Selamat Datang di Fajrinfo
Blog yang membahas seputar teknologi dan informasi
Terimakasih kunjungan Anda
Sempatkan diri untuk berbalas komentar!

Ponsel Android Terlalu Lama Dalam Pengisian Baterai? Lakukan Cara Ini!

Baterai merupakan salah satu komponen utama pada smartphone atau tablet Android. Sebab dalam pemakaiannya, ponsel Android tidak dapat terpisahkan dengan baterai sebagai sumber daya perangkat tersebut.

Benda yang satu ini harus terus memiliki daya agar smartphone Android tetap menyala dan dapat dipakai sehari-hari.

Disaat daya baterai lemah, maka harus cepat melakukan pengisian daya agar ponsel dapat terus menyala. Namun dalam realita sehari-hari terkadang sebagian pengguna ponsel ingin baterai yang sedang dalam pengisian tersebut segera terisi penuh agar ia dapat bebas menggunakan perangkat Android-nya kembali.

Lalu adakah cara untuk mempercepat pengisian daya pada baterai perangkat Android? Jawabannya adalah “banyak”. Kita dapat melakukan beberapa hal berikut ini agar pengisian baterai dapat berjalan dengan cepat.

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Android


1. Mengaktifkan Mode Pesawat

Kiranya semua orang pasti sepakat, bahwa faktor yang mengakibatkan baterai lebih cepat terkuras salah satunya adalah pemakaian data seluler pada ponsel Android.

Oleh sebab itu, jika ponsel kamu sedang melakukan pengisian baterai, alangkah baiknya untuk mengaktifkan modus terbang. Karena jika modus terbang diaktifkan, maka secara otomatis sambungan data seluler pada ponsel menjadi nonaktif.

Namun kekurangan dengan cara ini adalah bukan hanya koneksi data internet saja yang nonaktif, tapi ponsel juga tidak akan bisa menggunakan fitur telepon dan SMS sampai mode pesawat ini dinonaktifkan kembali.

Baca juga: Ponsel Android Kamu Lelet? Coba Cara Ini Untuk Mengatasinya!

2. Menggunakan Charger Asli

Usahakanlah agar dalam melakukan pengisian baterai Android menggunakan aksesoris charger yang asli bawaan ponsel.

Karena charger asli merupakan satu kesatuan dengan perangkat Android yang sudah melalui proses penyesuaian agar satu sama lain memiliki standar ukuran daya yang serupa.



Janganlah mudah tergiur untuk membeli charger imitasi meskipun dari segi bentuk desain dan warna sangat menarik atau bahkan memiliki harga yang relatif sangat murah.

Dengan menggunakan charger asli proses pengisian baterai pada perangkat Android akan jauh lebih cepat dari pada menggunakan charger bajakan. Sebab charger bajakan belum tentu sesuai dengan perangkat Android kita dalam hal ukuran tegangan daya yang dibutuhkan oleh ponsel.

Maka jangan salahkan ponsel jika pengisian baterai sangat lama, karena penggunanya sendiri tidak menggunakan charger yang asli.

3. Melakukan Pengisian Daya Langsung Pada Sumber Listrik

Pengisian daya pada baterai akan lebih cepat terisi bilamana terhubung langsung pada sumber tegangan listrik, yaitu stop kontak.

Sebenarnya bukanlah larangan bagi kita untuk melakukan pengisian melalui berbagai macam media, seperti laptop, powerbank dan lain sebagainya selama media tersebut dapat memenuhi kebutuhan daya pada baterai Android.

Akan tetapi pengisian melalui media selain sumber tegangan listrik langsung besar kemungkinan akan agak lambat hingga mencapai batas penuh bagi daya baterai Android tersebut.

4. Menggunakan Ponsel Android Yang Memiliki Dukungan Fitur Pengisian Daya Cepat (Fast Charging)

Dewasa ini, telah banyak pabrikan ponsel cerdas Android yang menyematkan fitur pengisian daya cepat pada perangkat buatannya.

Fitur yang satu ini diklaim mampu melakukan pengisian lebih cepat dari biasanya hingga mencapai 80% dalam tempo waktu satu jam.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Sistem Operasi Android

Untuk mengetahui ponsel Android apa saja yang sudah dibekali fitur fast charging ini, kamu bisa mencari informasinya melalui berita online di internet atau tabloid gadget terbaru. Mungkin saja perangkat Android yang kamu miliki termasuk ke dalam kategori ponsel yang memiliki fitur canggih ini.

5. Meletakkan Ponsel Pada Tempat Yang Tidak Menyerap Panas

Selama proses pengisian baterai Android, hindarilah untuk meletakkan ponsel tersebut pada tempat yang panas atau dapat menyerap panas.

Sangat tidak dianjurkan bagi kamu yang melakukan pengisian baterai Android dengan meletakkannya di atas benda yang terbuat dari logam, bantal, kasur atau selimut yang tebal.

Sebaiknya ponsel di taruh di atas dipan atau meja kayu, bisa juga meletakkannya di atas buku yang sangat tebal.

6. Mengkalibrasi Baterai

Pemakaian ponsel Android dalam kurun waktu yang lama akan terjadi penurunan pada performa baterainya.

Penurunan performa tersebut biasanya tidak dapat memberikan akurasi daya yang masuk dan telah digunakan oleh perangkat Android. Hal seperti inilah yang berdampak pada berapa lama durasi pengisian baterai dilakukan hingga penuh.

Sebab bisa saja pengisian baterai yang kita lakukan sebetulnya belumlah mencapai 100% imbas dari penurunan kemampuan akurasi daya pada baterai ponsel tersebut.

Lakukanlah kalibrasi pada baterai ponsel Android yang kamu miliki rutin setiap satu bulan sekali agar baterai memiliki performa yang lebih baik dari sekarang.

7. Mematikan Ponsel Selama Pengisian Baterai

Apabila dengan cara mengaktifkan modus terbang pada ponsel Android mampu mempercepat proses pengisian daya baterai, maka dengan menonaktifkan ponsel atau tablet Android tentu akan memberikan hasil yang lebih baik dari pada itu.

Sebab ketika seseorang menonaktifkan ponsel saat melakukan pengisian daya baterai, diyakini akan meningkatkan kefokusan dalam pengisian daya, sehingga baterai akan jauh lebih cepat terisi dengan penuh.

8. Tidak Menggunakan Ponsel Ketika Pengisian Daya

Mulailai dari sekarang untuk menaruh dan membiarkan ponsel diletakkan pada tempatnya saat melakukan pengisian daya. Jika ingin mempercepat proses pengisian daya tersebut, buanglah kebiasaan memainkan ponsel sambil melakukan pengisian baterai.

Baca juga: Cara Hemat Baterai Yang Satu Ini Malah Bikin Android Menjadi Boros

Sebab dengan kamu menggunakan ponsel yang sedang dalam proses pengisian daya, maka akan memperlambat pengisian untuk mencapai batas daya penuh. Intinya jika kamu ingin cepat daya baterai Android tersebut cepat penuh, maka janganlah memainkannya saat melakukan pengisian baterai.

9. Menggunakan Charger Perangkat Tablet

Terkadang charger bawaan dari sebuah perangkat tablet memiliki kemampuan pengisian daya yang lebih kuat dan besar. Sehingga charger tablet tersebut dapat digunakan untuk melakukan pengisian daya pada perangkat smartphone Android.

Meskipun beberapa ponsel Android mampu menerima pengisian daya melalui charger tablet, namun Fajrinfo sangat tidak merekomendasikan hal tersebut untuk dilakukan setiap hari.

Lakukanlah sewaktu-waktu saja disaat darurat yang menuntut kita untuk mempercepat pengisian daya baterai karena ada keperluan dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa metode yang dapat dilakukan untuk mempercepat pengisian baterai pada perangkat Android. Semoga artikel tentang metode pengisian baterai Android yang Fajrinfo bagikan ini dapat bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa untuk membagikan tips dan trik ini ke teman-temanmu.

Artikel Menarik Lainnya:

Tambahkan Komentar Sembunyikan Komentar

© 2015 - 2018 Fajrinfo - Created Theme by Goomsite - Proudly powered by Blogger