang tidak kompatibel dengan laptop yang digunakan.

Namun ternyata masalah tersebut penyebab utamanya adalah fitur Hybrid Shutdown yang fungsinya untuk mempercepat waktu boot sistem agar tidak memakan terlalu banyak waktu ketika windows dihidupkan atau dimatikan. Masalah ini sering kali terjadi pada hampir semua pengguna Windows 8 sekalipun menggunakan perangkat terbaru juga.

Akan tetapi, apabila kamu menghadapi hal seperti itu, jangan terburu-buru membawa laptopmu itu untuk menyerahkannya ke tempat service! Karena kali ini FajrInfo akan memberikan tutorial untuk mengatasi Windows 8 kamu yang lama proses shutdown hingga matinya meskipun sudah dimatikan dengan cara menekan tombol power. Dengan mengikuti tutorial ini, insyaa Allah kamu dapat mengatasi masalah pada komputer atau laptop sendiri, yang mana hal tersebut sebagai pengalaman bilamana terjadi masalah yang sama seperti itu lagi. Juga dapat menghemat pengeluaran karena tidak usah membayar jasa perbaikan komputer atau laptop pada tukang service.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengatasi masalah ketika shutdown pada Windows 8 atau Windows 8.1. Mohon diperhatikan dengan teliti langkah demi langkahnya agar tidak ada yang terlewat satu langkah pun.

- Buka Control Panel dengan cara klik kanan pada menu start di sudut kiri bawah.

- Setelah Control Panel terbuka, lalu secara berurutan klik pilihan Hardware and Sound > Power Options > Choose what the power button does > Change settings that are currently unavailable.

- Pada menu System Settings ini scroll ke bawah dan kamu akan menemukan pilihan Turn on fast startup (recommended) yang diceklis. Hapus ceklisnya lalu klik Save changes.

Mengatasi Masalah Shutdown Pada Windows 8

- Setelah selesai, silahkan restart komputer/laptop kamu.

- Setelah Windows 8 kamu restart, maka ketika dimatikan akan mati secara normal kembali.

Apabila masalah shutdown ini belum terselesaikan, kamu dapat mencoba menyelesaikannya dengan cara mencabut batre pada laptop kamu lalu diamkan selama beberapa menit kemudian pasang kembali baterai ke laptop. Bagi para pengguna PC Desktop atau komputer, cabut catu daya terlebih dahulu dan diamkan beberapa saat selama kurang lebih lima menit, lalu hubungkan catu daya kembali.

Beberapa cara tersebut menjadi satu solusi dan alternatif lain dalam mengatasi masalah shutdown Windows 8 ini dan banyak para pengguna Windows 8 yang setelah melakukannya perangkat Windows 8 mereka menjadi normal kembali ketika shutdown. Namun yang sering FajrInfo lakukan secara langsung adalah dengan menggunakan metode yang ada pada tutorial pada bagian inti artikel ini.

Dalam beberapa forum mengatakan, perangkat yang memiliki spesifikasi rendah jika dipasangi sistem operasi Windows 8 sangat rentan terhadap masalah shutdown yang lama ini. Sehingga mereka banyak yang merekomendasikan untun beralih ke sistem operasi yang lebih rendah yang bisa lebih stabil, yaitu Windows 7. Namun ada yang mengatakan juga bahwa sistem operasi Windows 10 lebih ringan dan stabil dibanding Windows 8 ketika disematkan pada perangkat yang memiliki spesifikasi rendah atau standar. Keputusan ada di tangan kamu sobat FajrInfo, silahkan untuk mempertimbangkan hal tersebut.

Apabila masih terjadi trouble atau masalah pada Windows 8 kamu, silahkan menyampaikannya pada kolom komentar di bawah agar FajrInfo bisa berusaha untuk membantu dalam mengatasi masalahmu tersebut. Semoga tutorial cara mengatasi masalah shutdown pada Windows 8 ini dapat memberi solusi bagi kamu. Terimakasih.
Advertisement
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner