Bagaimana Cara Menambahkan Item Ekstensi Nama File Ke Context Menu Di Windows 10? Bagaimana Cara Menambahkan Item Ekstensi Nama File Ke Context Menu Di Windows 10? - Fajrinfo
Microsoft telah menambahkan fitur di menu Options File Explorer atau Ribbon Folder pada Windows 10 yang dapat memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan visibilitas ekstensi file pada File Explorer. Namun, beberapa pengguna mengaktifkannya untuk menggunakannya selama beberapa saat dan kemudian menyembunyikan ekstensi file tersebut.

Jika kamu menambahkan item ‘File name extensions’ ke context menu Windows 10, maka kamu akan dapat menampilkan atau menyembunyikan ekstensi file dengan cukup satu klik saja! Hal ini berguna jika kamu perlu mengaktifkan opsi sementara.

Tambah Ekstensi Nama File Ke Context Menu


Bagaimana Cara Menambahkan Item Ekstensi Nama File Ke Context Menu Di Windows 10?

Untuk menambahkan pilihan Ekstensi nama file ke dalam context menu Windows 10, pengguna harus menggunakan Registry Editor di Windows 10. Context menu yang dicakup dalam langkah ini adalah yang ada pada Desktop, File, Folder, dan juga latar belakang folder. Kami akan membahas dua aspek dalam panduan ini, yaitu sebagai berikut:

1. Menambahkan pilihan ekstensi nama file ke context menu
2. Menghapus pilihan ekstensi nama file ke context menu

1] Tambahkan Pilihan Ekstensi Nama File Ke Context Menu

Ini merupakan metode yang cukup mudah untuk dilakukan.

Download File Registry ini, ekstrak terlebih dahulu, lalu klik dua kali pada file tersebut dan klik saja Yes untuk menambahkan entry Registry tersebut ke sistem.

Jika kamu masih belum melihat pilihan registry yang telah dimasukkan, silahkan restart komputer kamu agar segera muncul.

2] Hapus Pilihan Ekstensi Nama File Ke Context Menu

Bagaimana Cara Menambahkan Item Ekstensi Nama File Ke Context Menu Di Windows 10?

Untuk melakukan metode ini, tekan tombol Windows + R pada keyboard secara bersamaan lalu ketikkan regedit pada kolom Run yang muncul.

Setelah itu, klik saja tombol Yes jika kamu diminta konfirmasi untuk membuka Registry Editor. Nah pada jendela Windows 10 Registry Editor yang muncul, arahkan ke jalur berikut ini:

HKEY_CLASSES_ROOT\AllFilesystemObjects\shell\Windows.ShowFileExtensions

HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shell\Windows.ShowFileExtensions

Silahkan hapus kedua folder tersebut, lalu restart komputer kamu. Maka pilihan ekstensi yang sudah kamu buat itu akan hilang.

Baca juga: Inilah Cara Mudah Mengirimkan File Besar Melalui Email

Semoga panduan tentang cara menambahkan item ekstensi nama file ke context menu Windows 10 ini dapat bermanfaat bagi kamu. Jangan sungkan untuk menyampaikan masalah yang kamu hadapi pada kolom komentar di bawah artikel ini.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama