Mengatasi Kolom Komentar Blog Tidak Muncul Pada Tampilan Mobile

Hai sobat blogger, kali ini FajrInfo akan membagikan cara untuk mengatasi kolom komentar blog yang tidak muncul pada tampilan mobile. Postingan ini dibuat untuk membantu kalian yang kesulitan dalam mengatasi kolom komentarnya yang tidak muncul ketika dibuka melalui smartphone, ponsel pintar atau perangkat lain sejenisnya.

Kolom Komentar Blog Tidak Muncul Pada Tampilan Mobile

Pernahkah kamu mengalami masalah pada blog milikmu ketika melihat blog dalam mode mobile (menggunakan ponsel) merasa ada yang hilang pada komponen blog yang harusnya tampil di setiap halamannya?

Kebetulan FajrInfo mengalaminya sendiri, yaitu ketika membuka blog ini menggunakan smartphone Android dengan tampilan mobile, kolom komentar yang seharusnya ada tapi tidak dapat ditampilkan sama sekali pada setiap halaman. Lalu bagaimanakah cara mengatasi kolom komentar blog yang tidak muncul pada tampilan mobile tersebut?

Sedikit menjelaskan, pada postingan kali ini, FajrInfo tidak berniat untuk mengajari atau membawahi. Akan tetapi FajrInfo hanya ingin berbagi pengalaman yang dialami sendiri pada blog sederhana ini. Oleh sebab itu, jika ada yang terbantu dengan tutorial ini syukur alhamdulillaah. Jika ada yang sudah mengerti cara mengatasi masalah ini silahkan disimak dan ditanggapi serta dikritisi. Karena slogan para blogger adalah selalu berbagi informasi dan pengalaman antar blogger lainnya.

Permasalahan yang pernah blog FajrInfo alami ini bermula pada awal pergantian tahun kemarin. Sebelumnya tidak disadari bahwa blog ini mengalami masalah seperti itu, karena jarang melihat blog ini menggunakan smartphone. Nah pas ketika FajrInfo membuka blog menggunakan smartphone (Samsung Galaxy Ace 3), kolom komentar tidak dapat tampil di semua halaman. Merasa belum yakin dengan kejadian tersebut (dikira ponselnya yang error mengalami masalah), akhirnya FajrInfo mencoba mengaksesnya dengan menggunakan smartphone lain (Galaxy Ace 4 dan Zenfone 6).

Namun walaupun sudah berganti perangkat ternyata hasilnya tetap sama dan dapat disimpulkan bahwa bukan gadgetnya yang rusak, akan tetapi template blog FajrInfo ini yang mengalami masalah. Sebab ketika blog FajrInfo ini diakses menggunakan laptop tidak ada masalah apapun pada kolom komentar karena pada tampilan desktop tersebut kolom komentar dapat ditampilkan secara normal.

Setelah mengetahui terjadi masalah dengan kolom komentar yang hilang di setiap halamannya, maka FajrInfo berusaha untuk mencari solusi dengan cara browsing ke beberapa blog yang dianggap sebagai sumber yang cukup mumpuni dan relevan dengan permasalahan tersebut. Karena, sebenarnya FajrInfo masih benar-benar awam mengenai script atau kode blogging dan belum banyak menguasai ilmu tentang blogging ini. Maklum lah, masih newbie banget sobat.

Permasalahan ini entah mengapa bisa terjadi, namun setelah mondar-mandir kesana kemari dari blog satu ke blog lainnya berdasarkan beberapa sumber mengatakan bahwa google sedang menerapkan kebijakan baru pada sistemnya dimana bagian tertentu pada halaman situs mobile ada yang dihilangkan.

Hal ini bertujuan agar memudahkan pengguna ketika proses memuat tiap halaman situs lebih cepat dan ringan. Dengan demikian, tentu saja kebijakan tersebut merupakan “sesuatu banget” bagi para blogger karena harus mengkostumisasi kembali pada template blognya yang terkena imbas oleh kebijakan tersebut untuk penyesuaian.

Sejatinya, kendala yang terjadi adalah tidak selalu disebabkan oleh kebijakan yang ditetapkan oleh Google tentang hal itu saja. Ada pula masalah yang terjadi memang template yang digunakan pada blog tersebut mengalami masalah sendiri. Jadi, permasalahan yang dialami oleh FajrInfo juga belum tentu karena sebab itu.

Entah sebab apa terjadi masalah ini, namun yang pasti bagi kita pemilik blog yang mengalami masalah tersebut pastinya harus cepat memperbaikinya dengan cara mencari solusi untuk mengatasi kolom komentar yang tidak muncul ini.

Pada permasalahan halaman blog yang tidak muncul pada tampilan mobile ini sebenarnya tidak begitu sulit sobat. Karena solusinya adalah hanya dengan menambahkan kode berikut pada bagian </style> template blog kamu. Hal yang harus kamu lakukan adalah dengan masuk ke dasbor blogger, lalu pilih template kemudian edit html. Lalu cari kode </style> dengan menggunakan fitur pencarian Ctrl + F.

.blogger-iframe-colorize {display: block !important; }

Setelah menemukan kode </style> , lalu salinlah kode di atas dan tempatkan tepat di atas kode </style> atau di bawah kode <style type='text/css'> pada template blog kamu seperti gambar di bawah ini.

Komentar Blog Tidak Muncul Pada Tampilan Mobile

Lalu pilih save template untuk menyimpannya. Setelah selesai pemasangan, kamu dapat mencoba untuk kembali mengakses blog kamu menggunakan gadget dalam tampilan mobile. Maka dapat dipastikan kolom komentar yang tadinya hilang dapat muncul kembali.

Demikian yang dapat FajrInfo bagikan mengenai cara mengatasi kolom komentar blog yang tidak muncul pada tampilan mobile. Apabila masih terjadi kesalahan atau ada yang kurang dimengerti dapat ditanyakan dengan cara mengisi komentar di bawah. Terimakasih, semoga berhasil.

Sobat, adakah di antara kalian yang memiliki solusi lain yang mungkin lebih cepat dan praktis dalam mengatasi masalah kolom komentar tidak muncul pada tampilan mobile ponsel ini? Jika ada kiranya berkenan untuk menyampaikannya pada kolom komentar di bawah postingan ini.
Advertisement
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner