Sunday, November 05, 2017

Cara Memilih Kata Sandi Yang Baik Dan Aman

Cara Memilih Kata Sandi Yang Baik Dan Aman

Hai sobat Fajrinfo. Bagaimana kabar hari ini? Semoga masih tetap semangat dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Kali ini Fajrinfo akan membahas artikel yang berkenaan dengan cara pemilihan kata sandi yang tepat dan aman.

Pada artikel lalu yaitu tentang Mengapa Username Lebih MudahDiingat Daripada Password?, Fajrinfo pernah juga membahas mengenai cara penggunaan kata sandi (password) ini, tapi hanya sekilas. Mengingat keamanan kata sandi sangat penting, maka disinilah Fajrinfo ingin berbagi pengetahuan bagaimana cara memilih kata sandi yang baik dan aman.

Semakin banyak situs jejaring sosial menuntut kita untuk memiliki banyak kata sandi pada setiap akunnya. Akan tetapi, pada praktiknya tidaklah demikian. Para pengguna lebih cenderung memakai kata sandi (password) yang sama untuk beberapa akun yang dimilikinya.

Menurut studi teranyar yang telah dilakukan oleh Mastercard, sekiranya terdapat tiga dari lima orang yang memakai kata sandi yang berbeda pada setiap akun yang dimilikinya. Hal tersebut menandakan bahwa pengguna internet hingga sekarang ini masih belum benar-benar memahami tentang keamanan akun.


Padahal, pemakaian kata sandi yang serupa pada setiap akun yang berbeda akan menimbulkan masalah besar jika ada orang lain yang mengetahui salah satu kata sandi pada akun yang kita miliki. Sebab dengan menggunakan kata sandi tersebut mereka dapat dengan mudah untuk masuk ke dalam beberapa akun milik kita.

Dan tidak hanya itu, terdapat masalah lain dalam data yang diungkap menyatakan bahwa satu per lima dari pengguna memakai tanggal lahir (ulang tahun) mereka sendiri.

Selebihnya ada yang memakai kata sandi dengan nama binatang peliharaan, serta ada pula yang memakai kata sandi dengan nama anggota keluarga mereka sendiri.

Dalam keterangan pers yang dijelaskan oleh Mastercard pada hari Rabu (11/10) mengatakan bahwa kata sandi yang dibuat menggunakan nama sesuatu yang ada di sekitar kita atau ada dalam kehidupan kita sungguh akan sangat mudah diketahui oleh para peretas (hacker).

Lalu bagaimanakah cara memakai kata sandi agar pada setiap akun yang kita miliki aman dari jangkauan para peretas?

Berikut ini Fajrinfo akan membagikan beberapa tips dalam memilih kata sandi agar penggunaan akun tetap aman.

1. Dalam membuat kata sandi, gunakanlah kata sandi dengan kombinasi huruf, angka dan karakter lain seperti tanda tanya (?), tanda pagar (#) dan lainnya.

2. Kata sandi yang sulit terdiri dari rangkaian kata yang panjang, minimal delapan karakter. Tapi lebih idealnya lagi adalah setidaknya disusun dari enam belas karakter.

3. Dalam merangkai kata sandi hindari dari penggunaan nama, tempat, nomor ponsel apalagii tanggal lahir. Karena hal itu semua merupakan identitas yang sangat mudah ditebak oleh orang lain.

4. Jangan lupa untuk menggunakan kombinasi huruf besar (kapital) dan huruf kecil ketika membuat kata sandi.

5. Hindari penggunaan kosa kata yang ada dalam bahasa Inggris. Sebab kebanyakan para peretas beranggapan bahwa banyak pengguna akun yang memakai bahasa Inggris pada kata sandi mereka.


6. Pada setiap kamu masuk pada suatu situs penyedia layanan, jangan sampai kamu biarkan situs tersebut untuk mengingat kata sandi kamu. Hapus tanda ceklis yang menyetujui untuk mengingat kata sandi pada situs tersebut.

7. Pakailah kata sandi yang berbeda pada setiap akun layanan yang kamu gunakan. Agar lebih mudah, buatlah daftar catatan pada aplikasi atau tempat tertentu yang aman yang bisa dibuka kapan saja ketika kita masuk pada suatu layanan internet.

Setelah mengetahui tentang cara memilih kata sandi yang baik dan aman ini, Fajrinfo berharap agar sobat sekalian dapat mempertimbangkan dan mempraktikkan tips dalam memilih kata sandi di atas agar akun yang kita miliki tetap aman dari serangan peretas yang tidak bertanggungjawab. Termakasih, semoga bermanfaat.

Apabila sobat memiliki cara lain agar kata sandi pada akun yang kita miliki tetap aman, silahkan berbagi informasi pada komentar di bawah.
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
 

Delivered by FeedBurner