Cara Hemat Kuota Pada Laptop Yang Memakai WiFi Tethering Android

Pernahkah kamu mengalami kehabisan kuota internet yang terkesan tidak wajar ketika berselancar di internet menggunakan laptop yang terkoneksi WiFi Hotspot / Tethering HP Android? Sehingga setiap kali laptop kamu terhubung dengan WiFi Android, maka dengan cepat akan menghabiskan banyak kuota internet dan akhirnya menjadi boros pulsa.

Jika kamu termasuk orang yang mengalami masalah tersebut, maka kemungkinan besar kamu bukanlah satu-satunya orang yang mempunyai masalah dengan kuota internet setelah digunakan untuk WiFi laptop Windows ini. Sebab sebagian besar pengguna laptop lain yang berselancar di internet dengan mengandalkan koneksi WiFi mengeluhkan masalah yang sama pada paket internet kartu prabayar mereka. Semuanya mengeluhkan kuota internet menjadi cepat habis meskipun tidak melakukan download file berukuran besar.

Cara Hemat Kuota Pada Windows 10 Menggunakan Wifi Tethering Android

Cara Hemat Kuota Pada Laptop Yang Memakai WiFi Tethering Android

Pengguna komputer atau laptop Windows masa kini tidak melulu tergantung pada koneksi modem jika ingin mengakses internet. Sebab, seiring dengan perkembangan teknologi saat ini ponsel pintar (disebut: smartphone) berbasis Android bisa membantu pengguna laptop untuk menghubungkan komputer atau laptop mereka ke internet menggunakan fitur WiFi Tethering yang menjadi fitur bawaan HP Android.

Sehingga wajar kiranya jika sebagian orang ada yang mengatakan bahwa Ponsel Android seolah menjadi sebuah perangkat genggam yang wajib dimiliki oleh setiap orang.

Dengan berbagai macam fitur yang dibenamkan di dalamnya, smartphone Android menawarkan banyak fitur kemudahan kepada para penggunanya, tidak terkecuali pula pengguna komputer atau laptop Windows ketika membutuhkan koneksi WiFi portable.

Kembali ke topik, perangkat laptop Windows saat ini dibuat dengan menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan perkembangan zaman. Tampilan yang modern serta kemampuan dan fitur yang terbenam di dalamnya sangat berbeda dengan perangkat-perangkat sepuluh tahun silam.

Baca juga: Memperbaiki Masalah WINWORD.EXE Yang Error Di Windows 10

Namun demikian, karena sebagian besar fitur yang terdapat pada sistem operasi Windows terkini banyak yang memerlukan koneksi internet, maka sering kali pengguna mengeluhkan tentang kuota internet yang dimilikinya cepat habis meskipun tidak banyak melakukan download atau pun streaming video.

Bagi pengguna laptop atau komputer yang menggunakan koneksi data internet unlimited (tanpa batas) buatan Indihome, Biznet atau layanan serupa lainnya mungkin tidak akan menjadikan hal ini sebagai sebuah masalah. Tapi lain cerita bagi para pengguna laptop dengan keterbatasan koneksi internet dengan kuota data tertentu, apalagi tarif kuota internet di Indonesia saat ini masih tergolong mahal bagi konsumen seluler.

Cara Agar Tidak Boros Saat Laptop Tersambung Internet WiFi Tethering Android

Lalu bagaimanakah caranya agar laptop yang kita gunakan hemat kuota ketika tersambung ke internet melalui koneksi WiFi Tethering HP Android?

Berikut ini Fajrinfo akan membagikan panduan sederhana yang dapat membantu penghematan terhadap kuota internet pada ponsel Android yang kamu gunakan ketika dipakai untuk sambungan WiFi Hotspot laptop atau komputer PC.

Mungkin cara ini merupakan metode yang belum banyak diketahui oleh pengguna laptop, apalagi laptop Windows 10, yaitu dengan cara mengaktifkan fitur 'Metered Connection' pada jaringan WiFi yang sedang kita gunakan.

Metered Connection adalah fitur yang Microsoft tanamkan pada perangkat Windows 8 dan Windows 10 dengan tujuan agar koneksi internet dapat digunakan hanya untuk mengakses hal utama saja dan memutuskan sambungan internet untuk akses ke aplikasi, Windows Update, tampilan tile Menu Start, dan aplikasi bawaan Windows lainnya yang berjalan secara otomatis pada latar belakang sistem.

Oleh sebab itu, apabila fitur Metered Connection ini diaktifkan, maka koneksi internet pengguna akan fokus pada akses yang sedang digunakan saja. Misal jika kita sedang browsing mencari referensi makalah di internet, maka koneksi internet tidak akan digunakan untuk melakukan update aplikasi atau update sistem windows lainnya dan hanya membolehkan koneksi browser yang sedang digunakan.

Dengan begitu, kuota internet yang kamu gunakan untuk WiFi Tethering tidak akan cepat habis disebabkan oleh sistem yang berjalan dan terhubung ke internet di background sistem, kecuali jika kamu melakukan download atau streaming video dalam jangka waktu yang cukup lama.

Cara Menghidupkan Fitur Metered Connection Agar Hemat Kuota Internet


1. Cara Pertama

- Klik pada tanda WiFi di bagian taskbar sebelah ikon baterai atau ikon lainnya (taskbar sudut kanan bawah).

- Setelah itu, klik Properties pada koneksi WiFi yang sedang kamu gunakan.

Cara Hemat Kuota Pada Windows 10 Menggunakan Wifi Tethering Android

- Maka kamu akan dialihkan ke jendela menu Setting WiFi yang terhubung dengan laptop Windows 10.

- Kemudian hidupkan tombol yang ada di bagian bawah Set as metered connection dari yang tadinya Off ubah menjadi On.

2. Cara Kedua

- Klik ikon Settings pada Menu Start Windows atau dapat juga dengan cara menekan kombinasi tombol keyboard Windows + I.

- Pada pilihan menu Settings, klik pada pilihan Network & Internet.

Cara Hemat Kuota Pada Windows 10 Menggunakan Wifi Tethering Android

- Kemudian pilih tab menu Wi-Fi lalu klik jaringan WiFi yang terhubung dengan laptop kamu.

Baca juga: Cara Mudah Memblokir Situs Dewasa Di Komputer Windows 10

- Skrol ke bagian bawah lalu hidupkan tombol yang ada di sebelah Set as metered connection dari yang tadinya Off ubah menjadi On.

Cara Hemat Kuota Pada Windows 10 Menggunakan Wifi Tethering Android

Demikian tutorial yang bisa Fajrinfo sampaikan tentang cara menghemat kuota pada Windows 10 dalam jaringan Wifi Android ini. Semoga setelah melakukan penerapan metode di atas kuota internet ponsel Android kamu tidak cepat habis lagi tanpa diketahui penggunannya. Apakah kamu mempunyai metode lain untuk menghemat kuota internet pada laptop Windows 10?

Jika mengalami masalah pada langkah penerapannya, silahkan sampaikan pada kolome komentar yang tersedia. Dan jangan lupa untuk membagikan panduan sederhana ini melalui media sosial kamu agar orang dekat kamu mengetahui tentang Cara Hemat Kuota Pada Laptop Yang Memakai WiFi Tethering Android.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

65 Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

  1. Thanks.... Sekian banyak cr jawaban. Ini yang berhasil. Makasih banyak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, terimakasih feedbacknya sobat, jangan sungkan untuk kembali berkunjung kesini lagi.

      Hapus
  2. terima kasih infonya

    BalasHapus
  3. OKE MANJUR TRIK SYAA BARU TAU ANDA BAIK SEKALI

    BalasHapus
  4. terima kasih saya sangat terbantu atas informasi nya jadi ga takut kehabisan kuota saat butuh koneksi hotspot hp untuk tugas kuliah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, kehabisan kuota memang menjadi salah satu hal yang menjengkelkan bagi mahasiswa. Apalagi kalo lagi ga ngumpul bareng temen, pasti kelabakan tuh. Haha_

      Hapus
  5. Masa baru pake hotspot hp BPK w download tugas sekitar 1 gb abis nya tiba tiba 8,9 gb normal ga sih ampe dimaki sad lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah seperti itu tuh kalo tidak kita siasati dengan metode tertentu, malah jadinya jadi boros kuota internet. Apalagi kalo misal sistem Windows udah minta update, wah bisa abis kuota abis pulsa kalo sampe ga ketauan sih.

      Hapus
    2. Gila lurr. 7,9 gb cuma buat sistemnya. W ulangan online juga boros beut, trus googling jadi tau deh caranya. Aman deh kuotanya hehe😅

      Hapus
  6. Terima kasih Infonya...

    BalasHapus
  7. Ini dia yang dicari, tq info

    BalasHapus
  8. udah di coba tipsnya dan ga worth it, 1 menit 300mb habis, pasahal windows update udah mati, di hp saya saya lihat bandwidthnya 7mbps averagenya, habis kuota aiinngg

    BalasHapus
  9. lagi cari2 ketemu solusinya, eh ternyata web lu bro wkkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang lu siapa bro? Haha...

      Hapus
    2. saya yayut bro, wkwkwkwk

      Hapus
    3. bro metered connection laptop saya disable gak bisa klik apapun wkwkw

      Hapus
    4. Owalah ternyata master programmer nongol nih. Hahaha
      Maaf suhu, ampuni muridmu ini.

      Hapus
  10. Makasih gan, tiba2 internet baru buka browser eh udah 50 mb abis, padahal belum buka web apapun hadehh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan seperti itu gan. sebab kalo browsing di internet menggunakan laptop atau komputer lebih besar ukuran per masing-masing halaman situs webnya.

      Hapus
  11. Mantapp, thx infonya gan. Sukses selalu

    BalasHapus
  12. Akhirnya bisa tidur dengan nyenyak, thanks brooo haha

    BalasHapus
  13. akhirnya bisa tidur dengan nyenyak, thanks broo haha

    BalasHapus
  14. Ninggal jejak dulu , aku baru mau punya laptop nunggu datang baru aku praktek 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah-wah keren, selamat ya. Semoga laptopnya segera tiba.

      Hapus
  15. kak, kok tidak ada properties di setting wifi laptop saya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Properties tidak terletak di settingan WiFi, tapi ada di bagian bawah jaringan WiFi yang terkoneksi dengan laptop kita.

      Coba klik pada ikon WiFi yang ada di bagian taskbar sebelah kanan paling bawah, lalu kalo laptop sudah terkoneksi dengan salah satu jaringan WiFi, maka di bawah nama jaringan WiFi tersebut pasti akan ada tulisan Properties.

      Hapus
  16. Sad bener windows 10 baru login pb udah abis 300mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar sobat, mungkin ini ujian. Hehe_
      Kalo maen game online sebaiknya emang harus pake WiFi sejenis Indihome aja biar ga menguras kuoat internet.

      Hapus
  17. Bermanfaat bgt, thx 4 ur information

    BalasHapus
  18. maksih bang, sehat selalu

    BalasHapus
  19. Jazakallah khairan bantuannya, membantu banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, masyaa Allah, alhamdulillaah mas.

      Hapus
  20. Terimakasih banyak atas infonya...

    BalasHapus
  21. Terima kasih banyak atas infonya. sangat bermanfaat

    BalasHapus
  22. Terima kasih. Artikelnya sangat membantu.
    Sebelumnya saya juga merasa aneh, kenapa tethering saya cepat sekali menghabiskan 500mb hanya dalam beberapa menit, padahal hanya digunakan untuk browsing saja, dan ternyata ini solusinya.

    BalasHapus
  23. Kyahahaha akhirnya bisa tidur nyenyak:'v

    BalasHapus
  24. Wagilaaaaaa wort it bgt sumpaa, tengkyu ni ya bangg , bnyk rezeki banngg, yg tadinya kecepatan 4mb/s di hp , tiba tiba 25,78kb/s Wagilaa asli , tengkyu ni bangg

    BalasHapus
  25. Sangat membantu 👍👍👍👍

    BalasHapus
  26. Sangat membantu kak, karena biasanya cuma buka web ujian 1 jam abis 500mb an wkwk. Sangat membantu 😁

    BalasHapus
  27. Terima kasih banyak.
    Ini sangat sangaat membantu

    BalasHapus
  28. Terimakasih banyak gan ilmunya sangat bermanfaat semoga anda diberkahi 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terimakasih semuanya yang telah mendoakan. Jazakumullaahu khoiron 🙏

      Hapus
  29. Di komputer bisa nggak ya? Komputerku kok gaada pilihan untuk wifi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, untuk komputernya sudah terpasang perangkat WiFi belum ya? Kalo sudah terpasang dan terkoneksi ke komputer tentunya akan muncul opsi WiFi tersebut.

      Hapus
  30. Oke mantap masa gw tathering laptop buat zoom sekolah belum 1jam habis 4gb lah langsung serangan ginjal baru juga isi kuota

    BalasHapus
    Balasan
    1. Astaghfirullaah, segera periksakan ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan cepat. 🤭

      Hapus
  31. Paling parah udah terhubung dengan kuota telkomsel yang sangat mahal itu, kepakai malah update Windows. Alhasil nge-Zoom kuota pun tidak cukup. Wkwk. Terima kasih mas tipsnya sangat bermanfaat!

    BalasHapus
  32. Wah saya pribadi sangat berterimakasih ya masss:) yang tadinya buat kulon was was masalah kuota soalnya bergantung dari tethering dari HP sangat terbantuu,sekali lagi terimakasih mas sehat dan sukses selalu untuk mas tanto fajrin!🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiin..
      Alhamdulillaah, terimakasih banyak mas Gilang DS atas feedback dan doanya.

      Hapus
  33. Baru mau nyoba caranya mas, semoga bisa. Makasih infonya

    BalasHapus
  34. It's work bro, thank you...

    BalasHapus
  35. Makasihhh \(^o^)/ kuota saya jadi ga cepet abiss, makasihh bangett

    BalasHapus
  36. Wah ini yg saya cari". Kuota 4Gigaan habis sehari. Tak liat di laptop penggunaan datanya memang 4Gigaan utk sistem. Terimakasih kawan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah, akhirnya misteri penyedot kuota saat ini sudah terpecahkan ya :)

      Hapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama