Apa Benar Domba Bisa Mengenali Wajah Manusia?

Apa Benar Domba Bisa Mengenali Wajah Manusia?

Mungkin sebagian orang menganggap semua hewan yang ada di dunia ini memiliki kemampuan yang sama. Padahal, sebenarnya masing-masing hewan tersebut memiliki kemampuan yang sangat beragam. Sebagaimana yang Fajrinfo bahas pada topik sains kali ini yaitu tentang apa benar domba bisa mengenali wajah manusia?

Dalam kandang yang dibekali dengan peralatan khusus, para ilmuwan yang berasal dari University of Cambridge memberikan pelatihan terhadap domba untuk mengenali wajah manusia. Wajah yang dimunculkan pada saat itu adalah wajah para selebritis, tak terkecuali wajah mantan orang nomor satu di Amerika Serikat Barack Obama juga menjadi salah satunya.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Smartphone Buatan China Harganya Murah

Pelatihan ini merupakan upaya yang dilakukan untuk memahami jenis-jenis penyakit neurodegeneratif pada domba tersebut.

Pada penelitian tersebut, para domba ditunjukkan beberapa tampilan gambar orang pada layar monitor yang terdapat dua itu. Di salah satu sisinya menunjukkan orang yang asing tidak terkenal dan sisi yang lain terdapat empat orang selebritis yang sudah populer.

Hewan-hewan tersebut akan memperoleh penghargaan yang berupa makanan khusus apabila mampu memilih gambar selebritis dengan cara menabrak sinar inframerah yang ada di dekat monitor yang sedang menampilkan gambar yang sesuai.

Dan apabila hewan-hewan tersebut memilih foto yang salah, maka akan terdengar suara dengung dan tentunya hewan-hewan itu tidak akan memperoleh penghargaan yang telah ditetapkan.

Namun ternyata domba tersebut mampu mengidentifikasi wajah selebritis sebanyak delapan orang dari sepuluh orang.

Beberapa selebritis yang gambarnya digunakan sebagai media pelatihan pengenalan wajah manusia pada domba itu tidak ketinggalan juga Jake Gyllenhaal dan Emma Watson, serta Fiona Bruce dan Barack Obama.

“Kami telah membuktikan bahwa domba mempunyai kemampuan mengenali wajah manusia mirip dengan kemampuan yang dimiliki oleh manusia dan kera.” Kata Profesor Jenny Morton, selaku orang yang bertanggungjawab pada studi tersebut, dalam suatu ungkapan yang dikutip dari Reuters.

Selain diberi tampilan gambar para selebritis dengan pose gambar dari depan, para ilmuwan itu juga melakukan pengujian terhadap kemampuan domba untuk mengenali gambar wajah yang diambil dari sudut pandang lainnya.

Baca juga: Android, Teknologi Google Yang Menggemparkan Jagat

Tingkat keberhasilan domba-domba tersebut dalam mengenali wajah manusia menjadi turun hampir 15 persen ketika disuguhkan gambar dengan sudut pandang yang baru. Menurut para peneliti, ukuran tingkatan itu dibandingkan dengan tingkat kemampuan manusia yang melakukannya.

Kabarnya para ilmuwan itu ingin menjadikan domba sebagai media percobaan untuk mengetahui tentang penyakit gangguan terhadap otak contohnya penyakit Huntington, yang dapat berkembang dalam kurun waktu yang lama sehingga mempengaruhi kemampuan kognitif yang dimiliki.

Demikian pembahasan mengenai kemampuan domba dalam mengenali wajah manusia ini Fajrinfo sampaikan. Semoga bermanfaat.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis :

0 Response to "Apa Benar Domba Bisa Mengenali Wajah Manusia?"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel