Wednesday, December 23, 2015

Windows Live Writer Berubah Menjadi Open Live Writer?

Windows Live Writer Berubah Menjadi Open Live Writer?

Windows Live Writer adalah program yang biasa digunakan oleh para blogger untuk berbagai macam keperluan dalam blogging. Dulu program ini sempat menjadi program handal yang sangat populer karena di dalamnya terdapat banyak tool yang digunakan untuk kepentingan blogging. Namun kini Windows Live Writter sudah mulai ditinggalkan pengguna.

Mengetahui hal tersebut, pada akhirnya pihak Microsoft tidak dapat berbuat banyak dengan kenyataan itu. Mengetahui Windows Live Writer sudah sepi pengguna, terdengar desas-desus Microsoft akan melepaskan Windows Live Writer ini menjadi program open source agar selanjutnya para developerlah yang menjadi pengembang Windows Live Writer untuk selanjutnya. Pernyataan ini dapat dibuktikan dengan tidak tersedianya update program yang dikemas dalam Windows Essential ini dengan update terakhir hanya sampai versi Windows Essential 2012 saja.

Berbicara tentang Windows Live Writer, dalam hal ini FajrInfo mengalaminya sendiri karena tidak bisa menggunakan tool buatan Microsoft ini. Sempat beberapa kali mencoba dengan berbagai cara, sampai beberapa kali mengganti password google namun hasilnyapun nihil. Dan alhamduillah akhirnya FajrInfo mendapatkan info mengenai Windows Live Writer yang “katanya” sudah mulai ditinggalkan Microsoft. Kabarnya, sudah sejak awal Desember lalu Windows Live Writer mengalami masalah ketika hendak login ke blogger. Setelah mencari cara kesana kemari tidak kunjung membuahkan hasil, pada akhirnya FajrInfo menemukan program tool yang bernama Open Live Writer.

Open Live Writer merupakan program yang fungsinya sama persis dengan Windows Live Writer. Program ini juga dapat digunakan untuk menulis artikel secara offline dan mempublish ke blog secara langsung. Apakah Open Live Writer ini merupakan pengembangan dari Windows Live Writer yang telah menjadi open source? FajrInfo tidak dapat memastikannya. Namun jika dilihat dari isi dan personalisasi dalam Open Live Writer ini sungguh sangat identik dengan Windows Live Writer besutan Microsoft. Jadi, apabila kamu mengalami kendala ketika akan masuk blogger menggunakan Windows Live Writer, program Open Live Writer ini bisa menjadi tool alternatif agar tidak menghambat aktifitas blogging kamu.

Untuk kamu yang ingin mencicipi Open Live Writer, kamu dapat mengunduh dari situs resmi para depelovernya. Kamu bisa menemukannya pada pencarian Google dengan keyword (kata kunci) Open Live Writter. File installernya juga terbilang kecil karena hanya berukuran 5,16 MB saja. Jadi, mengunduh program ini tidak akan membuat kuota internet kamu terkuras habis dan tidak terlalu banyak makan space harddisk. Jika kamu telah selesai mengunduhnya, silahkan instal Open Live Writer yang telah didownload tersebut ke komputer atau laptop kamu. setelah itu kamu bisa langsung menggunakannya untuk blogging.

Bagi kamu yang belum mengetahui cara penggunaannya, FajrInfo akan membagikan langkah-langkahnya. Berikut ini beberapa langkah untuk menggunakan program Open Live Writer:

- Buka program Open Live writer yang telah kamu instal tadi

- Pilih layanan blog yang kamu gunakan lalu klik Next. (Dalam hal ini FajrInfo menggunakan Blogger).

- Kemudian klik Sign in, dan masukkan email dan password google kamu. Untuk memudahkan ceklis pada bagian "stay logged in" agar tidak usah mengulang sign in lagi dilain waktu.

- Apabila sudah masuk, Open Live Writer akan mengkonfirmasi nama blog kamu lalu klik Finish. Lalu konten dalam blog kamu akan disinkronkan ke dalam Open Live Writer.

- Setelah selesai semua, maka silahkan menulis artikel dan mempublishnya ke blog kamu secara langsung dengan Open Live Writer.


Walaupun memang ada program pengganti open live writer ini, namun FajrInfo lebih merekomendasikan lagi kepada sobat blogger untuk menulis artikel pada laman blogger secara langsung. Karena dengan diberhentikannya dukungan blogger pada aplikasi fenomenal tersebut dimungkinkan adanya kekhawatiran pihak Google mengenai keamanan akun pengguna blogger.

Maka dari itu, menulis artikel jauh lebih baik dari pada menggunakan program pihak ketiga. Karena sebenarnya Google pun memiliki aplikasi Blogger, namun entah kenapa sudah sangat lama aplikasi tersebut tidak mendapatkan perbaikan dan pembaruan dari Google, berbeda dengan aplikasi buatan Google lainnya yang selalu memperoleh perbaikan dan update terkini dari pengembangnya, yaitu Google.

Demikian pembahasan kita tentang Windows Live Writer berubah menjadi Open Live Writer. Mudah bukan untuk menggunakannya? Jika kamu mengalami kendala dalam proses login atau pengunduhan Open Live Writer, kamu bisa menanyakannya pada kolom komentar di bawah. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Bagi sobat yang memiliki tips atau trik dalam penulisan artikel yang baik selain yang telah dipaparkan pada paragraf terakhir artikel FajrInfo ini, silahkan sampaikan pada kolom komentar. Terlebih lagi mungkin ada yang ingin menyikapi atau mengkritisi tentang perubahan pada kebijakan program windows live writer ke open live writer ini, mangga ditunggu sharing informasi, pengetahuan dan pengalaman sobat blogger semua.
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
 

Delivered by FeedBurner