Selamat Datang di Fajrinfo
Blog yang membahas seputar teknologi dan informasi
Terimakasih kunjungan Anda
Sempatkan diri untuk berbalas komentar!

Pengaruh Tangisan Bayi Terhadap Aktivitas Otak Ibu

Tahukah kamu sobat, bahwa setiap kali bayi menangis terdapat pengaruh pada sang ibu? khususnya pengaruh terhadap aktivitas otak ibu. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini Fajrinfo akan membahas mengenai hal tersebut.

Suara bayi yang menangis akan menghidupkan area tertentu pada otak ibu. Menurut hasil riset dari beberapa negara yang dipublikasikan Senin lalu, pengaruh tangisan bayi terhadap ibunya adalah berkenaan dengan gerakan tubuh dan kemampuan berkomunikasi. Hal ini menguatkan teori tentang naluri keibuan.

Terlepas dari berbedanya budaya dan kebiasaan, penelitian yang dilakukan oleh sebuah Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat membuktikan bahwa ketika mendengar tangisan bayi para ibu cenderung cepat bereaksi dengan mencurahkan kasih sayang dalam pelukan, menimang, mengalihkan perhatian bayi atau langsung mengangkat dan menggendongnya.

Baca juga: Cara Melakukan Registrasi Ulang Untuk Semua Operator Seluler

Para peneliti ini melakukan beberapa studi penelitian terhadap reaksi ibu memakai alat pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI) otak.

Yang mereka amati adalah para ibu muda sebanyak 684 orang dan bayi berusia sekitar lima bulan yang berada di negara Amerika Serikat, Italia, Kenya, Belgia, Korea Selatan, Jepang, Argentina, Prancis dan Kamerun. Mereka mempelajari masing-masing ibu saat berinteraksi dengan bayinya di rumah kurang lebih selama satu jam.



Saat melakukan penelitian dengan menggunakan fMRI pada wanita yang lain, para peneliti menyimpulkan bahwa suara tangisan bayi dapat berpengaruh pada aktivitas yang sama pada otak para ibu baru dan juga wanita yang sebelumnya sudah mempunyai anak.

Selain memberikan stimulus bagi area otak tertentu yang berkenaan dengan gerakan dan komunikasi, hasil pencitraan membuktikan bahwa tangisan bayi dapat menghidupkan bagian otak yang memiliki peran dalam manajemen produksi dan pengolahan suara.

Menurut kesimpulan yang dinyatakan oleh para penulis hasil studi, yang dipublikasikan pada jurnal American Proceedings of the National Academy of Sciences. “Secara menyeluruh, hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa respon ibu pada tangisan bayi sudah terprogram dan bisa disamakan dengan para ibu di berbagai belahan dunia dengan berbagai macam budaya pula."

Baca juga: Registrasi Kartu Prabayar Tanpa Nama Ibu Kandung

Penelitian itu adalah termasuk tindakan lanjutan dari penelitian lain yang menyatakan bahwa pria dan wanita memiliki respon otak yang berbeda pada tangisan bayi mwnurut kabar dari kantor berita AFP.

Demikianlah pembahasan yang dapat Fajrinfo berikan kepada sobat semua mengenai pengaruh tangisan bayi terhadap aktivitas otak ibu ini. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya:

Tambahkan Komentar Sembunyikan Komentar

© 2015 - 2018 Fajrinfo - Created Theme by Goomsite - Proudly powered by Blogger