Panduan Pemula Tentang Unknown Sources Pada Android

Panduan Pemula Tentang Unknown Sources Pada Android

Sumber utama untuk menginstal aplikasi pada perangkat Android adalah Google Play Store. Aplikasi ini adalah salah satu dari beberapa sumber terpercaya untuk menyediakan aplikasi yang aman & resmi.

Pilihan lain untuk menginstal aplikasi adalah melakukan suatu pengecualian. Pengecualian ini memiliki arti memasang aplikasi di luar play store. Untuk melakukannya, kamu harus mengaktifkan opsi sumber yang tidak dikenal (Unknown sources) pada pengaturan keamanan.

Apa Itu Sumber Tidak Dikenal?


Sumber tidak dikenal (Unknown sources) adalah sumber aplikasi yang tidak dipercaya. Jadi, siapakah yang dapat menentukan sumber mana yang dipercaya & mana yang tidak? Jawabannya ya pasti Google.

Namun tidak hanya Google, perusahaan apa pun untuk menggunakan produk mereka atau memanfaatkan layanan mereka dapat memberitahu sumber mana yang aman dan tidak aman.

Misalnya, Google memberitahu kamu bahwa Play Store adalah sumber terpercaya. Samsung memberitahu kamu bahwa Samsung Store adalah sumber terpercaya. Amazon memberi tahu kamu bahwa Amazon App Store adalah sumber terpercaya.

Jadi, mengapa perusahaan yang berbeda itu menyebut sumber mereka terpercaya & berharap kamu menggunakannya? Karena kamu telah membeli dan menggunakan produknya. Setiap perusahaan ingin pengguna mereka memiliki pengalaman aman & resmi; sesederhana itulah kiranya.

Mengapa Ada Pengaturan Sumber Tidak Dikenal?


Sekali lagi, ini sangat sederhana - orang tidak suka diberitahu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Pengaturan sumber tidak dikenal ada hanya untuk memberimu pilihan. Apakah kamu ingin menggunakannya atau tidak, sepenuhnya terserah pada kamu sendiri.

Namun bukan ide baik juga untuk memberi akses aplikasi yang tidak diketahui ke perangkatmu. Kamu tidak pernah tahu mana yang telah disisipi malware yang disamarkan atau tidak.

Itulah sebabnya, meskipun Google menyediakan opsi untuk dapat memasang aplikasi dari sumber yang tidak dikenal (Unknown sources), tapi hal tersebut tidak diaktifkan secara default.

Kamu harus mengaktifkan pengaturan ini terlebih dahulu, dan dengan demikian secara sukarela kamu telah mengizinkan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal ini masuk dan terpasang ke smartphone milikmu.

Perlu baca : Cara Mengatasi Kinerja Smartphone Lawas Agar Tetap Prima

Apakah Sumber Tidak Dikenal Itu Buruk?


Tidak semua sumber tidak dikenal (Unknown sources) buruk. Ada banyak tempat terpercaya untuk mendapatkan aplikasi dan tidak perlu mengaktifkan sumber yang tidak dikenal di tempat pertama. Tapi, jika kamu menyalakannya, pastikan untuk segera mematikannya kembali setelah selesai.

Meskipun kamu menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, sebenarnya kamu masih terlindungi. Bagaimana bisa?

Google memindai setiap aplikasi yang kamu instal pada perangkat Android tidak peduli dari manapun sumbernya. Setiap ponsel yang menjalankan Android 4 atau lebih tinggi yang telah dipasang layanan Google Play memiliki berbagai langkah perlindungan.

Namun juga, tidak setiap langkah perlindungan itu terjamin 100%. Itulah mengapa disarankan agar setelan ini dinonaktifkan jika sudah tidak digunakan lagi.

Panduan Pemula Tentang Unknown Sources Pada Android

Sejak versi Android Oreo, cara kerja sumber tidak dikenal (Unknown sources) diubah untuk seterusnya. Pada versi Oreo ke atas, alih-alih sebagai fitur yang diaktifkan satu kali, sumber tidak dikenal berfungsi sebagai izin.

Artinya, setiap kali menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, kamu akan diminta untuk memberinya izin. Mulai sekarang, aplikasi tidak akan dapat menipumu untuk menginstal aplikasi lain karena harus menentukan ya setiap kali kamu menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

Jadi, itulah informasi terperinci dari Fajrinfo tentang sumber yang tidak dikenal (Unknown sources) pada Android. Sekarang kamu tahu tentang perbedaan aplikasi yang baik & buruk. Pada akhirnya, itu merupakan suatu pilihan, apakah kamu ingin mengaktifkannya atau tidak.

Berlangganan artikel tentang teknologi informasi terbaru via email :

0 Response to "Panduan Pemula Tentang Unknown Sources Pada Android"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel