Bagaimanakah Cara Memilih Smartphone Yang Ideal?

Sobat FajrInfo, saat kita akan membeli sebuah Smartphone, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan selain dari segi keuangan yang dimiliki agar kita memilih smartphone yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan kita. Hal tersebut perlu dilakukan karena kehadiran smartphone masa kini dapat lebih personal terhadap para penggunanya.

Bagaimanakah Cara Memilih Smartphone Yang Ideal?

Sebagaimana kita ketahui bahwa kebutuhan yang dimiliki setiap orang berbeda-beda. Ada yang memiliki keterbatasan keuangan dan juga dari sisi pilihan fitur yang bermacam bisa saja akan membuat kenyamanan pribadi si pemiliknya. Mungkin kita memerlukan akses email dan berkas dengan aman dan cepat dalam genggaman agar bisa dioperasikan dimana pun dan kapan pun. Atau bagi kamu kalangan muda yang lebih sering menghabiskan waktu di depan layar media sosial dengan berbagai macam aplikasi yang tersedia.

Akan tetapi dari beberapa hal tersebut ada fitur penting yang harus dilihat pada smartphone Android sebagai bahan perbandingan sebelum kita memutuskan untuk membelinya. Berikut ini adalah beberapa fitur penting yang mesti kita pertimbangkan dalam memilih smartphone, sehingga yang akan kita beli merupakan smartphone Android yang ideal.

Layar

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini layar yang bagus untuk sebuah smartphone adalah yang memiliki resolusi tinggi, mungkin kisaran dari ukuran 1920×1080 sampai 2650×1440, sehingga saat kita menatap layar ponsel di tempat manapun tidak akan banyak hambatan mengenai tampilan buram atau kurang jelas.

Layar ponsel dengan resolusi tinggi juga sangat diperlukan bagi kamu yang biasa menggunakan VR, karena tampilan warna dengan akurasi tinggi ketika melihatnya dari berbagai sudut pandang, serta perbandingan kontras kecerahan maksimum akan menjadikannya mudah untuk dilihat walaupun terpapar sinar matahari.

Dulu ponsel yang memiliki kualitas layar dengan resolusi tinggi ini hanya dapat ditemui pada ponsel-ponsel kelas tinggi saja. Namun saat ini banyak sekali pabrikan ponsel pintar yang menyematkan layar beresolusi tinggi pada ponsel buatannya dengan banderol harga yang terjangkau.

Kamera

Banyak sekali perusahaan smartphone yang membekali produknya dengan spesifikasi kamera yang beresolusi tinggi. Sejauh ini kebanyakan dari mereka yang memfokuskan kamera ponsel pintar buatannya itu pada sensor, chip untuk memproses gambar, juga perangkat lunak yang digunakan untuk kamera. Kelihatannya beberapa fokus fitur tersebut memiliki pengaruh besar terhadap pengalaman pengguna ketika melakukan pengambilan gambar atau video.

Nah, tentunya kita ingin memiliki smartphone dengan fitur kamera yang dapat mengambil gambar dengan cepat, yaitu fokus secara otomatis dan langsung bekerja saat tombol ditekan tanpa adanya delay terlebih dahulu.

Maklum saja, kebutuhan kamera smartphone yang bagus saat ini sangat diminati oleh para pengguna. Seperti halnya kamera ponsel yang dapat menghasilkan gambar ciamik dengan warna dan akurasi tinggi serta memiliki minim noise pada tempat yang berbeda. Oleh sebab itu, perhatikanlah secara terperinci mengenai kualitas kamera ini saat kita hendak membeli smartphone Android.

Prosesor dan Memori

Smartphone Android saat ini sudah sangat modern dilihat dari segi prosesor. Hal tersebut sudah pasti sangat dibutuhkan agar performa smartphone bekerja lebih cepat ketika digunakan untuk beraktivitas, seperti penjelajahan situs internet atau berinteraksi pada media sosial.

Akan tetapi, bukan berarti kita membutuhkan prosesor smartphone yang memiliki kualitas super tinggi dan jumlah RAM yang besar kecuali jika smartphone yang akan kita beli tersebut diperuntukkan dalam penggunaan kinerja yang super berat seperti permainan tiga dimensi, Video Reality atau untuk mengedit video. Smartphone standar setidaknya memiliki RAM 1 GB ke atas dan prosesor yang cukup mumpuni dan berkualitas.

Baterai

Baterai pada smartphone Android seolah menjadi isu yang selalu melekat bagi penggunanya. Mengingat baterai smartphone Android terlalu cepat habis jika selalu digunakan beraktivitas seharian. Oleh sebab itu, fitur baterai yang handal selalu menjadi sorotan oleh sebagian orang agar mendapatkan smartphone Android dengan pilihan yang ideal.

Smartphone dengan layar super besar dan terang juga prosesor yang mumpuni tidak jarang akan dapat menguras daya baterai lebih cepat dari biasanya. Jadi, smartphone yang memiliki ukuran lebih kecil dan harga standar dengan dibekali kapasitas baterai 2.500 mAh diperkirakan akan dapat bertahan lebih panjang daya baterainya dari pada smartphone kualitas tinggi dengan kapasitas di atas itu. Walaupun begitu, prinsipnya adalah makin besar kapasitas daya yang dapat ditampung (dalam satuan mAh), maka akan lebih baik smartphone tersebut beroperasi.

Ukuran dan Berat

Sebagaimana kita bahas pada paragraf awal, bahwa kebutuhan setiap orang pada smartphone Android sangatlah beragam. Ada sebagian orang yang menginginkan smartphone dengan ukuran besar, dan ada pula sebagian orang yang merasa cukup dengan ukuran smartphone yang kecil. Sebagian orang menyukai smartphone yang ringan agar mudah dimasukkan dalam saku, sementara sebagian orang lainnya menyukai smartphone yang tidak ringan juga tidak berat. Hal tersebut hanyalah perbedaan kebutuhan pribadi seseorang saja.

Jadi, jangan sampai ada anggapan bahwa kita tidak cocok menggunakan smartphone besar karena tangan kita kecil. Statement tersebut jelas tidak ada hubungannya antara ukuran tangan yang kecil dengan ukuran smartphone yang besar pilihan kita. Oleh sebab itu, pilihlah smartphone dengan ukuran dan berat yang ideal untuk menunjang keperluan dalam memobilisasi aktivitas kita sehari-hari.

Software dan Bloatware

Smartphone Android terbaru saat ini biasanya sudah dibekali dengan bermacam aplikasi yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Maka dari itu, saat membeli smartphone baru, hapus atau nonaktifkanlah aplikasi yang tidak diperlukan dan katakan pada pelayan toko untuk tidak memasang aplikasi yang tidak kita butuhkan.

Kebanyakan para produsen smartphone mengubah tampilan dan ikon Android dengan ciri khas sendiri yang beragam dan biasanya mereka menambahkan fitur dan aplikasi buatan sendiri. Kadang kala aplikasi yang dibenamkan tersebut berguna untuk kita dan terkadang juga tidak berguna sama sekali. Aplikasi yang sudah tertanam dalam smartphone adalah disebut bloatware dan tidak bisa dihapus hanya bisa dinonaktifkan saja.

Makin banyak aplikasi bloatware ini terpasang pada ponsel kita, maka akan semakin membuat ponsel lambat dalam kinerjanya. Setidaknya jika tidak demikian, maka aplikasi bloatware ini akan mengurangi kapasitas memori ponsel, apalagi jika sudah digunakan dan diupdate dengan pembaruan versi, tentu akan lebih memakan banyak ruang pengimpanan.

Dan apabila kita membeli smartphone Android yang dibundling dengan operator tertentu, biasanya operator tersebut memasukkan aplikasi produk mereka yang belum tentu kita butuhkan. Oleh sebab itu, ada baiknya sebelum kita membeli suatu produk smartphone harus mencari banyak informasi mengenai spesifikasi dan kendala yang biasa terjadi pada perangkat tersebut agar tidak kecewa setelah membelinya.

Nah demikianlah pembahasan yang dapat FajrInfo sampaikan dalam artikel yang berjudul bagaimanakah cara memilih smartphone yang ideal ini. Semoga sobat FajrInfo semua dapat membeli smartphone Android yang benar-benar ideal, cocok sesuai dengan kebutuhan sobat untuk menunjang kegiatan kita sehari-hari dalam beraktivitas. Apabila ada yang perlu ditanyakan atau sobat mau menambahkan mengenai cara memilih smartphone Android yang ideal, silahkan sampaikan pada kolom komentar di bawah.
Advertisement
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner