Cara Root ASUS ROG Phone II (2) Android Pie 9.0 - [Metode TWRP Recovery]

Asus ROG Phone II (2) adalah Penerus Ponsel Gaming pertama - Asus ROG. Ketika dilihat dari segi Spesifikasi, pasti Anda paham tentang seberapa besar ponsel tersebut mampu bertahan dalam Kondisi Sulit. Ini adalah ponsel Gaming. Jadi, ponsel Android ini telah Dioptimalkan oleh Asus dan Sedikit Over Clocked untuk memberi banyak kinerja dari perangkat ponsel ini.

Anda tidak perlu mengubah Pengaturan dengan bantuan Root. Tapi, ketika beberapa modul yang dapat membantu Anda untuk melakukan tugas tertentu, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menerapkan ROOT.

Jika Anda merupakan pengguna Android biasa, saya menyarankan untuk tidak melakukan root pada ponsel ASUS ROG Phone II ini, Kecuali jika Anda tahu persis apa yang akan dilakukan dan konsekuensinya. Sebab ponsel Anda tidak akan dapat menerima pembaruan sistem dari Asus.

Namun jika Anda merupakan seorang pengguna aplikasi Pengembang atau ingin menggunakan aplikasi yang memerlukan akses Root, maka Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini untuk menerapkan root di ponsel ASUS ROG Phone II yang Anda miliki.

Cara Root ASUS ROG Phone II (2) Android Pie 9.0 - Metode TWRP Recovery


Di saat Anda berniat menggunakan Custom ROM, berhati-hatilah! Sebab biasanya, versi Unofficial memiliki banyak bug yang signifikan. Saya Tidak tahu, Custom ROM apapun dioptimalkan dan memiliki beberapa opsi eksklusif seperti Stock Firmware biasa. Di ponsel jenis lain, hal ini memiliki cerita yang berbeda. Akan tetapi di ponsel khusus game - Asus ROG Phone 2, produsen selalu memberikan beberapa aplikasi internal yang unik untuk meningkatkan kinerjanya.

Jadi, lebih baik ponsel kamu menggunakan Stock Firmware (Firmware bawaan). ASUS Rog Phone 2 memungkinkan penggunanya untuk memilih antara Zen UI dan Stock UI. Ini merupakan sedikit keunggulan jika Anda tidak menyukai Custom OS Skin. Jika Anda ingin menerapkan beberapa aplikasi root keren yang dapat meningkatkan kinerja HP, maka silahkan Anda dapat melakukan root pada ponsel tersebut menggunakan metode yang Fajrinfo bagikan di bawah ini.

Mengapa Harus Root ASUS ROG Phone 2?

Sebaiknya Anda memiliki alasan yang tepat, dan sadar betul tentang apa yang Anda lakukan. Ya, dengan RAM minimal 8/12 GB dan prosesor Qualcomm SDM855 Snapdragon 855+, Anda bisa menggunakan ponsel ini tanpa perlu root selama 4-5 Tahun ke depan jika menggunakannya dengan benar. Ponsel itu adalah dedengkotnya Gaming.

Jangan melakukan root jika karena banyak orang mengatakan bahwa dengan menerapkan root, maka kinerja ponsel kamu bisa menjadi lebih cepat. Padahal kenyataannya tidak selalu begitu.

Root adalah untuk mengekstrak beberapa kinerja dari perangkat. Tapi, Anda sudah memiliki ponsel dengan spesifikasi dan perangkat lunak yang kuat. Jadi, jika Anda biasa menggunakan beberapa aplikasi yang membutuhkan akses root, maka ceritanya lain lagi, Anda dapat menerapkan root ASUS ROG Phone dengan suka cita. Tapi ingat, dengan rooting, Anda hanya dapat melakukan peningkatan kinerja ponsel 10 hingga 20% karena sejatinya ponsel tersebut sudah dioptimalkan.

Cara Root Asus ROG Phone 2 Android Pie 9.0

Asus ROG Phone 2 hadir dengan bootloader fleksibel. Artinya, berbagai smartphone ini dapat dengan mudah untuk di-root. Selain itu, perangkat ini juga dapat menerima penginstalan TWRP Recovery atau file / aplikasi recovery khusus lainnya.

TWRP Recovery adalah file recovery khusus yang harus diinstal pada ponsel Anda karena akan dapat melakukan root dengan sukses. Pada artikel ini, Fajrinfo akan menjelaskan metode termudah untuk dipraktikkan dan menginstal TWRP recovery pada ASUS ROG Phone 2. Dan alat yang diperlukan untuk me-root ponsel game ini adalah Aplikasi Magisk.

Dengan bantuan TWRP Recovery, Anda dapat dengan cepat mem-flash Magisk versi terbaru ke dalam sistem ROG Phone 2 untuk mendapatkan akses root. Sebelum membagikan tutorial, mungkin Anda ingin tahu bahwa dengan TWRP recovery terpasang di ponsel, maka Anda dapat dengan mudah menginstal ROM atau firmware khusus. Apakah ini akan sulit dipraktikkan? Tenang, semuanya akan kami jelaskan secara ringkas dan mudah.

Hal Yang Perlu Perhatikan

- Pastikan baterai HP ASUS ROG Phone 2 Anda terisi daya di atas 50%.

- Cadangkan file dan data Anda saat ini, karena proses root ini akan menghilangkan data internal secara keseluruhan (simpan di penyimpanan eksternal MicrosSD).

Persyaratan


Cara Root ASUS ROG Phone II (2) Android Pie 9.0 - Metode TWRP Recovery


- Aktifkan Mode USB Debugging dan OEM Unlock (Buka Kunci OEM) di ponsel Anda. Untuk melakukannya, pergi ke menu Pengaturan > Tentang ponsel > Ketuk pada "Nomor versi" berkali-kali secara konsisten hingga peringatan menu "Pilihan Pengembang" telah aktif. Kemudian pergi ke menu pengaturan "Pilihan Pengembang" dan aktifkan Mode Debugging USB, Bukan Kunci OEM. Tidak ada proses yang sulit dalam rooting HP Asus ROG Phone 2 ini.

- Download juga ADB drivers. Instal di laptop atau komputer PC.

- Download Magisk 20.4.Zip (Versi Terbaru). Salin ke memori eksternal HP.

- Download dan simpan File TWRP, Ekstrak di komputer lalu ganti namanya menjadi "recovery.img". Salin file ini ke Folder ADB yang telah terinstal di komputer. Download Penginstal TWRP dan Salin filenya ke flashdisk lalu hubungkan ke ponsel menggunakan Kabel OTG. Anda juga dapat melakukan sideload file-file ini ke ponsel setelah Anda boot ke TWRP jika tidak bisa menggunakan metode OTG ini.

- TWRP-3.3.1-1004-ASUS_ROG2.zip

- TWRP-Installer-3.3.1-1004-ASUS_ROG2.zip

- Download Decrypt (Dukungan hingga versi Android Pie) dan Simpan di ponsel ASUS ROG Phone 2 Anda.

Unlock Bootloader Dengan File APK Resmi

- Download ROG Phone 2 Unlock Utility lalu instal di ponsel. Jika kamu tidak dapat menginstalnya, aktifkan fitur Unknown Sources telebih dahulu di menu Pengaturan.

Cara Root ASUS ROG Phone II (2) Android Pie 9.0 - Metode TWRP Recovery


- Buka aplikasi lalu ikuti petunjuk yang ada di Layar.

- Setelah proses selesai, Bootloader ponsel Anda dalam status Unlocked (tidak terkunci). Restart ponsel ASUS ROG Phone 2 Anda.

Cara Root ASUS ROG Phone II (2) Android Pie 9.0 - Metode TWRP Recovery


- Ceklis lagi bagian aktifkan "Pilihan Pengembang", lalu buka menu "Pilihan Pengembang" dan aktifkan Mode Debugging USB, Buka Kunci OEM, dan Aktifkan "Advanced Reboot". Sebab terkadang fitur-fitur ini akan menonaktifkan diri sendiri setelah HP restart.

Flash TWRP Menggunakan ADB & Fastboot

Cara Root ASUS ROG Phone II (2) Android Pie 9.0 - Metode TWRP Recovery


- Matikan ponsel. Hubungkan ponsel ke laptop atau komputer PC. Kemudian, masuk ke Mode Fastboot. Untuk melakukannya; tekan dan tahan tombol Volume Turun + Power secara bersamaan selama beberapa saat. Hal ini akan mem-boot (restart) ponsel Anda ke Mode Fastboot.

Cara Root ASUS ROG Phone II (2) Android Pie 9.0 - Metode TWRP Recovery


- Kemudian hubungkan ponsel Asus ROG Phone 2 Anda ke komputer melalui kabel USB.

- Buka folder ADB dan Fastboot, lalu buka Fastboot di komputer. Buka Command prompt pada komputer lalu ketik perintah di bawah ini.

fastboot devices

- Mestinya langkah ini akan menampilkan perangkat ponsel yang terhubung ke komputer. Jika Anda tidak mendapatkan tanda-tandanya, silahkan tutup dan buka kembali Command prompt. Putus dan Hubungkan kembali ponsel Anda. Jika sudah terdeteksi, ketik perintah di bawah ini lalu tekan Enter.

fastboot boot recovery.img

Cara Root ASUS ROG Phone II (2) Android Pie 9.0 - Metode TWRP Recovery


- Setelah proses selesai, langkah ini akan mem-boot ke TWRP sementara. Jangan Boot ke tampilan normal terlebih dahulu sampai kita mem-flash Magisk.

Instal Penginstal TWRP, Magisk Dan Decrypt Pada Asus ROG Phone 2 Menggunakan TWRP

Cara Root ASUS ROG Phone II (2) Android Pie 9.0 - Metode TWRP Recovery


- Pilih Wipe > Advance Wipe > Pilih Cache Data.

- Kembali ke menu utama TWRP, lalu pilih Install.

- Pilih file Decrypt.zip yang telah Anda download.

- Setelah itu melakukan instalasi lagi, arahkan ke menu utama TWRP lalu pilih Install.

- Pilih file TWRP Installer.Zip. Dengan cara yang sama, Install juga file Magisk 20.3.zip. Setelah proses instalasi berhasil, silahkan pilih Reboot System untuk me-restart ponsel ASUS ROG Phone 2 Anda.

- Anda juga dapat menginstal aplikasi Magisk Manager sebagaimana proses pemasangan aplikasi seperti biasa. Instal juga Root checker untuk memverifikasi Status Root ASUS ROG Phone 2 Anda.

Apa Lagi Yang Harus Dilakukan?

Menurut saya, sebaiknya Anda tidak perlu melakukan rooti HP Asus ROG Phone 2. Jika Anda berpikir akan dapat Meningkatkan Kinerja Dengan melakukan root - Prosesor Qualcomm SDM855 Snapdragon 855+ Octa-Core dan RAM 8 GB-, ponsel ASUS ROG Anda mampu bekerja dengan baik. Jangan Instal aplikasi apapun di HP selain dari situs tepercaya setelah di-root. Jika Anda menghadapi masalah selama proses root Asus ROG Phone 2 ini, beri komentar di bawah.

Kirim Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spamming.

Untuk dapat dipublikasi, komentar harus ditinjau oleh administrator *

Lebih baru Lebih lama