Mengatasi Widget Blog Tidak Muncul Pada Tampilan Mobile

Setelah pada postingan yang lalu kita membahas tentang masalah kolom komentar yang tidak muncul pada tampilan mobile, pada kesempatan kali ini FajrInfo akan membagikan tips dan trik kepada sobat blogger lagi tentang masalah blog pada tampilan mobile, yaitu tentang mengatasi widget blog tidak muncul pada tampilan mobile.

Widget Blog Tidak Muncul Pada Tampilan Mobile

Widget blog adalah merupakan komponen penting dalam urusan blogging. Karena dengan widget, tampilan blog bisa terlihat lebih bagus dan akan memudahkan pengunjung untuk melakukan banyak hal ketika mengunjungi blog kita. Widget pada blog sangat banyak kegunaannya, bisa untuk memasang pos terpopuler, arsip blog dan label, juga bisa melakukan pemasangan banner iklan pada blog.

Namun bagaimana bisa ketika blog kita diakses pada mode tampilan mobile, widget yang terpasang pada blog jadi tidak tampak? Tentu hal tersebut akan sangat berpengaruh pada blog kita, apalagi jika widget tersebut berupa banner iklan yang akan memberikan kita profit penghasilan. Maka dari itu FajrInfo akan membagikan tips dan trik untuk mengatasi widget blog tidak muncul pada tampilan mobile ini.

Masalah ini merupakan pengalaman pribadi FajrInfo, yaitu terjadi sejak awal tahun kemarin. Dimana pada tahun sebelumnya tidak terjadi masalah apapun seperti ini. Masalahnya adalah, disaat mengakses blog menggunakan perangkat mobile, widget yang terpasang pada blog tidak muncul. Dan bagi FajrInfo permasalahan ini cukup serius, mengingat tampilan pos terpopuler, komentar terkini, kategori dan lainnya tidak nampak sama sekali. Hanya widget profil penulis saja yang pada saat itu dapat ditampilkan. Jika hanya satu widget saja sih mungkin tidak jadi soal, namun masalah disini adalah semua widget tiga-tiganya tidak ada penampakannya.

Mengingat widget tersebut sangat penting pada blog, agar dapat memenuhi kelengkapan dalam tampilan blog dan memudahkan para pengunjung untuk mengakses blog kita. Maka widget blog pada versi mobile juga harus ditampilkan.

Apalagi Google memandang suatu blog itu ideal ketika laman blog tersebut dapat dimuat pada semua perangkat dengan sangat mudah dan cepat, istilahnya mah reponsive gitu. Jadi, kalau pada tampilan desktop muncul dan pada tampilan mobile tidak muncul berarti belum bisa dikatakan responsive yang sesungguhnya mungkin.

Mungkin kendala ini ada hubungannya dengan kasus yang terjadi pada postingan kemarin, yaitu cara mengatasi kolom komentar blog yang tidak muncul pada tampilan mobile. Yaitu kurang lebih hal tersebut disebabkan oleh kebijakan baru dari google yang meningkatkan sistem kompresi pada halaman website dengan meminimalisir script atau kode tertentu agar dapat diakses dengan mudah dan cepat oleh perangkat mobile.

Setelah mencari-cari cara ke berbagai sumber yang relevan dan hasil dari beberapa pengalaman teman blogger yang pernah mengalami hal serupa pada forum blogger, akhirnya masalah widget blog yang tidak muncul pada tampilan mobile tersebut dapat dengan mudah diatasi.

Ternyata cara mengatasi widget blog tidak muncul pada tampilan mobile terbilang sangat mudah dan cepat. Cukup hanya dengan memasukkan kode mobile='yes' di sebelah kanan script widget mobile='yes', dan setelah itu masalah ini akan dapat teratasi. Untuk itu apabila sobat blogger FajrInfo yang mengalami kendala serupa bisa mencobanya sendiri, silahkan salin kode di bawah ini:

mobile='yes'

Lalu pasang atau tempel kode tersebut tepat di sebelah kanan kode widget locked='false' pada masing-masing widget yang ingin kamu tampilkan pada versi mobile. Namun jangan lupa diberi satu spasi terlebih dahulu. Contohnya yaitu seperti kode di bawah ini:

<b:widget id='HTML3' locked='false' mobile='yes'

Widget Blog Tidak Muncul Pada Tampilan Mobile

Setelah di terapkan, lalu save template untuk menyimpannya. Kemudian kamu bisa coba untuk melihat blog versi mobile menggunakan handphone, smartphone atau tablet yang kamu miliki. Hasilnya dapat dipastikan widget yang sebelumnya tidak muncul pada tampilan mobile, setelah dipasang kode mobile='yes' pada masing-masing widget yang kita kehendaki, maka akan tampil seperti semula.

Cara mengatasi masalah widget yang tidak muncul pada tampilan blog di atas mungkin tidak daat diterapkan pada semua template yang digunakan oleh semua blog. Karena masing-masing template memiliki kode yang berbeda, begitu pun dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi. Namun dari ulasan di atas, telah banyak diterapkan pada template para blogger. Maka dari itu, jika kamu mengalami kendala yang sama pada tampilan blog yang kamu miliki, tidak ada salahnya untuk mencoba cara yang ada di atas. Dan jangan lupa untuk membackup template terlebih dahulu sebelum melakukan langkah-langkah di atas.

Demikian FajrInfo membagikan tips dan trik untuk mengatasi widget blog yang tidak muncul pada tampilan mobile. Jika ada masukan dan barangkali sobat blogger ingin membagikan pengalamannya mengenai permasalahan yang sama, atau ada yang belum dimengerti dapat mengisi kolom komentar yang telah disediakan. Dengan permasalahan widget di atas, pernahkah kamu mengalami hal yang sama dengan yang terjadi pada blog FajrInfo ini?
Advertisement
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner