Selamat Datang di Fajrinfo
Blog yang membahas seputar teknologi dan informasi
Terimakasih kunjungan Anda
Sempatkan diri untuk berbalas komentar!

Apa Benar Bawang Merah Bisa Dijadikan Parfum?

Bawang merah dijadikan parfum? Hal tersebut bukanlah hisapan jari saja sobat Fajrinfo. Karena seorang peneliti asal Padang Sumatera Barat yang bernama Rasmi RSSt MS telah menemukan metode untuk mengolah bawang merah menjadi parfum guna mengantisipasi melimpahnya hasil panen produksi non migas.

“Parfum yang terbuat dari bawang merah bukan untuk digunakan pada tubuh, akan tetapi dimanfaatkan untuk ruangan pada restoran, gerobak sate, aneka kue atau lainnya,” kata Rasmi saat berada di Pekanbaru, Rabu.

Baca juga: Mengenal Lebih Banyak Layanan Internet Produk Google

Penemuan tersebut merujuk pada pengalaman tahun 2012 lalu ketika produksi bawang merah melimpah dan dibutuhkan pengembangan dalam mengolah bawang merah bernilai ekonomis. Sehingga di saat produksi menumpuk, meskipun harga merosot namun petani tidak terlalu merugi.

Rasmi menjelaskan, bahwa bawang merah adalah bawang dengan warna kulit ungu dan memiliki daging warna putih membentuk sebuah cincin. Bawang merah juga termasuk kategori tanaman yang terpenting dan bisa dimanfaatkan untuk bumbu masakan di seluruh dunia.

Bawang merah biasanya diolah menjadi acar dengan rasa khas dari cuka serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bawang merah dapat digunakan sebagai parfum dalam jumlah besar, akan tetapi membutuhkan dukungan kerjasama dalam berbagai cara agar proses produksi parfum dapat berjalan dengan lancar.

“Maksud kerjasama tersebut adalah pada setiap perencanaan kebijakan mesti melibatkan kementrian terkait, seluruhnya memiliki peran. Karena pasti semua kementrian memiliki keterkaitan,” katanya.

Selanjutnya segera menggandeng menteri perdagangan, menyasar peluang negara yang berminat, lalu melakukan survei pasar dan lobi secara berturut-turut.



Segera menemui menteri perhubungan untuk dukungan pendistribusian parfum terutama untuk ekspor. Sebab, kebanyakan perusahaan swasta tidak akan bermnat karena takur dirugikan. Selain itu, pekerjaan rumah bagi Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan adalah menciptakan teknologi mesin pengolah bawang.

Ini merupakan hal terpenting dalam langkah-langkah mengolah bawang, sebab Kementerian Riset dan Teknologi dapat menciptakan alat sebagai teknologi pengolahnya. Selain dijadikan parfum, bawang dapat juga diolah menjadi kecap bawang agar tahan lebih lama, saus bawang atau kertas dengan bahan dasar bawang untuk keperluan pembungkus makanan. Kemudian dapat juga dikombinasikan dengan piring, sendok, mangkok dan peralatan dapur lainnya dengan aroma bawang.

Dengan begitu produk bawang bukan saja melulu digunakan untuk bumbu masak di dapur. Masih banyak olahan lain dari produk turunan yang dapat diciptakan jika kita sudi untuk menelitinya.

Manfaat Bawang Merah Bagi Tubuh Kita

Sebagaimana penelitian telah mengungkapkan bahwa bawang merah bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kolesterol, sebab pada bawang merah terdapat quercetin yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein). Quercetin merupakan bagian dari flavonoid yang diketahui sebagai antioksidan yang kuat.

Baca juga: Pengaruh Blue Light Pada Perangkat Digital Bagi Kesehatan

Bawang merah juga dapat mengurangi peradangan, sebab quercetin yang ada pada bawang merah bisa menurunkan kadar kolesterol, namun terdapat pula anti-inflamasi yang kuat sehingga mampu menurunkan peradangan dan menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit yang ditimbulkan oleh peradangan.

Selain itu, bawang merah juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Karena kandungan antioksidan yang ada pada bawang merah secara efektif dapat menjaga dari kerusakan sel-sel tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas. Sehingga dapat menguatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh dan menjadikannya lebih efisien.

Fungsi lain dari bawang merah ini adalah sebagai detoksifikasi tubuh. Karena bawang merah memiliki kandungan sulfur yang dapat menurunkan tekanan darah, mencegah terjadinya kanker, dapat menghancurkan sel tumor dengan kandungan antioksidannya, meredakan penyakit asma dan dapat mengobati infeksi ringan.

Demikian pembahasan Fajrinfo mengenai bawang merah ini sobat. Dari yang tadinya membahas mengenai teknologi parfum bawang merah sampai ke topik kesehatan yang berkenaan dengan manfaat bawang merah bagi tubuh. Entahlah, kenapa ujungnya sampai kesitu. Pokoknya judul artikel ini adalah tentang bawang merah yang bisa dijadikan parfum. Hehe, semoga bermanfaat sobat.

Artikel Menarik Lainnya:

Tambahkan Komentar Sembunyikan Komentar

© 2015 - 2018 Fajrinfo - Created Theme by Goomsite - Proudly powered by Blogger