Tuesday, March 15, 2016

Mengenal Lebih Jauh Tentang Sistem Operasi Android

Mengenal Lebih Jauh Tentang Sistem Operasi Android

Hai sobat, apakah kamu tahu apa yang dimaksud sistem operasi Android? Lantas apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata “Android”? Mungkin yang ada dalam pikiranmu ketika mendengarnya langsung terbersit ponsel pintar (smartphone).

Namun sebenarnya belum cukup kiranya untuk mendeskripsikan mengenai apa itu Android jika hanya sekedar smartphone. Oleh karena itu, agar sobat semua tahu dan tidak ketinggalan informasi tentang Android, maka pada kesempatan kali ini FajrInfo akan membahas artikel yang berjudul mengenal lebih jauh tentang sistem operasi Android.

Siapa sih yang tidak mengenal sistem operasi yang memiliki logo berbentuk Robot Hijau disertai dua antena yang terletak pada kepalanya itu? Yups... Logo Robot Hijau tersebut tidak lain adalah merupakan maskot dari sistem operasi Android. Dengan kedua antenanya itu, mengartikan bahwa Android merupakan sistem operasi kelas atas yang dapat disematkan pada berbagai macam perangkat atau gadget, baik itu ponsel pintar, tablet, laptop, jam pintar bahkan hingga mobil pun menggunakan Android.

Nah sekarang FajrInfo akan sedikit membahas lebih dalam mengenai sistem operasi Android ini, maka dari itu simak terus pembahasannya ya sobat.


Baca juga: Inilah 5 Alasan Smartphone Buatan China Harganya Murah

Android adalah sistem operasi berbasis kernel Linux yang pada mulanya dikembangkan oleh perusahaan rintisan bernama Android,Inc. Dalam risetnya, perusahaan startup (rintisan) tersebut memperoleh dukungan secara finansial dari perusahaan raksasa mesin pencarian, yaitu Google. Hingga akhirnya Android pun diakuisisi oleh Google sendiri pada kisaran tahun 2005.

Seiring dengan didirikannya Open Handset Alliance – konsorsium hardware, software dan perusahaan telekomunikasi yang ingin memajukan standarisasi perangkat seluler, maka pada tahun 2007 silam sistem operasi Android mulai resmi diluncurkan secara komersil.

Setelah itu, langkah pertama yang dilakukan oleh Google adalah menggandeng HTC dengan menyematkan sistem operasi Android dalam perangkatnya. Ponsel buatan HTC ini dinamai dengan sebutan HTC Dream. Dengan begitu, ponsel pintar ini menyandang gelar sebagai smartphone pertama yang menjalankan sistem operasi Android yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2008 dan masih terbilang anyar pada masa itu. Oleh sebab itu, salah kiranya apabila selama ini kamu menduga bahwa Samsung-lah yang pertama kali menjalankan sistem operasi Android.

Dengan dimotori Google sebagai owner Android, perkembangan sistem operasi ini sangat menggemparkan dunia teknologi. Hingga akhirnya Android mampu mendepak beberapa sistem operasi andalan para pesaingnya, yaitu seperti iOS, Blackberry OS, Windows Phone dan lainnya. Dan kini, sistem operasi milik perusahaan yang berbasis di California tersebut berada di puncak kejayaannya.

Bahkan sampai artikel ini ditulis, sistem operasi Android semakin berkembang dengan ditengarai bahwa OS Android dapat berjalan pada perangkat smartphone, phablet, tablet, smartTV, hingga dapat disematkan pada perangkat wearable yang sekarang ini sedang booming, yaitu smartwatch. Dan yang lebih menggelengkan kepala lagi, Google menyematkan sistem operasi Android pada mobil otomatis yang dapat dikendalikan dari jarak jauh yang dikenal dengan mobil otonom.

Dalam dunia smartphone, sebenarnya Google tidak selalu memproduksi handsetnya sendiri untuk memasarkan berbagai macam perangkat tersebut walaupun Google pribadi memiliki Motorolla sebagai perusahaan pembuat hendsetnya. Akan tetapi Google bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan pembuat gadget dengan ketentuan bahwa Google sebagai penyedia dukungan sistem operasi andalannya tersebut, yaitu Android.

Berbeda dengan para pesaingnya yang lain, sebut saja Apple dengan perangkat iPhone yang bersistem operasi iOS. sistem operasi iOS tersebut hanya ada pada perangkat iPhone dan produk buatan Apple lainnya, tidak diperkenankan kepada vendor perusahaan ponsel lainnya.

Dengan begitu, bukan tidak mungkin jika Android dapat menguasai pasar gadget saat ini. Karena banyak perusahaan pembuat perangkat cerdas yang di dalamnya mengadopsi sistem operasi Android. Sehingga dengan penyesuaian spesifikasi dan merk yang berbeda-beda sasaran dalam pemasarannya, siapa pun dapat memiliki gadget dengan basis Android ini.

Baca juga: Bagaimanakah Cara Memilih Smartphone Yang Ideal?

Baiklah mungkin itulah gambaran sekilas agar sobat FajrInfo semua memahami tentang Android dan tahu bagaimana jejak perjalanan sistem operasi Android ini hingga mendunia dan menjadi nomor wahid.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa Android selalu memberi label dengan nama makanan penutup pada setiap versinya. Hingga sampai saat ini, Google telah mengembangkan sistem operasinya dengan urutan inisial versi sampai dengan Android M, yaitu sebagai berikut; Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, Marsmallow dan Nougat.

Demikian yang dapat FajrInfo sampaikan dalam artikel yang berjudul mengenal lebih jauh tentang sistem operasi Android ini. Meskipun penjelasan di atas sangat singkat dan kurang rapi dalam penulisan dan penyampaiannya, semoga dapat memberikan penjelasan bagi kamu yang masih belum memahami Android secara utuh dan detail.

Namun bagi kamu yang sudah tahu banyak tentang sistem operasi Android dan artikel yang FajrInfo tulis ini kurang informatif, sampaikanlah pada kolom komentar di bawah sebagai pelengkap informasi dalam artikel ini. FajrInfo sangat senang apabila sobat dapat membagikan pengetahuannya disini.
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
 

Delivered by FeedBurner