Cara Hemat Kuota Pada Laptop Yang Memakai WiFi Tethering Android

Cara Hemat Kuota Pada Windows 10 Menggunakan Wifi Tethering Android ...Pengguna komputer atau laptop masa kini tidak melulu tergantung pada perangkat modem untuk dapat mengakses internet. Sebab, seiring perkembangan teknologi saat ini ponsel pintar (dibaca: smartphone) berbasis Android...Bagi pengguna yang menggunakan koneksi data unlimited indihome, biznet atau layanan serupa lainnya mungkin tidak jadi masalah. Tapi lain cerita bagi...
Pernahkah kamu mengalami kehabisan kuota internet yang terkesan tidak wajar ketika berselancar di internet menggunakan laptop yang terkoneksi WiFi Hotspot / Tethering HP Android? Sehingga setiap kali laptop kamu terhubung dengan WiFi Android, maka dengan cepat akan menghabiskan banyak kuota internet dan akhirnya menjadi boros pulsa.

Jika kamu termasuk orang yang mengalami masalah tersebut, maka kemungkinan besar kamu bukanlah satu-satunya orang yang mempunyai masalah dengan kuota internet setelah digunakan untuk WiFi laptop Windows ini. Sebab sebagian besar pengguna laptop lain yang berselancar di internet dengan mengandalkan koneksi WiFi mengeluhkan masalah yang sama pada paket internet kartu prabayar mereka. Semuanya mengeluhkan kuota internet menjadi cepat habis meskipun tidak melakukan download file berukuran besar.

Cara Hemat Kuota Pada Windows 10 Menggunakan Wifi Tethering Android

Cara Hemat Kuota Pada Laptop Yang Memakai WiFi Tethering Android

Pengguna komputer atau laptop Windows masa kini tidak melulu tergantung pada koneksi modem jika ingin mengakses internet. Sebab, seiring dengan perkembangan teknologi saat ini ponsel pintar (disebut: smartphone) berbasis Android bisa membantu pengguna laptop untuk menghubungkan komputer atau laptop mereka ke internet menggunakan fitur WiFi Tethering yang menjadi fitur bawaan HP Android.

Sehingga wajar kiranya jika sebagian orang ada yang mengatakan bahwa Ponsel Android seolah menjadi sebuah perangkat genggam yang wajib dimiliki oleh setiap orang.

Dengan berbagai macam fitur yang dibenamkan di dalamnya, smartphone Android menawarkan banyak fitur kemudahan kepada para penggunanya, tidak terkecuali pula pengguna komputer atau laptop Windows ketika membutuhkan koneksi WiFi portable.

Kembali ke topik, perangkat laptop Windows saat ini dibuat dengan menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan perkembangan zaman. Tampilan yang modern serta kemampuan dan fitur yang terbenam di dalamnya sangat berbeda dengan perangkat-perangkat sepuluh tahun silam.

Baca juga: Memperbaiki Masalah WINWORD.EXE Yang Error Di Windows 10

Namun demikian, karena sebagian besar fitur yang terdapat pada sistem operasi Windows terkini banyak yang memerlukan koneksi internet, maka sering kali pengguna mengeluhkan tentang kuota internet yang dimilikinya cepat habis meskipun tidak banyak melakukan download atau pun streaming video.

Bagi pengguna laptop atau komputer yang menggunakan koneksi data internet unlimited (tanpa batas) buatan Indihome, Biznet atau layanan serupa lainnya mungkin tidak akan menjadikan hal ini sebagai sebuah masalah. Tapi lain cerita bagi para pengguna laptop dengan keterbatasan koneksi internet dengan kuota data tertentu, apalagi tarif kuota internet di Indonesia saat ini masih tergolong mahal bagi konsumen seluler.

Cara Agar Tidak Boros Saat Laptop Tersambung Internet WiFi Tethering Android

Lalu bagaimanakah caranya agar laptop yang kita gunakan hemat kuota ketika tersambung ke internet melalui koneksi WiFi Tethering HP Android?

Berikut ini Fajrinfo akan membagikan panduan sederhana yang dapat membantu penghematan terhadap kuota internet pada ponsel Android yang kamu gunakan ketika dipakai untuk sambungan WiFi Hotspot laptop atau komputer PC.

Mungkin cara ini merupakan metode yang belum banyak diketahui oleh pengguna laptop, apalagi laptop Windows 10, yaitu dengan cara mengaktifkan fitur 'Metered Connection' pada jaringan WiFi yang sedang kita gunakan.

Metered Connection adalah fitur yang Microsoft tanamkan pada perangkat Windows 8 dan Windows 10 dengan tujuan agar koneksi internet dapat digunakan hanya untuk mengakses hal utama saja dan memutuskan sambungan internet untuk akses ke aplikasi, Windows Update, tampilan tile Menu Start, dan aplikasi bawaan Windows lainnya yang berjalan secara otomatis pada latar belakang sistem.

Oleh sebab itu, apabila fitur Metered Connection ini diaktifkan, maka koneksi internet pengguna akan fokus pada akses yang sedang digunakan saja. Misal jika kita sedang browsing mencari referensi makalah di internet, maka koneksi internet tidak akan digunakan untuk melakukan update aplikasi atau update sistem windows lainnya dan hanya membolehkan koneksi browser yang sedang digunakan.

Dengan begitu, kuota internet yang kamu gunakan untuk WiFi Tethering tidak akan cepat habis disebabkan oleh sistem yang berjalan dan terhubung ke internet di background sistem, kecuali jika kamu melakukan download atau streaming video dalam jangka waktu yang cukup lama.

Cara Menghidupkan Fitur Metered Connection Agar Hemat Kuota Internet


1. Cara Pertama

- Klik pada tanda WiFi di bagian taskbar sebelah ikon baterai atau ikon lainnya (taskbar sudut kanan bawah).

- Setelah itu, klik Properties pada koneksi WiFi yang sedang kamu gunakan.

Cara Hemat Kuota Pada Windows 10 Menggunakan Wifi Tethering Android

- Maka kamu akan dialihkan ke jendela menu Setting WiFi yang terhubung dengan laptop Windows 10.

- Kemudian hidupkan tombol yang ada di bagian bawah Set as metered connection dari yang tadinya Off ubah menjadi On.

2. Cara Kedua

- Klik ikon Settings pada Menu Start Windows atau dapat juga dengan cara menekan kombinasi tombol keyboard Windows + I.

- Pada pilihan menu Settings, klik pada pilihan Network & Internet.

Cara Hemat Kuota Pada Windows 10 Menggunakan Wifi Tethering Android

- Kemudian pilih tab menu Wi-Fi lalu klik jaringan WiFi yang terhubung dengan laptop kamu.

Baca juga: Cara Mudah Memblokir Situs Dewasa Di Komputer Windows 10

- Skrol ke bagian bawah lalu hidupkan tombol yang ada di sebelah Set as metered connection dari yang tadinya Off ubah menjadi On.

Cara Hemat Kuota Pada Windows 10 Menggunakan Wifi Tethering Android

Demikian tutorial yang bisa Fajrinfo sampaikan tentang cara menghemat kuota pada Windows 10 dalam jaringan Wifi Android ini. Semoga setelah melakukan penerapan metode di atas kuota internet ponsel Android kamu tidak cepat habis lagi tanpa diketahui penggunannya. Apakah kamu mempunyai metode lain untuk menghemat kuota internet pada laptop Windows 10?

Jika mengalami masalah pada langkah penerapannya, silahkan sampaikan pada kolome komentar yang tersedia. Dan jangan lupa untuk membagikan panduan sederhana ini melalui media sosial kamu agar orang dekat kamu mengetahui tentang Cara Hemat Kuota Pada Laptop Yang Memakai WiFi Tethering Android.