Benarkah Kanker Bisa Juga Disebabkan Oleh Radiasi Ponsel?

Benarkah Kanker Bisa Juga Disebabkan Oleh Radiasi Ponsel?

Hai sobat Fajrinfo, sebelum masuk pada pembahasan, bagaimana menurut kamu tentang ungkapan yang mengatakan bahwa radiasi pada ponsel akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti misalnya kanker?

Mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa ponsel yang kita gunakan memancarkan radiasi yang sangat berbahaya. Karena banyak dikatakan jika terkena radiasi tersebut akan menyebabkan kanker hingga kemandulan.

Kekhawatiran ini sangat beralasan dan tidak bisa dibendung lagi, mengingat masyarakat umum sudah kadung terdoktrin oleh pernyataan tersebut. Apalagi tidak jarang ponsel yang kita miliki selalu disimpan pada tempat yang berdekatan dengan anggota tubuh yang sensitif.

Baca juga: Bagaimanakah Cara Memilih Smartphone Yang Ideal?

Padahal, bentuk kekhawatiran itu semua merupakan hal yang timbul karena kita belum memahami cara kerja dari radiasi itu sendiri secara utuh. Penjelasan mudah mengenai tidak berbahayanya radiasi ponsel ini sangat sederhana.

Pancaran radiasi yang dihasilkan oleh sebuah ponsel pastinya tidak seperti radiasi pabrik nuklir yang selalu memancarkan radiasi secara masif.

Radiasi yang dihasilkan oleh sebuah pabrik nuklir biasa dikenal sebagai proses ionisasi yang pancarannya dapat merusak DNA dalam tubuh manusia. Hal inilah yang dapat dipastikan akan menimbulkan kanker.

Sedangkan radiasi dari sebuah ponsel, energi yang dipancarkannya jauh lebih rendah dari pancaran radiasi pabrik nuklir, bahkan lebih rendah lagi dari cahaya yang tampak. Dan perlu kamu ketahui bahwa radiasi ponsel tidak mengandung ion.

Bila berlandaskan pada hal ini, pasti ponsel pintar bukanlah termasuk sumber penyakit kanker.

Akan tetapi, jika redaksi kalimat tanyanya diubah misal menjadi apakah benar terdapat dampak buruk dari radiasi ponsel dalam jangka panjang?

Banyak para ilmuwan yang belum bisa mengkonfirmasi tentang hal itu.

Dilansir dari The Verge, ada seorang ilmuwan sekaligus seorang dekan di Colorado School of Public Health, ia pernah menjadi pemimpin pada salah satu proyek WHO dalam penelitian mengenai dampak buruk pada radiasi ponsel.

Ia adalah Jonathan Samet. Ia menyatakan bahwa radiasi ponsel “bisa jadi memiliki sifat karsinogenik,” hingga akhirnya pernyataan tersebut menjadi kesimpulan dari proyek WHO tersebut.

Karena ia sendiri masih beranggapan bahwa masih ada indikasi lain yang beresiko pada kesehatan manusia yang disebabkan oleh pancaran radiasi ponsel.

Jadi untuk sementara ini walaupun masih belum ada kepastian dari para ahli, pancaran radiasi dari ponsel masih dianggap aman.

Baca juga: Tips Agar Terhindar Dari Bahaya Pancaran Sinar Blue Light

Selain radiasi ponsel, sebenarnya sinyal yang dipancarkan oleh BTS provider telekomunikasi, sinyal WiFi, serta frekuensi radio dari berbagai alat komunikasi lainnya yang memancarkan radiasi patut diwaspadai pula jika radiasi ponsel memang berbahaya.

Akan tetapi para ilmuwan tidak memposisikannya sebagai sesuatu yang lebih berbahaya dari merokok atau pun memakan daging Babi.

Demikianlah pembahasan yang dapat Fajrinfo bagikan tentang radiasi ponsel terhadap gangguan kesehatan yaitu kanker. Intinya, segala hal apapun yang kita kerjakan sebaiknya dilakukan sewajarnya saja, termasuk dalam penggunaan ponsel dalam kehidupan sehari-hari.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis :

0 Response to "Benarkah Kanker Bisa Juga Disebabkan Oleh Radiasi Ponsel?"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel