Kiat Sukses Menunaikan Ibadah Puasa Dengan Semangat

Hai sahabat FajrInfo, bagaimana puasanya hari ini? Semoga tetap lancar dan barokah ya sahabat. Pada kesempatan kali ini FajrInfo akan membagikan kiat-kiat sukses dalam menunaikan ibadah puasa agar tetap semangat melaksanakannya nih sahabat. Bagaimanakah kiat-kiat sukses tersebut?

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu bagi kaum muslimin. Hal tersebut tidak bisa dipungkiri lagi karena dalam bulan Ramadhan banyak sekali nilai-nilai kebaikan yang dapat kita peroleh, baik secara horizontal maupun vertikal.

Sebagaimana kita ketahui bahwa siapa orangnya yang melaksanakan puasa pada bulan Ramadhan, amalannya akan dicatat langsung oleh Allah. Dan setiap amal ibadah yang dilakukan dalam bulan tersebut pahalanya akan berlipat ganda. Subhaanallaah... Jika kita renungkan, sungguh nikmat Allah yang mana yang bisa kita dustakan sedangkan Allah tidak pernah kurang secuilpun dalam menganugerahakan kenikmatan-Nya kepada kita.
Kiat Sukses Menunaikan Ibadah Puasa Dengan Semangat
ramadhan mubarak
Baca juga: Untuk Wanita Muslim; Berhijab Adalah Kewajiban, Bukan Pilihan

Namun bagaimana jadinya ketika sedang melaksanakan ibadah puasa tubuh kita bertolak belakang dengan segala hal positif yang datang di bulan suci ini sahabat? Karena tidak sedikit biasanya orang yang sedang berpuasa akan merasa lemas, letih, lesu dan kurang bergairah dalam menjalankan aktivitas. Kalau kejadian tersebut menimpa kita, bagaimana bisa kita sukses dalam meraih kebaikan Ramadhan jika melakukan kegiatan sehari-hari saja tubuh kita merasa lemas kurang semangat?

Nah, dalam hal ini FajrInfo akan sedikit membagikan tips untuk sahabt semua, yaitu kiat-kiat sukses dalam menunaikan ibadah puasa dengan semangat. Mau tahu apa saja kiat-kiatnya?

Pertama, Mengkonsumsi banyak buah-buahan

Buah-buahan merupakan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja, tidak terkecuali bagi orang yang sedang menjalankan ibadah puasa. Sebagaimana Rasulullah pun selalu mengkonsumsi buah-buahan, yakni buah Kurma.

Yups, sempatkanlah dalam buka puasa dan sahur sahabat untuk selalu mengkonsumsi buah Kurma. Tiga buah saja cukup, seperti yang Rasulullah lakukan. Dengan segudang khasiatnya, buah Kurma dapat membantu menjaga kondisi tubuh kita di kala sedang menjalankan ibadah puasa karena  mengandung glukosa yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sebenarnya tidak hanya buah Kurma sahabat, namun buah-buahan lainnya juga dapat membantu kita menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dalam beraktivitas.

Kedua, Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan protein

Makanan tinggi serat menjadi penunjang tubuh kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan tersebut di saat buka puasa dan makan sahur. Makanan kaya serat dapat kita peroleh dari sayuran dan kacang-kacangan.

Dapat juga dengan mengkonsumsi agar-agar sebagai pelengkap cuci mulut setelah berbuka puasa. Karena dengan makanan yang mengandung banyak serat akan menjaga tubuh kita agar tetap kenyang dan tidak mudah lapar.

Makanan berprotein tinggi juga jangan sampai ketinggalan. Dengan hanya mengkonsumsi tahu atau tempe saja itu sudah cukup dalam memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Jadi tidak harus dengan makanan enak dan mahal saja kita bisa memperoleh asupan protein. Dari makanan yang murah dan terjangkau tersebut juga sudah cukup.

Ketiga, Berbuka dengan makanan yang manis terlebih dahulu

Sebagaimana yang disunnahkan oleh Rasulullah, bahwa berbuka puasalah dengan makanan yang manis-manis terlebih dahulu agar tubuh menjadi bugar kembali. Sebab, tubuh orang yang sedang berpuasa biasanya mengalami kekurangan gula darah.

Hal tersebut yang mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan letih. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi makanan yang manis terlebih dahulu saat berbuka akan memberikan dampak positif pada tubuh yang lemas tersebut. Biasanya Rasulullah berbuka dengan memakan tiga buah Kurma terlebih dahulu kemudian minum air putih.
Keempat, Asupan air minum tidak kurang dari delapan gelas

Sudah tidak diragukan lagi mengenai manfaat air minum bagi kesehatan tubuh. Dalam beraktivitas, tubuh kita memerlukan cairan yang cukup. Jika tidak demikian, maka sudah barang tentu tubuh akan merasa lemas dan letih untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Apalagi selama tubuh kita menjalankan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenam matahari, maka sudah pasti harus mengkonsumsi air minum untuk keperluan cairan tubuh. Oleh sebab itu, jika kamu ingin tetap bugar dan semangat dalam berpuasa, cukupilah kebutuhan tubuh dengan meminum air putih minimal delapan gelas antara buka puasa dan sahur.

Kelima, Batasi makanan yang mengandung banyak garam

Dalam berpuasa, tubuh kita biasanya sering merasa kehausan. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa sebab. Bisa karena kita kurang mengkonsumsi air putih atau bisa juga karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar garam tinggi saat berbuka puasa dan makan sahur.

Usahakanlah untuk menghindari dan mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam. Karena makanan tersebut akan mengakibatkan tubuh kita merasa cepat lapar dan haus hingga dehidrasi. Jika sudah terlanjur mengkonsumsinya, perbanyaklah minum air putih dari biasanya supaya dapat mengimbangi kadar garam dalam tubuh kita.

Jika kita melakukan hal-hal tersebut di atas mengenai kiat sukses dalam menunaikan ibadah puasa dengan semangat, insyaa Allah puasa kita akan tetap semangat setiap hari sekalipun melakukan banyak aktivitas.

Marilah kita berusaha untuk menjadi orang yang sukses dalam menggapai segala keberkahan bulan Ramadhan dengan selalu semangat dalam menjalankan rutinitas dan semangat dalam melakukan ibadah kepada Allah.

G+

2 comments:

  1. bermanfaat banget bro, saya sering melakukan hal itu ketika puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah gan, semoga selalu bugar dan semangat dalam menjalani puasanya..

      Delete

Komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak spamming.