Mengapa Makin Lama Waktu Terasa Semakin Cepat? Ini Penjelasan Ilmiahnya - Fajrinfo

Kamis, Maret 28, 2019

Mengapa Makin Lama Waktu Terasa Semakin Cepat? Ini Penjelasan Ilmiahnya


Mengapa Makin Lama Waktu Terasa Semakin Cepat? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Apabila terbersit dalam benakmu bahwa semakin lama waktu terasa semakin cepat berlalu, maka kamu perlu membaca hasil penelitian ini. Di Duke University, ada seorang peneliti yang baru saja mengupload hasil penelitiannya di jurnal European Review.

Penelitian tersebut terbilang menarik, yaitu menjelaskan tentang fakta ilmiah mengapa waktu berlalu seperti semakin cepat.

Seorang peneliti yang memiliki nama Adrian Bejan ini menuturkan bahwa semakin manusia beranjak dewasa, maka manusia tersebut akan merasa waktu berlalu semakin cepat.

Hal ini bukan karena manusia dewasa memiliki kesibukan dengan tugas pekerjaan dan deadline, akan tetapi fakta ini lebih disebabkan oleh kondisi otak manusia itu sendiri.

Bejan menjelaskan bahwa manusia akan merasa waktu menjadi berubah ketika gambar yang dirasanya juga berubah.

Dengan kata lain, masa kini jauh berbeda dengan masa lalu sebab pandangan mental juga telah berubah, hal ini bukan disebabkan oleh jam yang bertambah cepat.

Dalam makalahnya, ia mengatakan bahwa tingkat perubahan citra pada mental manusia dirasa semakin menurun seiring bertambahnya usia.

Oleh sebab itu, anak-anak diketahui mampu menerima dan memproses lebih banyak citra mental di setiap detiknya dari pada orang yang sudah dewasa.

Mengapa Makin Lama Waktu Terasa Semakin Cepat? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Dengan kenyataan seperti itu, akhirnya membuat anak-anak akan merasa memiliki lebih banyak waktu dan bahkan akan merasakan waktu berjalan melambat.

Baca juga: Cara Cepat Dan Mudah Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online

Mata manusia terus bergerak, dan ketika ia memproses suatu gambar, ia mengalihkan fokusnya ke sesuatu yang lain.

Gerakan mata yang menangkap folus dengan cepat ini disebut ''saccades'' dan terpisah oleh periode diam yang pendek dengan sebutan ''fiksasi''.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa rata-rata mata orang dewasa akan menghasilkan 3 sampai 5 saccades setiap detik. Hal itu diselingi juga oleh fiksasi 200 sampai 300 milidetik.

Akan tetapi, waktu fiksasi yang berlangsung secara signifikan lebih pendek terjadi pada anak-anak. Oleh sebab itu, mereka dapat membuat lebih banyak saccades dan dapat mengambil lebih banyak gambar pula setiap detiknya.

Mengapa Makin Lama Waktu Terasa Semakin Cepat? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Dikutip dari IFLScience, semakin tua seorang manusia, maka jaringan syaraf yang ada di dalam otak akan semakin kompleks.

Itu menunjukkan bahwa sinyal-sinyal harus dapat bergerak lebih jauh untuk mencapai bagian otak yang terpisah, sehingga akan mengubah waktu fiksasi yang lebih lama.

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Password WiFi Menggunakan Ponsel Android

Analogi sederhananya adalah seperti fotografi time-lapse. Semakin banyak jepretan foto yang ditangkap setiap detik, maka semakin lambat pula pergerakan waktu yang muncul.

Namun sebaliknya, ketika interval antara foto lebih ditingkatkan, maka akan memberikan ilusi bahwa peristiwa yang terjadi lebih cepat.

Itulah penjelasan tentang penelitian ilmiah terkait dengan penyebab waktu terasa semakin cepat berlalu yang dapat Fajrinfo sampaikan kepada sobat sekalian. Apakah kamu juga sering mengalami perasaan waktu cepat berlalu?
Komentar

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.
EmoticonEmoticon

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H
Beberapa kata dapat terucap, beberapa perasaan dapat dibiarkan terpendam. Tapi sebuah kesalahan tidak akan pernah terlupakan. Di hari yang suci ini, mohon maafkan segala kekhilafan. Selamat merayakan hari lebaran.

Some words can be uttered, some feelings can be left buried. But an error will never be forgotten. The day of this holy, please forgive any mistake. Congratulations to celebrate Eid.
Oke