Windows 10 Macet Pada Proses Getting Windows ready Don’t turn off your computer

Windows 10 Macet Pada Proses Getting Windows ready Don’t turn off your computer

Saat hendak meningkatkan sistem ke Windows 10 October 2018 Update versi 1809, komputer atau laptop macet pada proses Getting Windows ready, Don’t turn off your computer dalam waktu yang lama? Atau terkadang setelah menginstal windows update terbaru, Windows 10 terjebak pada Getting Windows ready, Don’t turn off your computer saat startup.

Hal itu terjadi tepat setelah perangkat Anda restart untuk menyelesaikan proses instalasi pembaruan. Dan membatasi Anda mengakses desktop sepenuhnya dengan cara normal.

Masalah ini biasanya terjadi jika pembaruan windows tidak diinstal dengan benar, rusak atau corrupt saat mengunduh dan menginstal proses pembaruan sistem.

Terkadang juga aplikasi pihak ketiga atau perangkat lunak keamanan (antivirus) memblokir proses instalasi pembaruan dan konfigurasi pembaruan pada tahap pertengahan yang dapat menyebabkan masalah yang cukup fatal.

Beberapa waktu lalu dengan memaksa restart dapat memperbaiki sistem Windows yang macet seperti ini. Tapi, bagi sebagian pengguna lain lagi windows masih stuck / terjebak / macet saat sedang startup dan muncul peringatan tersebut.

Jika komputer Windows 10 komputer Anda juga terjebak pada Getting Windows ready, Don’t turn off your computer dalam waktu yang lama, disini Fajrinfo akan memberi beberapa solusi yang dapat diterapkan untuk menyingkirkan masalah ini dan memulai windows secara normal.

Perbaikan Windows 10 Stuck Di Getting Windows ready


Catatan: solusi di bawah ini berlaku untuk memperbaiki masalah terkait pembaruan yang berbeda seperti Getting Windows ready, boot loop, restart loop. Beberapa lainnya seperti Windows 10 stuck / macet. Mendapatkan peringatan Getting Windows ready setelah restart, terjebak di Getting Windows ready, mendapatkan Getting Windows ready pada proses pembaruan update, mendapatkan Getting Windows ready macet setelah pembaruan dll.

Lakukan Perbaikan Pada Windows 10 Startup Repair


Karena masalah sistem ini terjebak pada tampilan getting windows ready, dan mencegah Anda mengakses desktop sepenuhnya dengan cara normal. Oleh sebab itu, dengan perbaikan pada Windows startup repair adalah solusi terbaik untuk mengatasi masalah startup yang mencegah windows dari awal dan terjebak pada getting windows ready .

Untuk melakukan perbaikan pada startup repair, Anda perlu boot dari Windows 10 bootable USB driver. Jika tidak memilikinya, buatlah terlebih dahulu dengan mengikuti tutorialnya pada tautan tadi.

Bila sudah siap dengan media instalasi, masukkan lalu tekan tombol daya untuk menghidupkan komputer Anda. Sekarang tekan tombol F8 atau F10 (tergantung pada sistem dan perangkat Anda) untuk mengakses menu Boot sistem. Kemudian pilih opsi Boot, lalu pilih USB sesuai media yang digunakan.

Selanjutnya, Anda akan melihat layar instalasi Windows di komputer. Lewati layar pertama dan klik di layar berikutnya pada pilihan Repair your computer. Ini akan merestart windows, klik pada Troubleshoot > Advanced options dan kemudian klik pada opsi Startup Repair.

Windows 10 Macet Pada Proses Getting Windows ready Don’t turn off your computer

Saat Anda memilih perbaikan startup, maka akan memulai ulang jendela dan memulai proses diagnostik. Dan menganalisis berbagai pengaturan, opsi konfigurasi, dan file sistem, khususnya mencari problem :

Baca juga : 7 Tips Jitu Memaksimalkan Daya Tahan Baterai Laptop Windows 10

1. Missing / corrupt - rusak / driver tidak kompatibel

2. Missing / file sistem corrupt - rusak

3. Missing / corrupt - rusak pengaturan konfigurasi booting (boot configuration settings)

4. Pengaturan registry yang corrupt - rusak

5. Metadata disk yang rusak (master boot record, partition table, or boot sector)

6. Instalasi pembaruan bermasalah

Setelah menyelesaikan proses perbaikan, Windows akan restart dan mulai secara normal. Jika proses perbaikan ini mengakibatkan startup repair tidak dapat memperbaiki perangkat Anda atau perbaikan otomatis tidak dapat mengatasi masalah perangkat milik Anda, silahkan mencoba pada langkah berikutnya.

Windows 10 Macet Pada Proses Getting Windows ready Don’t turn off your computer

Meng-uninstall Windows Update Yang Baru Terpasang


Jika startup repair gagal memperbaiki masalah ini, dan lagi windows stuck pada Getting windows ready, maka kita perlu mencoba boot ke safe mode dan menghapus pembaruan yang baru saja diinstal.

Masuk ke menu Setting > Update & Security > Recovery > klik Restart now pada bagian Advanced startup. Kemudian tekan F4 untuk mengakses Safe Mode dan F5 untuk mengakses Safe Mode dengan jaringan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Windows 10 Macet Pada Proses Getting Windows ready Don’t turn off your computer

Setelah boot ke Safe Mode Windows 10, buka Control Panel dan kemudian pergi ke Programs lalu pilih opsi Programs and Features. Dari panel kiri jendela Programs and Features, klik pada opsi View installed update.

Sekarang, Anda akan melihat daftar semua pembaruan yang telah diinstal. Pilih pembaruan yang diinstal baru-baru ini yang menyebabkan sistem macet di Windows 10 getting windows ready. Jika sudah ditemukan, hapus instalan updatenya.

Windows 10 Macet Pada Proses Getting Windows ready Don’t turn off your computer

Setelah meng-uninstall pembaruan yang menyebabkan masalah, lalu keluarlah dari Safe Mode dengan me-restart perangkat Windows 10 Anda. Sekarang, Anda tidak perlu menghadapi masalah pembaruan Windows 10 seperti Getting Windows ready lagi, dan jangan matikan layar komputer Anda setelah pembaruan.

Reset Komponen Pembaruan Windows


Jika startup repair dan uninstall sistem update yang baru-baru ini diinstal masih gagal untuk memperbaiki masalah, sedangkan Windows 10 masih terjebak / stuck Getting Windows ready Don’t turn off your computer, solusi lainnya adalah dengan mereset komponen pembaruan windows yang mungkin sangat membantu untuk memperbaiki hampir semua masalah terkait pembaruan windows.

Untuk mereset komponen pembaruan windows, buka Command prompt As administrator dengan cara klik kanan pada menu Start. Setelah terbuka, ketik (salin dan tempel) perintah di bawah ini satu per satu, dan tekan ENTER untuk menerapkan masing-masing perintahnya.

net stop wuauserv

net stop cryptSvc 

net stop bits 

net stop msiserver 

ren C:\Windows\SoftwareDistribution SoftwareDistribution.old 

ren C:\Windows\System32\catroot2 catroot2.old 

net start wuauserv 

net start cryptSvc 

net start bits 

net start msiserver

Setelah itu, ketik Exit untuk menutup kembali jendela Command prompt dan memulai Windows secara normal. Jika sudah melakukan semua langkah di atas, sekarang coba periksa dan instal pembaruan terbaru yang tersedia pada menu Settings > Update & Security > Windows updates > Check for Updates.

Lakukan Pemulihan Dengan System Restore


Jika metode di atas (startup repair, meng-uninstall pembaruan windows yang baru dipasang, mengatur ulang pembaruan cache windows) masih tidak dapat memperbaiki Windows 10 yang macet pada getting windows ready, maka Anda dapat mencoba melakukan system restore untu mengatasinya.

Ketika windows terjebak pada getting windows ready dan mencegah akses desktop secara normal yang menyebabkan Anda perlu mengakses opsi lanjutan untuk melakukan pemulihan sistem dengan system restore.

Jangan lewatkan : Cara Jitu Memperbaiki WiFi Error Pada Windows 10

Catatan: perlu diingat bahwa memulihkan sistem tidak akan mempengaruhi file pribadi Anda yang disimpan selain pada disk C:\, tapi ini akan menghapus aplikasi, driver, dan pembaruan yang dipasang setelah titik pemulihan / system restore dibuat.

Pertama, akses opsi lanjutan dengan masuk ke Setting > Update & Security > Recovery > klik Restart now pada bagian Advanced startup.

Klik pada opsi System Restore seperti yang ditunjukkan gambar di bawah. Pilih Titik Pemulihan Sistem / System Restore Point terbaru yang telah Anda buat dan ikuti petunjuk layar untuk menyelesaikan proses pemulihan sistem.

Windows 10 Macet Pada Proses Getting Windows ready Don’t turn off your computer

Setelah Anda mengembalikan komputer ke tanggal yang lebih awal menggunakan Windows System Restore, perangkat Windows 10 Anda akan mulai bekerja dengan lancar seperti sebelumnya.

Dalam tutorial ini adalah beberapa solusi yang paling mudah untuk diterapkan dalam memperbaiki Windows 10 yang macet / stuck pada Windows 10 Getting Windows ready Don’t turn off your computer. Windows 10 stuck pada Windows 10 stick Getting Windows ready after restart, membeku / freeze pada Getting Windows ready, Getting Windows ready working on updates, dll saat startup. Saya harap dapat menjadi solusi dalam memperbaiki windows update yang terjebak masalah ini.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis :

0 Response to "Windows 10 Macet Pada Proses Getting Windows ready Don’t turn off your computer"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel