Hal Apa Sajakah Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop? - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Jumat, 22 Maret 2019

Hal Apa Sajakah Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop?

Hal Apa Sajakah Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop?

Kini fungsi laptop telah bertaransformasi menjadi suatu fasilitas yang dapat menunjang berbagai aktivitas manusia sehari-hari. Mulai dari sekedar menonton film, mengetik, bermain game, hingga melakuan pengeditan foto dan video juga dapat dilakukan pada sebuah laptop.

Semua itu tergantung pada kebutuhan kamu sendiri sebagai penggunanya. Oleh sebab itu, perlu adanya penyesuaian antara kebutuhan dengan segmen laptop yang akan digunakan.

Apalagi sekarang ini laptop sangat beragam di pasaran, dan hadir dengan berbagai segmen. Kegunaannya mulai dari kebutuhan pekerjaan sehari-hari, konten multimedia, hingga untuk pemakaian game.

Perlu diketahui bahwa peredaran laptop di pasaran dapat dibedakan berdasar dukungan spesfikasi, fitur dan juga harga-harganya yang menarik.

Sehingga, jika hendak membeli sebuah laptop, kamu harus bisa menyesuaikan dengan segala kebutuhan dan budget yang kamu miliki. Kamu juga dapat menentukan spesifikasi dan harga laptop / notebook yang sesuai.

Berikut ini adalah 4 hal yang mestinya kamu perhatikan sebelum membeli perangkat laptop sebagaimana dilansir dari business insider.

1. Perhatikan Spesifikasi


Spesifikasi merupakan hal utama yang harus kamu perhatikan sebelum membeli perangkat laptop. Adapun spesifikasi laptop yang perlu kamu perhatikan adalah prosesor, kartu grafis, kapasitas memori RAM, harddisk, layar monitor, baterai dan juga desain.

Tentukanlah spesifikasi laptop pilihanmu sesuai dengan yang kamu butuhkan. Misalnya, jika kamu memerlukan laptop untuk penggunaan gaming, maka pilihlah yang memang khusus untuk gaming atau laptop biasa yang mempunyai performa yang handal.

Sebaiknya pilih laptop / notebook yang memiliki prosesor terbaru agar dapat memiliki performa yang baik. Kapasitas memori RAM dan harddisk storage juga harus kamu perhatikan, agar bisa menyimpan lebih banyak data dan tidak mengurangi kinerja laptop.

Jika kamu membutuhkan laptop / notebook yang digunakan untuk gaming dan keperluan multimedia, maka pilihlah laptop yang memiliki ukuran layar yang agak besar dari biasanya.

Selain itu, komponen baterai tidak boleh luput dari perhatianmu, dalam memilih laptop baiknya yang mempunyai kapasitas baterai besar. Sebab, perangkat laptop sangat bergantung pada kemampuan daya tahan baterai.

Untuk menemukan laptop dengan spesifikasi yang telah Fajrinfo gambarkan, sepertinya bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Sebab, saat ini di pasaran telah banyak produsen laptop yang menawarkan spesifikasi yang seperti disebutkan di atas.

2. Sesuaikan Dengan Kebutuhan


Selain spesifikasi, sebelum membeli laptop kamu juga harus mempertimbangkan dengan kebutuhan.

Jika kebutuhanmu hanya untuk sekedar mengetik tugas kuliah dan menonton film alias sebagai media hiburan ringan misalnya permainan dan lainnya, maka pilihlah laptop yang standar saja.

Namun, jika kamu memerlukan laptop yang memiliki performa super yang akan digunakan untuk pekerjaan berat seperti game online, editing video dan multimedia lainnya, maka sesuaikanlah pilihan kamu dengan mempertimbangkan hal tersebut.

Perlu diperhatikan, bahwa dalam membeli perangkat laptop atau notebook, sebaiknya pilihlah produk besutan brand ternama yang sudah teruji kualitas dan keawetannya.

Baca juga: Cara Mencegah Windows 10 Melakukan Pembaruan Otomatis

3. Sesuaikan Dengan Budget


Hal Apa Sajakah Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop?

Produk laptop saat ini, beragam produk memberikan penawaran spesifikasi tinggi, tapi dengan harga yang sangat terjangkau. Pastinya hal ini merupakan incaran banyak orang.

Tapi laptop yang memiliki spesifikasi tinggi dan harga terjangkau biasanya tidak lama / discontinue pengembangannya. Sebab produk laptop seperti ini akan laris di pasaran, sehingga akan lebih cepat digantikan dengan model terbaru lainnya.

4. Review Dan Riset Sebelum Membeli Laptop


Melakukan review dan riset perlu kamu lakukan sebelum membeli komputer laptop. Hal ini bertujuan agar kamu mengetahui tentang spesifikasi dan harga yang ditawarkan. Untuk memperoleh informasinya kamu dapat mencarinya di internet, media cetak, televisi atau pun lainnya.

Pastikan bahwa laptop yang akan kamu beli itu, telah sesuai dengan keperluan kamu sendiri. Selain itu, kamu juga dapat melakukan riset mengenai harga laptop yang ada di pasaran melalui internet dan toko retail.

Demikian pembahasan terkait beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli perangkat laptop. Semoga bermanfaat bagi kamu yang kebetulan ingin membeli perangkat laptop /notebook.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK