Bagaimana Sih Ciri-Ciri Seorang Guru Yang Ideal?

Assalaamu’alaikum. Halo sahabat FajrInfo, selamat menjalankan rutinitasnya masing-masing. Kali ini FajrInfo akan membagikan artikel yang berjudul bagaimana sih ciri-ciri seorang guru yang ideal?

Setiap orang yang memiliki profesi sebagai guru, sudah seharusnya berusaha untuk menjadi seorang pendidik yang baik dan menyenangkan. Dalam rutinitasnya mengajar di kelas, harus selalu mengevaluasi diri, sudahkah berperilaku layaknya seorang guru yang ideal? Misalnya memiliki pribadi yang menyenangkan, dapat menjadi panutan peserta didik dan mampu melakukan berbagai macam pendekatan bersama mereka. Lantas, bagaimanakah sebenarnya ciri-ciri guru yang ideal itu?

Seorang guru yang baik dan menyenangkan, bukan hanya pandai menyampaikan materi pelajaran di sekolah saja. Melainkan ia juga harus mampu mengajarkan sikap saling tolong menolong dan menghargai orang lain juga hal positif lainnya. Guru yang baik juga selalu memberikan kesempatan kepada peserta didiknya untuk mengembangkan kreativitasnya.
Bagaimana Sih Ciri-Ciri Seorang Guru Yang Ideal?
guru bersama peserta didik
Baca juga: Ketahuilah, 10 Manfaat Menahan Pandangan Mata!

Guru ideal adalah sosok guru yang dapat dijadikan panutan dan selalu memberikan keteladanan. Bukan hanya memberikan teori, akan tetapi disertai dengan uswah yang sesuai dengan apa yang disampaikannya kepada peserta didik.

Guru ideal adalah guru yang mengusai ilmunya dengan baik. Dapat menyampaikannya dengan baik. Tentu para peserta didik pun akan menyukainya karena cara penyampaian pembelajarannya yang asyik dan mudah dipahami.

Namun ia pun harus dapat menerima masukan dari siapapun, baik itu peserta didiknya maupun teman sejawatnya sesama pendidik. Sebab dari masukan tersebut ia dapat berintrospeksi agar menjadi lebih baik. Oleh sebab itu, guru ideal akan selalu belajar dari para peserta didiknya. Dari umpan balik mereka ia dapat mengetahui berbagai kekurangan yang harus diperbaikinya.

Mungkinkah figur guru ideal macam itu ada? Lalu bagaimanakah sosok guru ideal yang dibutuhkan pada masa ini? Benarkah guru ideal hanyalah seorang guru yang sudah dinyatakan lulus dalam sertifikasi guru saja atau bagaimana?

Berikut ini FajrInfo akan mengulas tentang ciri-ciri seorang guru yang ideal:

Selalu berusaha untuk tampil prima di depan kelas
Sebagai guru sudah sepantasnya selalu tampil prima saat mengajar. Misalnya seorang guru menyampaikan pelajaran Matematika, maka seharusnya ia sudah menguasai pelajaran tersebut dengan baik. Sesampainya di sekolah, seorang guru idealnya harus sudah memiliki perencanaan apa yang harus dikondisikan agar suasana kelas jadi menyenangkan dan peserta didik merasa nyaman dalam proses belajar. Selain itu, guru ideal tidak lupa pula untuk mengajak mereka melakukan interaksi sosial dengan kelas lainnya agar bisa saling berbagi pengetahuan.

Baca juga: Tidurlah Dengan Cara Tidur Yang Baik Secara Islami

Bijaksana dalam setiap mengambil keputusan
Setiap peserta didik memiliki kemampuan menangkap pelajaran yang berbeda-beda. Hal tersebut sebenarnya bukan hanya disebabkan oleh cepat atau lambatnya dalam memahami suatu pelajaran. Namun bergantung pada bagaimana metode yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan pemahaman kepada peserta didikyang yang berbeda-beda tersebut. Maka disinilah tantangan yang harus dihadapi oleh seorang guru.

Setiap peserta didik dibekali kemampuan yang beragam. Mereka memiliki keunikan tersendiri satu sama lain. Oleh sebab itu, jangan sampai seorang guru menganggap seorang peserta didik bodoh. Namun seharusnya guru tersebut menginstrospeksi dirinya agar dalam penyampaian pembelajaran dapat ditangkap dan mudah dicerna oleh peserta didik tersebut.

Seorang guru yang ideal selalu berusaha menemukan metode sederhana sebagai penguat agar mereka dapat memahami pelajaran dengan mudah. Mungkin bisa dengan melakukan praktek langsung, membuat permainan untuk menstimulasi peserta didik mencerna suatu pelajaran, memberi pengajaran kepada peserta didik untuk membuat mind mapping (peta pemikiran), dan banyak metode sederhana lainnya agar peserta didik mudah dalam memahami pelajaran.

Di depan kelas selalu tampil ceria dan menyenangkan
Guru yang ideal selalu tampil ceria dan enerjik di hadapan peserta didiknya. Meskipun sebenarnya ia memiliki berbagai masalah pribadi di rumahnya, namun ia akan menutupinya agar tidak mempengaruhi suasana belajar di kelas. Maka dari itu, disinilah jawaban mengapa guru ideal disenangi oleh peserta didiknya. Mereka selalu merasa nyaman karena guru tersebut fokus pada kegiatannya di sekolah tanpa membawa-bawa masalah yang sedang dihadapinya.

Santun dan bijak ketika menjawab pertanyaan yang diajukan peserta didik
Ketika menghadapi kelas yang peserta didiknya aktif dan antusias, guru ideal akan merasa bersyukur. Ia senang dalam menghadapi mereka dan berusaha untuk memberikan jawaban yang baik dan jelas agar mudah dipahami. Karena hal tersebut akan menambah wawasan dan pengalamannya guna menghadapi hal serupa di masa yang akan datang.

Baca juga: Beberapa Penyebab Yang Membuat Orang Menjadi Mudah Marah

Memberikan sikap yang positif
Guru ideal memahami perilaku peserta didik yang berbeda-beda. Mungkin ada peserta didik yang nakal atau bandel, biasanya mereka akan membuat guru marah atau kesal. Namun guru ideal mampu mengendalikan emosinya dan selalu memberikan peserta didik motivasi yang positif agar mereka bisa berperilaku baik.

Demikianlah yang bisa FajrInfo kemukakan dalam artikel yang berjudul bagaimana sih ciri-ciri seorang guru yang ideal ini. Menurut sahabat FajrInfo, ciri-ciri guru yang ideal apalagi yang belum tercantum pada artikel di atas?

G+

No comments:

Post a Comment

Komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak spamming.