Wednesday, November 08, 2017

Cara Jitu Memutar Video Youtube Lancar Dan Tidak Macet

Cara Jitu Memutar Video Youtube Lancar Dan Tidak Macet

Ketika menonton tayangan video yang tersendat-sendat di Youtube pastinya akan membuat hati kita dongkol. Mungkin kalau macetnya hanya beberapa saat dan tidak sering sih tidak jadi masalah, namun apabila tayangan video Youtube tersebut terus menerus macet pada setiap tayangan sungguh itu sangat mengganggu.

Apalagi jika sinyal jaringan yang kita gunakan menunjukkan status bar yang penuh tapi video Youtube yang kita putar selalu loading dan buffering, keadaan tersebut tentu akan sangat menjengkelkan sekali.

Sistem kerja Youtube adalah disaat sebuah smartphone mengakses tayangan video tertentu, maka akan ada proses mengungg4h dan mend0wnl0ad data pada server Youtube. Disini proses mend0wnl0ad-lah yang sangat menentukan untuk video yang akan ditayangkan.


Disaat pertama kali kamu memutar suatu video Youtube, maka proses mengungg4h data untuk memberi perintah ke server agar dapat membuka suatu video yang telah kita pilih.

Setelah itu akan dilanjutkan dengan proses mend0wnload data pada server. Nah pada proses inilah yang sangat menentukan kelancaran tayangan video yang kita tonton secara online.

Proses di atas pastinya terjadi dalam kecepatan waktu yang sangat singkat. Sehingga cepat lambatnya koneksi internet juga dapat mempengaruhi tayangan video Youtube yang dihasilkan.

Nah, bagaimana jika yang kita alami ketika membuka video Youtube lalu tayangannya tersendat-sendat macet tidak lancar? Sedangkan status bar sinyal menandakan jaringan pada smartphone kita penuh.

Berikut ini Fajrinfo akan membagikan tips ringan agar kita dapat memutar video Youtube dengan lancar dan tidak macet.

1. Memeriksa Koneksi Jaringan Internet

Hal penting yang harus diperhatikan adalah memeriksa koneksi jaringan internet yang kita gunakan. Biasanya koneksi jaringan internet dapat diketahui melalui ikon status bar di bagian atas smartphone.

Pastikan jaringan internet di daerah kamu tidak sedang mengalami gangguan. Apabila status bar penuh tapi tidak dapat membuka Youtube, cobalah untuk mematikan koneksi data terlebih dahulu beberapa saat lalu menghidupkannya kembali.

2. Memilih Resolusi

Kebanyakan para pengguna Youtube sering mengabaikan fitur yang satu ini. Biasanya mereka menggunakan pengaturan resolusi tayangan secara bawaan, yaitu resolusi otomatis.


Padahal pengaturan resolusi tersebut belum tentu dapat digunakan dengan baik oleh setiap pengguna Youtube. Karena pasti ada saja pengguna yang memiliki kecepatan internet yang lambat serta sisa kuota yang sangat terbatas.

Oleh sebab itu apabila tayangan video tersendat-sendat, maka pilihlah resolusi kualitas video Youtube sesuai dengan keadaan jaringan dan kuota yang kamu miliki.

Cara mengaturnya adalah pilih salah satu video dan klik untuk ditayangkan. Lalu pause/hentikan dulu tayangan tersebut kemudian klik tanda titik tiga yang ada di sudut kanan atas. Setelah itu pilih resolusi yang kamu kehendaki.

Ingat, semakin rendah ukuran resolusi video Youtube, maka semakin rendah kualitas tayangan namun semakin cepat proses loading dan buffering.

3. Mematikan Aplikasi Aktif

Jika dengan kedua cara di atas tayangan video pada smartphone masih sering macet. Maka cobalah untuk menonaktifkan aplikasi yang sedang aktif atau berjalan di latar belakang.

Biasanya aplikasi yang aktif secara otomatis dan berjalan di latar belakang adalah aplikasi media sosial atau messanger. Matikan aplikasi-aplikasi tersebut dengan menghentikannya pada pengaturan.

4. Menghidupkan Ulang (Restart) Smartphone

Seandainya kamu tidak dapat mengetahui secara persis aplikasi apa saja yang berjalan otomatis di latar belakang, maka lakukanlah restart pada smartphone tersebut.


Setelah itu, usahakan kamu tidak membuka aplikasi apapun selain Youtube. Maka kamu akan dapat mengetahui pengaruhnya terhadap kelancaran tayangan Youtube.

Hal tersebut terjadi dimungkinkan karena sistem smartphone yang kamu gunakan sebelum direstart terlalu banyak menimbun file temporary sistem. Sehingga menyebabkan kinerja smartphone menjadi lambat untuk merespon dan melaksanakan suatu perintah.

Demikianlah pembahasan kita tentang cara jitu memutar video Youtube lancar dan tidak macet ini Fajrinfo sampaikan. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua.

Apabila sobat memiliki cara jitu lain untuk memutar video Youtube agar lancar dan tidak macet, jangan sungkan untuk menambahkannya pada komentar di bawah.
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
 

Delivered by FeedBurner