Cara Cepat Dan Mudah Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online - Fajrinfo

Sabtu, Maret 23, 2019

Cara Cepat Dan Mudah Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online


Cara Cepat Dan Mudah Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online

Hai sobat Fajrinfo, sudahkah bulan ini kamu membayar iuran BPJS Kesehatan? Tahukah kamu, bahwa cara cek tagihan BPJS Kesehatan sangat mudah kita lakukan secara online? Jika kamu belum mengetahuinya, mari kita simak cara cek tagihan BPJS Kesehatan online ini.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (disingkat BPJS) adalah program pemerintah yang memiliki tujuan untuk memberi jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Menurut Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 Pasal 3, tujuan BPJS adalah mewujudkan terselenggaranya pemberian jaminan kesehatan yang layak bagi setiap peserta dan/atau anggota keluarganya sebagai pemenuhan kebutuhan dasar hidup penduduk Indonesia.

Dalam hal ini, yang akan kita bahas adalah mengenai layanan BPJS Kesehatan ya sobat. Lalu, pernahkah kamu lupa membayar tagihan bulanan dan ingin tahu besar tagihan yang harus dibayar setelah beberapa bulan yang terlupa?

Ternyata, cara cek tagihan BPJS Kesehatan secara online termasuk suatu hal yang mudah bagi siapapun penggunanya. Sebab, kamu dapat melihat langsung jumlah tagihan setiap bulannya cukup dengan menggunakan ponsel / HP atau komputer laptop.

Selain itu, BPJS Kesehatan online ini bukan hanya dapat menunjukkan jumlah tagihan, namun bisa juga digunakan untuk mengetahui status keanggotaan peserta BPJS Kesehatan antara yang masih aktif dan yang sudah tidak aktif (nonaktif).

A. Menggunakan Android Atau IOS


Bagi kamu yang belum mengetahui, sebenarnya layanan masyarakat produk pemerintah ini memiliki aplikasi yang dapat dipasang pada ponsel pintar (baca smartphone) Android dan iOS yang dapat memudahkan para peserta BPJS Kesehatan dalam menggunakan fasilitas-fasilitas yang diberikan.

Baca juga: Mau Beli Ponsel Bekas / Second? Ini Yang Harus Kamu Perhatikan!

Dengan aplikasi BPJS Kesehatan ini, kamu bisa mendapatkan notifikasi kapan saatnya membayar tagihan. Hal tersebut dapat berguna sebagai pengingat kita agar tidak lupa setiap bulannya. Selain itu, kamu juga dapat melihat jumlah tagihan BPJS Kesehatan satu keluarga (satu KK).

Cara Memasang Aplikasi BPJS Kesehatan Di Ponsel

1. Unduh dan pasang / instal aplikasi Mobile JKN melalui aplikasi Google Play Store pada ponsel Android. Sedangkan untuk ponsel iOS, unduh dan pasang aplikasi Mobile JKN melalui App Store.

2. Setelah itu buka aplikasi tersebut dan pilih opsi Pendaftaran Pengguna Mobile jika kamu belum mempunyai akun. Namun, jika sudah pernah mendaftar dan memiliki akun, maka pilih Login.

3. Kemudian klik pada pilihan Premi. Maka aplikasi akan menampilkan semua jumlah tagihan BPJS Kesehatan kamu satu keluarga.

Cara Cepat Dan Mudah Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online

B. Menggunakan Situs Web Resmi BPJS


Selain menggunakan aplikasi smartphone, cara memeriksa tagihan BPJS Kesehatan dapat juga melalui website resmi yang telah disediakan. Cara ini sangat berguna untuk para pengguna komputer atau laptop.

Namun dengan melakukan pengecekan melalui situs web resmi BPJS Kesehatan, kamu tidak akan mendapatkan pemberitahuan untuk pembayaran tagihan seperti fitur yang ada pada aplikasi Mobile JKN untuk Android dan iOS.

Baca juga: Cara Membatasi Konten Google Play Store Agar Aman Diakses Anak-Anak

Cara Cepat Dan Mudah Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online

Cara Melakukan Pengecekan Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Situs Web

1. Buka situs resmi BPJS Kesehatan melalui browser internet komputer atau laptop yang kamu gunakan (browser ponsel juga bisa).

2. Setelah itu, isi kolom masukan sesuai dengan No. Kartu, Tgl. Lahir dan Angka Validasi keamanan yang muncul pada halaman tersebut.

3. Kemudian klik tombol Cek untuk memproses.

4. Setelah proses selesai, maka di bagian bawah akan muncul terkait data BPJS Kesehatan yang kamu miliki.

Nah, itulah cara cepat dan mudah cek tagihan BPJS Kesehatan online yang dapat Fajrinfo bagikan kepada sobat. Setelah membaca tutorial di atas, mudah bukan cara pengecekan BPJS Kesehatan tersebut? Jika kamu mengalami kendala dan masalah dalam prosesnya, jangan sungkan untuk menyampaikannya pada kolom komentar di bawah ini.
Komentar

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.
EmoticonEmoticon

SELAMAT DATANG
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
Oke