Printer Kamu Sering Bermasalah? Ini Cara Untuk Mengatasinya

Pernahkah printer yang kamu gunakan mengalami masalah? Printer macet merupakan masalah yang sangat sering terjadi. Jika tidak ditangani dengan segera, hal ini dapat menjadi masalah yang fatal dan akan menghambat pekerjaan dan tugasmu. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui cara untuk memperbaiki masalah yang sering dialami oleh printer.

Printer Kamu Sering Bermasalah? Ini Cara Untuk Mengatasinya

Berikut ini adalah 5 tips dalam menangani masalah yang sering terjadi pada mesin cetak printer seperti dilansir dari Lifehack. Dan asal kamu tahu, nahwa tips ini sangat mudah dilakukan oleh siapapun.

1. Membersihkan Printer


Printer Kamu Sering Bermasalah? Ini Cara Untuk Mengatasinya

Printer macet kemungkinan besar karena jarang dibersihkan. Oleh sebab itu, bersihkan debu dan kotoran yang melekat pada printer, tidak terkecuali juga sisa-sisa kertas yang tersangkut di dalam printer.

Bersihkanlah secara hati-hati dan jangan menggunakan air secara langsung. Pakailah kain halus dan basah (tanpa adanya tetesan air) agar mudah menghilangkan kotoran yang membandel. Sebaiknya bersihkan printer secara rutin guna memperoleh perawatan terbaik.

Selain itu, dapat juga memakai tisu, sikat gigi bekas, kuas, atau cairan pembersih lain khususnya saat membersihkan bagian cartridge printer. Selain air, kamu juga bisa menggunakan alkohol yang disapukan ke kain halus.

Perlu diperhatikan, dalam membersihkan cartridge lakukan secara perlahan sampai debu dan kotoran tinta hilang. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi, kamu dapat melepas penutup cartridge printer.

2. Memeriksa Posisi Kertas Pada Printer


Printer Kamu Sering Bermasalah? Ini Cara Untuk Mengatasinya

Penyebab masalah printer yang macet selanjutnya adalah karena rim kertas yang terlalu menempel pada printer. Untuk menyesuaikannya, kendurkan selembar kertas dengan cara mengangkat rim dan membalik lembaran kertas secara diagonal beberapa kali.

Baca juga: Cara Paling Mudah Untuk Menghasilkan Uang Dari Instagram

Jika kamu memasukkan kertas ke printer lebih dari satu lembar dengan posisi yang tidak sesuai, maka besar kemungkinan printer akan mudah macet. Sebaiknya periksalah posisi kertas setiap kali kamu akan melakukan pencetakan di printer.

3. Baki Kertas Tidak Melebihi Kapasitas Maksimum


Kamu perlu memastikan baki kertas pada printer tidak sampai penuh dalam menampung kertas. Hal ini bertujuan agar printer dapat berjalan dengan lancar, sebab jika baki kertas terlalu dipenuhi oleh kertas, maka akan menyebabkan printer mudah macet dan bila dibiasakan akan cepat rusak.

Sebaiknya taruh kertas secukupnya saja dari kapasitas maksimum printer, jangan sampai terlalu penuh. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa slider printer dan baki kertas tetap dalam posisi yang benar.

4. Menggunakan Kertas Berkualitas Minimal SNI


Penggunaan kertas yang memiliki kualitas baik juga bisa mencegah printer dari berbagai masalah, seperti printer macet. Setidaknya printer yang kamu gunakan mendukung dengan jenis dan ukuran kertas tersebut.

Gunakanlah kertas yang memiliki kualitas SNI (Standar Nasional Indonesia). Karena dengan menggunakan kertas tersebut, kualitas dan spesifikasi kertas sudah tidak diragukan lagi.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan berat kertas yang digunakan. Untuk mencegah kertas macet, sebaiknya atur jenis kertas yang kamu pakai pada menu setelan printer yang digunakan.

5. Menghubungi Jasa Reparasi


Printer Kamu Sering Bermasalah? Ini Cara Untuk Mengatasinya

Jika permasalahan printer yang kamu alami masih belum bisa diselesaikan, maka sebaiknya segera menghubungi layanan jasa service. Biasanya tempat reparasi komputer atau laptop dapat juga memperbaiki printer yang rusak.

Baca juga: Cara Cepat Dan Mudah Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online

Paling tidak, jika di tempatmu terdapat services center produk printer yang kamu gunakan, alangkah lebih baiknya untuk menyerahkan masalah tersebut kepada mereka. Sebab, mereka akan lebih mengerti masalah yang dialami oleh printer produk mereka sendiri.

Jangan paksakan untuk menangani masalah printer tanpa memiliki pengalaman dan kemampuan khusus, atau kalau tidak masalah printer akan semakin bertambah.

Demikian penjelasan yang dapat Fajrinfo berikan terkait printer yang sering mengalami masalah dan rusak. Jika kamu memiliki pengalaman yang berbeda dalam menghadapi masalah printer, jangan sungkan untuk menyampaikannya pada kolom komentar di bawah.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama