Inilah 7 Penyebab Dan Solusinya Pada Alarm Mobil Yang Berbunyi Terus

Jika alarm mobil berbunyi secara terus menerus, tentunya akan sangat mengganggu bagi kita sendiri apalagi orang-orang yang ada di sekitar mobil tersebut. Untuk mengatasi masalah alarm mobil ini dengan tepat, maka perlu diketahui tentang berbagai penyebab dari hal tersebut.

Sebagaimana kita ketahui, sekarang ini fungsi alarm mobil sebagai pelengkap keamanan sangatlah penting guna menghindari dari tindakan pencurian. Maka tidak heran, meskipun sebagian produk mobil telah dilengkapi dengan sistem keamanan bawaan, namun tidak sedikit pengguna yang menambahnya dengan alarm mobil yang dapat menambah fungsi pengaman ganda menjadi lebih baik.

Alarm Mobil Bunyi Terus? Ini Sebab Dan Cara Mengatasinya

Saat ini, alarm mobil banyak sekali jenis dan fiturnya, dimana fungsinya pun semakin beragam, sehingga dapat meningkatkan mobilitas keamanan kendaraan kesayangan Anda dari tindakan pencurian.

Alarm mobil merupakan sebuah fitur keamanan yang penting dan wajib hadir pada kendaraan bermotor roda empat tersebut, dimana sistemnya terhubung dengan bagian panel-panel yang ada pada mobil. Secara sederhana, cara kerja alarm mobil juga tidaklah terlalu rumit.

Penyebab Dan Solusinya Pada Alarm Mobil Yang Berbunyi Terus

Dilihat dari penyebab yang biasanya terjadi pada alarm mobil yang bermasalah, maka terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi alarm mobil yang bunyi terus. Berikut adalah penjelasan lengkap untuk mengatasi masalah alarm mobil.

1. Pintu Mobil Terbuka

Salah satu penyebab yang sering terjadi pada alarm mobil bunyi terus adalah karena pintu mobil yang terbuka. Hal ini terkadang disebabkan oleh pengemudi maupun penumpang yang tidak menutup kembali pintu mobil dengan rapat.

Jika pintu tidak tertutup rapat, maka sensor alarm akan mengirimkan sinyal pada sensor keamanan dan akhirnya menyebabkan alarm mobil error, sehingga menjadikannya berbunyi terus menerus. Cara untuk mengatasinya adalah dengan memastikan semua pintu mobil sudah benar-benar tertutup dengan sempurna.

2. Sensor Pintu Tidak Berfungsi

Faktor penyebab alarm mobil bunyi terus selanjutnya adalah terdapat sensor yang terletak pada pintu mobil tidak berfungsi dengan baik.

Hal ini biasanya dapat menjadikan sesitivitas kendaraan menjadi sangat tinggi. Kemudian hal tersebut juga bisa mengakibatkan sakelar lampu yang ada pada pintu mobil tersebut tidak akan berfungsi. Akhirnya meski tidak ada faktor bahaya keamanan apapun juga alarm mobil akan terus berbunyi.

Baca juga:

3. Sensor Kap Mesin Rusak

Selain sensor keamanan pada pintu mobil, sensor lain yang bisa mengakibatkan alarm mobil bunyi terus menerus adalah sensor yang terdapat pada kap mesin.

Jika sensor tersebut rusak, maka akan menyebabkan alarm mobil berbunyi sendiri. Setidaknya alarm tersebut akan mengeluarkan bunyi sebanyak tiga kali sebagai pertanda.

Alarm mobil bunyi sendiri sebab masalah ini bisa diperbaiki dengan cara membuka kap depan yang ada pada area mesin, kemudian tutup kembali kap mesin tersebut dengan sempurna.

Setelah itu silahkan Anda tekan tombol gembok yang terdapat pada remote mobil milik Anda. Jika alarm mobil masih tetap berbunyi, silahkan Anda periksa sensor kap pintu mesin yang terdapat di bagian bawah kap mesin tersebut.

Sensor kap mobil dapat diatur naik dan turun. Jika alarm mobil masih saja berbunyi terus menerus, maka kemungkinan Anda harus mengganti sensor pintunya dengan komponen yang baru.

4. Baterai Central Lock Habis

Kondisi alarm mobil yang error dapat disebabkan oleh baterai central lock yang memang sudah habis masa pakainya, sehingga mengakibatkan alarm mobil tersbeut terus menerus berbunyi. Saat baterai pada central lock habis, maka secara otomatis akan membuat Anda harus membuka pintu mobil secara manual.

Oleh sebab itu, penting kiranya melakukan pengecekan kondisi baterai central lock secara berkala pada remote alarm mobil untuk menghindari masalah seperti ini terjadi.

5. Mengubah Ke Mode Silent

Beruntung sekali jika remote alarm mobil Anda memiliki mode silent, sehingga masalah seperti ini tidak akan mengganggu orang-orang di sekitar dalam jangka waktu yang lama.

Untuk mengatasi alarm mobil bunyi terus atau terlalu sensitif, sebaiknya segera tekan tombol kontrol pada remote central lock mobil Anda untuk mengalihkannya ke mode silent, sehingga mobil Anda hanya akan menyala berkedip pada bagian lampu peringatannya saja namunn tanpa mengeluarkan bunyi keamanan lagi.

6. Komponen Alarm Rusak

Setelah dilakukan beberapa hal di atas tetapi alarm mobil masih tetap error saja, kemungkinan besar komponen yang ada pada sistem alarm mobil Anda mengalami kerusakan.

Biasanya ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini, misalnya karena kualitas alarm yang digunakan kurang bagus. Disinilah betapa pentingnya Anda mengetahui tentang cara memilih alarm mobil yang bagus dan berkualitas tinggi.

Baca juga: Tips Jitu Agar Pemakaian Lampu LED Menjadi Lebih Awet Dan Hemat

Cara memperbaiki alarm mobil bunyi terus karena masalah ini, tentu saja dengan cara membawanya ke bengkel kepercayaan anda. Jika alarm yang digunakan memiliki kualitas biasa saja, sebaiknya Anda ganti dengan perangkat yang lebih baik.

7. Mengatasi Dengan Cara Manual

Sebelum membawanya ke bengkel, coba terlebih dahulu untuk mengatasi alarm keamanan mobil yang berbunyi terus tersebut dengan cara manual.

Anda dapat melakukannya dengan cara membuka pintu mobil secara manual menggunakan kunci kontak. Setelah berada di dekat kemudi, silahkan lakukan kontak On lalu matikan secara berulang hingga sebanyak 10 kali secara cepat dan konstan.

Demikian pembahasan yang bisa Fajrinfo bagikan tentang penyebab alarm mobil berbunyi terus dan cara mengatasi masalah alarm keamanan mobil tersebut. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi Anda, terimakasih.

Kirim Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spamming.

Untuk dapat dipublikasi, komentar harus ditinjau oleh administrator *

Lebih baru Lebih lama