Perbaiki Masalah WINWORD.EXE Error Di Aplikasi Office Pada Windows 10 Perbaiki Masalah WINWORD.EXE Error Di Aplikasi Office Pada Windows 10 - Fajrinfo
Perbaiki Masalah WINWORD.EXE Error Di Aplikasi Office Pada Windows 10

WINWORD.EXE adalah proses Microsoft Word yang terdaftar di Task Manager. Aplikasi Office lainnya juga mungkin mengandalkan proses WINWORD.EXE ini. Terkadang Windows 10 menampilkan pesan kesalahan / error yang berbunyi "Application could not be started because WINWORD.EXE file is missing. Reinstall the application to solve the problem.", pada intinya pesan tersebut memberitahukan bahwa terdapat file WINWORD.EXE yang rusak atau tidak ada, karena itu, dapat mengakibatkan kegagalan untuk mengeksekusi atau menjalankan file tersebut sesuai perintah pengguna.

Perbaiki Masalah WINWORD.EXE Error Di Aplikasi Office Pada Windows 10

Kata WINWORD adalah singkatan dari Windows Word (Microsoft Word). Namun, kamu dapat menemukan kesalahan ini ketika mencoba untuk mengakses / membuka aplikasi Office lainnya seperti Excel, Powerpoint, Access, Publisher, Outlook, dll.

Masalah WINWORD.EXE error dapat terjadi karena beberapa alasan berikut:

1. Ada file corrupted / rusak dalam pemasangan aplikasi Microsoft Office.

2. Masalah pada User Profile. Setiap user profile memiliki set konfigurasi sendiri yang disimpan secara lokal, sehingga setiap pengguna dapat memiliki pengalaman yang disesuaikan. Jika salah satu dari ini rusak, kamu tidak akan dapat membuka aplikasi tersebut.

3. Perangkat lunak (software) antivirus terkadang juga dapat menganggap aplikasi Office sebagai 'false positive' atau aktivitas mencurigakan yang membahayakan sistem, sehingga operasinya diblokir oleh antivirus tersebut.

4. Setiap komponen Microsoft memiliki beberapa DLL. Jika ada yang rusak, kamu tidak akan dapat meluncurkan aplikasi Office apa pun.

5. Jika salah satu komponen Microsoft Office sudah usang atau hilang, maka dapat memicu masalah pada aplikasi winword.exe.

6. Ada juga contoh dimana malware menyamar sebagai pesan error / kesalahan ini lalu menargetkan pengguna. Dalam hal ini, perlu dilakukan pemindaian Antivirus yang ekstensif.

Baca juga: Printer Kamu Sering Bermasalah? Begini Cara Memperbaikinya

Di bawah ini adalah daftar pesan kesalahan paling umum yang terkait dengan file WINWORD.EXE, yang mungkin kamu alami selama komputer atau program memulai untuk menggunakan fungsi tertentu pada mesin atau aplikasi.

- WINWORD.EXE is corrupted
- WINWORD.EXE cannot be located
- Runtime Error – WINWORD.EXE
- WINWORD.EXE file error
- WINWORD.EXE file cannot be loaded, Module was not found
- Cannot register WINWORD.EXE file
- WINWORD.EXE file could not be loaded
- WINWORD.EXE file doesn’t exist
- WINWORD.EXE Application Error
- WINWORD.EXE failed
- WINWORD.EXE is not running
- WINWORD.EXE not found
- Cannot find WINWORD.EXE
- Faulting Application Path: WINWORD.EXE
- WINWORD.EXE is not a valid Win32 application
- WINWORD.EXE crash wwlib.dll

Pesan-pesan kesalahan tersebut kadang disertai dengan kode error. Namun demikian, kesalahan apa pun yang kamu alami, pada dasarnya untuk perbaikannya semua sama.

Memperbaiki WINWORD.EXE Error


Ada beberapa solusi untuk memperbaiki pesan kesalahan pada WINWORD.EXE ini dengan yang paling efektif untuk memperbaiki Microsoft Office pada perangkat Windows 10 kamu.

1. Jalankan System Restore
2. Hentikan proses winword.exe
3. Pindai komputer / laptop dengan Antivirus
4. Jalankan Word tanpa Macro
5. Jalankan Word tanpa add-ins
6. Reset nilai Word Registry ke default (bawaan)
7. Troubleshoot pada Clean Boot State
8. Perbaikan / Repair Office
9. Pasang ulang / Reinstall Office

Sebelum memulai prosedur pemecahan masalah apapun, pertama-tama silahkan restart komputer dan lihat apakah dengan itu dapat menyelesaikan masalah? Sebab kadangkala dengan melakukan restart bisa menghilangkan masalah.

Kamu dapat mencoba menerapkan salah satu dari beberapa solusi yang tercantum di bawah ini tanpa harus menerapkannya semua dengan urutan tertentu.

1] Jalankan System Restore

Lakukan Pemulihan Sistem dan lihat apakah cara tersebut bisa membantu masalah kamu. Mengembalikan sistem perangkat ke titik sebelumnya yang baik dimana kamu tidak menghadapi kesalahan. Ini adalah cara cepat yang baik untuk menghilangkan masalah yang WINWORD.EXE.

2] Hentikan Proses winword.exe

Perbaiki Masalah WINWORD.EXE Error Di Aplikasi Office Pada Windows 10

Buka Task Manager, lalu cari WINWORD.EXE, klik kanan padanya program aktif tersebut dan pilih End task. Kemudian buka kembali aplikasi Office Word tersebut.

3] Scan Dengan Antivirus

File WINWORD.EXE yang benar biasanya ditemukan pada lokasi berikut (Untuk Office 2016):

C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\root\Office16

Jika ditemukan di lokasi lain, maka bisa jadi itu merupakan malware. Karena malware bisa juga menggunakan nama file proses ini, sebaiknya kamu memindai / menscan komputer untuk membasmi software berbahaya apapun.

4] Jalankan Word Tanpa Macro

Untuk mencegah Word memuat macro, silahkan ketik winword /m pada kotak Run (tekan tombol Windows + R secara bersamaan) lalu tekan Enter. Lihat apakah menjalankan Word tanpa macro dapat mengatasi masalah WINWORD yang error.

5] Jalankan Word Tanpa Add-ins

Untuk mencegah aplikasi Word memuat add-ins-nya, ketikkan winword /a pada kolom Run (tekan tombol Windows + R secara bersamaan) kemudian tekan Enter. Lihat apakah dengan menjalankan Word tanpa add-ins bisa mengatasi WINWORD.EXE yang bermasalah.

6] Reset Nilai Word Registry Ke Default

Pertama, hentikan proses winword.exe terlebih dahulu. Kemudian untuk mereset nilai Registry Word ke bawaan, ketikkan winword /r pada kotak Run lalu tekan Enter. Bukalah aplikasi Word dan lihat apakah bisa membantu untuk memperbaiki masalah WINWORD.EXE yang error.

7] Troubleshoot Pada Clean Boot State

Lakukan Clean Boot dan cobalah mengidentifikasi penyebab masalah. Clean-boot troubleshooting dirancang untuk mengisolasi masalah kinerja. Untuk melakukan Clean-boot troubleshooting, kamu harus melakukan sejumlah tindakan, dan kemudian restart komputer setelah melakukan setiap tindakan.

Mungkin kamu perlu menonaktifkan secara manual satu demi satu item untuk mencoba dan menentukan item yang menyebabkan masalah. Setelah mengidentifikasi penyebab masalahnya, kamu bisa mempertimbangkan untuk menghapus atau menonaktifkannya.

Jika baru-baru ini kamu mendapatkan pesan error ini, ingat-ingat dan periksa apakah kamu telah menginstal aplikasi terbaru di komputer. Di bawah ini diketahui perangkat lunak / software yang saling bertentangan yang harus diperhatikan adalah:

- Abbyy Finereader
- Fun Tools
- Toshiba Book Reader
- Acrobat PDFMaker
- FastPictureViewer
- Adobe Acrobat

Dan lagi, pengguna melaporkan bahwa driver Nvidia NVWGF2UM.DLL dan driver Canon MF8000 UFRI LT XPS biasanya menyebabkan masalah. Dalam hal ini, silahkan perbaharui driver ke versi terbaru yang telah tersedia setelah mengunduhnya dari situs web pabrikan.

8] Repair Office

Perbaiki Masalah WINWORD.EXE Error Di Aplikasi Office Pada Windows 10

Memperbaiki Instalasi Office (Repair Office) adalah solusi yang berguna dan efektif jika instalasi pada komputer kamu rusak atau program Office tidak berfungsi dengan baik.

9] Reinstall Office

Jika instalasi Office kamu terindikasi telah benar-benar rusak dan tidak akan ada solusi di atas yang dapat membantu untuk memperbaikinya, mungkin hal terbaik yang perlu kamu lakukan adalah dengan menghapus dan menginstal ulang program Microsoft Office tersebut.

Demikian pembahasan tentang cara memperbaiki masalah WINWORD.EXE pada aplikasi Office di Windows 10 ini. Dan perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya beberapa solusi di atas tidak hanya untuk perangkat Windows 10, namun bisa juga diterapkan pada komputer Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1. Terimakasih, semoga bermanfaat. Kamu semua yang terbaik!

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama