Apa Saja 37 Fitur Baru Yang Ada Pada Android Pie?

Apa Sajakah 37 Fitur Baru Yang Ada Pada Android Pie?

Android Pie (awalnya hanya dikenal sebagai Android P) adalah versi pengganti Android Oreo. Meskipun rilis beta pertama untuk pengembang telah dirilis pada bulan Maret kemarin, namun Google mengungkapkan banyak fitur baru lainnya selama konferensi Google I/O 2018, dan pada tanggal 6 Agustus, akhirnya nama resminya telah diumumkan.

Tidak seperti versi Android lainnya, Android 9 Pie beta telah tersedia untuk perangkat yang berbeda dari pabrikan berbeda, bahkan perangkat yang bukan bermerek Pixel atau Nexus.

Apa Sajakah 37 Fitur Baru Yang Ada Pada Android Pie?

Hal ini berarti bahwa pengguna yang berbeda sudah dapat mengunduh beta pada banyak perangkat dari produsen seperti Xiaomi, Oppo, Sony, Nokia, Essential, dan bahkan OnePlus.

Ingat, bahwa mengunduh versi beta dapat berbahaya, karena masih terdapat masalah stabilitas dan kinerja. Jadi kami menyarankan kamu untuk tidak menginstal versi beta pada perangkat utama yang biasa digunakan sehari-hari, apalagi pembaruan final akan segera tiba.

Apa Yang Baru Pada Android 9 Pie?


Perubahan Desain Dan Notifikasi Yang Lebih Baik

- Waktu berada di tepi kiri atas dan bukan di kanan lagi - terpisah dari baterai, sinyal, dll. Saat menampilkan pemberitahuan, tanggal menyertai waktu di tepi kiri yang sama.

- Bilah pencarian Google memiliki mikrofon untuk mengaktifkan perintah suara.

Konfigurasi cepat tidak lagi berkembang.

- Panel notifikasi sekarang memiliki ujung melengkung.

- Status ponsel tetap hitam atau lebih gelap ketika kamu membuka panel notifikasi sepenuhnya.

- Respon cerdas (Smart responses) dalam notifikasi memungkinkan kamu untuk memilih beberapa jawaban yang telah ditentukan (sangat mirip dengan Gmail yang menyarankan jawaban berdasarkan konteks pesan).

- Pemberitahuan sekarang dapat menampilkan gambar (pemberitahuan pesan).

- Tanggapan pemberitahuan "sementara" dapat direkam agar dapat merespon langsung dari aplikasi di bagian yang masuk dalam jawaban.

- Animasi baru di berbagai bagian antarmuka.

Apa Sajakah 37 Fitur Baru Yang Ada Pada Android Pie?

- Kontrol volume, nada dering, do not disturb dan tombol untuk menyalakannya

Apa Sajakah 37 Fitur Baru Yang Ada Pada Android Pie?

- Kontrol volume sekarang dimiringkan ke tepi kanan, dimana bar untuk mengontrol suara di perangkat Pixel - mirip dengan menu untuk mematikan ponsel pada Pixel 2 dengan Android Oreo.

- Indikator yang memungkinkan kamu untuk beralih antara getaran dan nada dering tampak miring ke sisi kanan ketika kamu juga menekan tombol untuk mengontrol volume.

- Dari menu volume yang muncul saat kamu menekan salah satu tombol, kamu dapat melihat perangkat bluetooth (sambungkan atau putuskan sambungan).

- Menekan tombol volume terutama mengendalikan volume media secara default, bukan nada dering.

- Dengan menekan dan menahan tombol daya, menu sekarang akan menunjukkan kepadamu opsi untuk mengambil tangkapan layar.

Bilah Navigasi Android

Apa Sajakah 37 Fitur Baru Yang Ada Pada Android Pie?

Tombol pada bilah navigasi akan memperingatkan kamu untuk mengubah orientasi jika rotasi otomatis dinonaktifkan.

Bilah navigasi sekarang dapat diganti dengan isyarat yang diwakili oleh garis sederhana. Saluran ini memungkinkan kamu untuk menggulir ke atas untuk membuka layar baru aplikasi terbaru atau kamu dapat menggeser lagi untuk membuka laci aplikasi.

Selain itu, kamu dapat menekan satu kali untuk pergi ke beranda atau geser untuk menjelajahi berbagai aplikasi terbaru.

Selama tes pertama kami, sulit untuk membiasakan diri. Membuat slide kecil ke atas menunjukkan kepadamu aplikasi-aplikasi terbaru dan jika terus menggeser ke atas kamu akan melihat drawer aplikasi.

Hal tersebut awalnya berasal dari iPhone X yang memiliki gerakan serupa, itu dapat membuatmu sedikit frustrasi.

Bilah navigasi bawah ini juga dapat digunakan untuk menggulir di antara aplikasi terbaru dan berfungsi sebagai korsel untuk berpindah antar aplikasi.

Seperti biasa di Android, pengguna memiliki wewenang dalam mengambil keputusan. Jika kamu tidak ingin menggunakannya, selalu ada opsi untuk kembali ke pengaturan sebelumnya dengan tiga tombol Android klasik.

Fitur baru lainnya

- Kini pemilihan teks menawarkan ketepatan dan zoom yang lebih besar.

- Kamu dapat menulis dalam screenshot dan mengeditnya sebelum berbagi (fitur ini ada pada iOS 11).

- Ikon dalam pengaturan lebih berwarna dan bulat. Setiap ikon memiliki warna baru dan beberapa ikon telah didesain ulang.

- Dalam pengaturan pengembang, sekarang kamu dapat mengizinkan ponsel untuk mengaktifkan bluetooth secara otomatis saat mengemudi.

- Kini keakuratan GPS hanya diaktifkan pada akurasi tinggi atau dinonaktifkan untuk bekerja dalam mode "khusus perangkat".

- Aplikasi tidak akan dapat mengakses GPS di Android 9 Pie kecuali mereka sedang aktif digunakan.

- Aplikasi Android 9 Pie tidak akan dapat menggunakan mikrofon dan kamera kecuali jika sedang digunakan.

- Kamu dapat mengontrol penggunaan WiFi untuk mengurangi konsumsi pada latar belakang (pembaruan dan lainnya) agar tidak menghabiskan data dalam kasus jaringan tertentu.

- Mode do not disturb (jangan ganggu) telah disederhanakan dan tidak dapat diakses saat menggunakan tombol volume.

- Mode do not disturb dapat diaktifkan hanya dengan membalik ponsel.

- Mode hemat baterai dapat diprogram kapan saja saat baterai berada pada 5 hingga 70 persen, bukan hanya 5 dan 15 persen.

- Kompatibilitas asli dengan alis atau notch.

- Pola buka kunci sekarang menghilang saat kamu mengetiknya.

- Menu tile pada modus malam dapat menunjukkan waktu kepadamu jika memprogramnya.

- Tile alarm menunjukkan waktu alarm yang diprogram.

- Kompatibilitas dengan IEEE 802.11mc atau WiFi Round Trip Time (RTT) untuk memungkinkan aplikasi memiliki pemahaman yang lebih baik tentang lokasi di dalam ruangan.

Apa Sajakah 37 Fitur Baru Yang Ada Pada Android Pie?

Dashboard Android adalah papan baru yang menunjukkan waktu kamu dalam menggunakan aplikasi, berapa kali kamu membuka kuncinya, dll. Kamu dapat memilih hingga batas waktu penggunaan dan aplikasi dinonaktifkan.

Apa Sajakah 37 Fitur Baru Yang Ada Pada Android Pie?

Adaptive Brightness : Ini adalah nama baru untuk kecerahan otomatis, tapi sekarang dilengkapi dengan steroid. Fungsi ini akan belajar dari kebiasaanmu dan jumlah kecerahan yang biasa kamu gunakan pada siang atau malam hari; Berdasarkan hal ini, maka akan menempatkan kecerahan berdasarkan selera dan kondisi pencahayaan di sekitar kamu.

App Actions : Pintasan ke berbagai tindakan yang diprediksi oleh Android 9 Pie pada panel samping aplikasi. Saat kamu menampilkan semua aplikasi, Android 9 Pie akan memberi saran tentang aplikasi atau tindakan dalam aplikasi yang kamu lakukan berulang-ulang - seperti mendengarkan daftar putar yang sama, memanggil setengah oranye atau membuka pintu rumahmu.

Apa Sajakah 37 Fitur Baru Yang Ada Pada Android Pie?

Slides adalah API bagi pengembang untuk memperbarui aplikasinya guna menawarkan informasi tentang aplikasi yang dipasang saat kamu menelusuri, seperti Lyft akan menunjukkan arah ke rumahmu atau Google Foto, foto yang terkait dengan hasil penelusuran.

Wind Down memungkinkanmu memberi tahu Google Assistant jam berapa kamu tidur sehingga layar secara otomatis berubah menjadi hitam dan putih dan membantumu tertidur lebih cepat.

Kapan saya dapat memperbarui ponsel saya untuk mendapatkan Android Pie?

Google mulai merilis versi final Android Pie pada 21 Agustus. Kamu dapat mengetahui bahwa kami juga berharap dapat memperbarui perangkat ke Android Pie, serta menunggu tanggal pembaruan segera dirilis.

Berlangganan artikel tentang teknologi informasi terbaru via email :

0 Response to "Apa Saja 37 Fitur Baru Yang Ada Pada Android Pie?"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel