Bagaimana Air Hujan Dapat Menghancurkan Jalanan Aspal?

Hai sobat, bagaimana cuaca di daerahmu sekarang? Kalau disini, FajrInfo menulis artikel ini dalam keadaan hujan mulai dari malam sampai pagi ini. Tau sendiri kan kalau hujan di pagi hari, kita akan merasa malas untuk beraktivitas karena ketika keluar rumah, pasti jalanan pada becek. Lalu ketika hendak berangkat ke tempat kerja, sudah terbayang jalan yang dilalui akan banyak genangan air. Karena jalanan aspal yang ada di daerah sini mengalami banyak kerusakan yang disebabkan oleh tingginya curah hujan. Lalu tahukah kamu, bagaimana air hujan dapat menghancurkan jalanan aspal?

Bagaimana air hujan mampu membuat jalan aspal yang begitu keras menjadi hancur dan rusak berlubang? Jawabannya adalah hal tersebut dikarenakan oleh sifat air yang memiliki kemampuan untuk melarutkan benda yang ditemuinya.
Bagaimana Air Hujan Dapat Menghancurkan Jalanan Aspal?
jalanan aspal yang rusak akibat hujan
Pasalnya, hampir semua jenis benda mengandung materi yang bisa larut dalam air. Sampai-sampai ada suatu ungkapan populer yang mengatakan bahwa air dapat melarutkan segalanya dengan hanya membiarkannya dalam beberapa waktu. Artinya, dalam waktu tertentu air mampu melarutkan dan mengurai benda yang ditemui dengan sendirinya. Dengan sifat air tersebut, maka hukum tersebut berlaku pula pada aspal.

Baca juga: Tahukah Kamu, Bagaimana Cara Ikan Tidur?

Pada hakekatnya, aspal merupakan komponen dasar penyusun jalan yang fungsinya sebagai perekat. Aspal tersebut dikombinasikan dengan batu kerikil, pasir dan bahan lainnya. Dalam komposisi tersebut, aspal berlaku sebagai semen perekatnya, sehingga tersusun menjadi konstruksi jalan yang sangat keras dan kokoh.

Aspal juga biasa disebut bitumen, yaitu merupakan barang hasil tambang dan tergolong ke dalam jenis minyak bumi (petroleum) yang memiliki sifat kental dan lengket. Salah satu negara penghasil tambang aspal terbesar di dunia adalah Indonesia, tepatnya yaitu berada di Pulau Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kita sebagai warga negara Indonesia patut bangga, karena tidak perlu mengimpor aspal dari luar negeri, apalagi kalau bisa mengolahnya sendiri.

Demikian sedikit penjelasan mengenai asal muasal aspal, mari kita kembali ke topik pembahasan, yaitu tentang air hujan yang dapat menghancurkan jalanan aspal.

Ketika air menggenangi jalan aspal dalam waktu lama dan sering terjadi, maka lambat laun aspal pada jalan tersebut akan larut dan rusak. Karena air akan memecahkan partikel aspal hingga terurai menjadi kecil dan dan daya rekatannya berkurang. Hal tersebut dapat dilihat apabila kamu melihat banyak batu kerikil berserakan dijalan aspal yang kamu lalui, maka yang kamu lihat tersebut merupakan proses pelarutan struktur jalan yang disebabkan oleh air hujan. Apalagi jika ditunjang dengan kontur jalan yang labil, maka proses pelarutan akan lebih cepat.

Namun demikian, genangan air yang diakibatkan oleh hujan bukan merupakan faktor utama dari kerusakan tersebut. Akan tetapi jalan yang sering dilalui kendaraan-kendaraan besar dan berat merupakan faktor lain yang menyebabkan jalanan cepat rusak dan berlubang. Apalagi jika dalam pengaspalan tidak sesuai dengan standar komposisi material yang telah ditetapkan, maka hal tersebut yang akan memperparah keadaan jalanan aspal di sekitar kita. Mengingat para pejabat pemangku kebijakan di negeri kita seperti itu adanya ketika mengolah dana untuk pembangunan. Karena sering terdengar desas-desus pejabat yang suka memakan aspal alias menggunakan dana pengaspalan jalan untuk kepentingan pribadi.

Baca juga: Mengapa Earphone / Headset Memiliki Kabel Yang Panjang Sebelah?

Perlu kamu diketahui, bahwa jalanan aspal idealnya didesain dengan bentuk rekonstruksi yang menyerupai punggung sapi. Maksudnya, bagian tengah jalan aspal harus lebih tinggi dari bagian tepi jalan tersebut, sehingga akan dapat mengakomodir air untuk langsung mengalir ke parit-parit yang ada di samping jalan dan tidak menggenang di permukaan jalanan aspal. Hal tersebut juga mesti ditopang dengan keadaan parit yang baik dan lancar sebagai saluran pembuangan air hujan.

Nah kurang lebih begitulah yang terjadi dalam proses air hujan menghancurkan jalanan aspal yang mengakibatkan jalanan yang kita lalui menjadi berlubang. Semoga dengan pembahasan mengenai bagaimana air hujan dapat menghancurkan jalanan aspal ini dapat bermanfaat. Apabila ada yang mau menambahi silahkan menyampaikannya dalam kolom komentar di bawah. Terimakasih.

G+

2 comments:

Komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak spamming.