Friday, October 13, 2017

Aplikasi Yang Membuat Mata Tidak Cepat Lelah Saat Menatap Layar

Aplikasi Yang Membuat Mata Tidak Cepat Lelah Saat Menatap Layar

Hai sobat Fajrinfo, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan judul artikel aplikasi yang membuat mata tidak cepat lelah menatap layar smartphone pada postingan kali ini? Untuk lebih jelasnya, silahkan sobat lanjutkan membaca artikel ini hingga akhir. Hehehh

Maksud dari judul artikel aplikasi yang membuat mata tidak cepat lelah menatap layar smartphone ini adalah tentang aplikasi yang dapat berfungsi untuk menjadikan tampilan layar smartphone menjadi lebih hangat serta tidak menyilaukan mata dan mengurangi paparan sinar Blue Light.

Beberapa aplikasi yang akan Fajrinfo bahas ini secara umum memiliki kinerja yang sama, yaitu mendeteksi lokasi waktu dimana kita berada, kemudian mengubah temperatur tampilan layar setelah terbenamnya matahari.

Setelah pagi hari tiba, matahari kembali terbit dan bersinar, maka kontras cahaya layar pada smartphone otomatis akan beralih kembali ke tampilan cahaya normal. Demikian seterusnya siklus aplikasi ini bekerja.

Tujuannya adalah agar mata tidak cepat lelah selama menatap layar smartphone di saat hari mulai gelap hingga sepanjang malam. Karena pada malam hari, sinar yang dihasilkan smartphone (disebut Blue Light) akan memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita.

Lalu aplikasi apa sajakah yang dapat membuat mata kita tidak cepat lelah ketika menatap layar smartphone?

Berikut ini adalah lima aplikasi yang dapat membuat mata tidak cepat lelah berlama-lama menatap layar smartphone.

1. Nigt Shift (Bluelight)

Aplikasi yang satu ini termasuk kategori aplikasi penyaring sinar Blue Light paling sederhana namun mudah digunakan. Ada tiga keunggulan yang ditawarkan dari padanya, yaitu penyaringan, penjadwalan dan penyesuaian suasana warna.

Pada aplikasi ini, terdapat slider yang dapat kita sesuaikan suasana warnanya antara cukup hangat serta lebih hangat.

2. Night Shift: Blue Light Filter

Night Shift: Blue Light Filter merupakan aplikasi penyaring sinar layar smartphone yang sederhana. Fungsinya ialah untuk mengatur jumlah sinar Blue Light yang dipaparkan oleh layar smartphone.

Meskipun tergolong aplikasi sederhana, namun aplikasi simpel ini sangat bermanfaat. Pasalnya, dengan menggunakan Night Shift: Blue Light Filter sobat bisa mengatur intensitas penyaringan pada siang atau malam hari secara terpisah. Serta fungsi penyaringan sinar layar dapat dengan mudah diaktifkan dan dimatikan cukup dengan sekali ketukan saja pada bilah notifikasi (pemberitahuan). Dan satu lagi, aplikasi ini gratis tanpa disertai iklan.

3. Eye Filter (Blue light filter)

Aplikasi Eye Filter diklaim dapat meminimalisir ketegangan mata karena melakukukan penerapan warna yang overlay tembus pandang pada semua bagian layar smartphone.

Dengan aplikasi ini, kita dapat mengurangi kontras sinar Blue Light secara menyeluruh. Eye Filter memiliki empat fitur sederhana, yaitu on atau off filter eye, pengaturan opacity antara 0 – 100%, pemilihan warna untuk penyaringan (Hitam, Abu-abu serta Coklat), dan pengaturan waktu penjadwalan.

4. Night Owl – Screen Dimmer

Night Owl adalah aplikasi yang dapat memungkinkan kita untuk melakukan pengaturan nilai kontras pada layar agar lebih rendah dari setelan bawaan smartphone.

Apabila smartphone yang sobat miliki menggunakan jenis layar AMOLED, pasti akan diuntungkan karena akan menyebabkan penggunaan daya baterai lebih rendah dan hemat energi.

5. Twilight

Twilight merupakan salah satu aplikasi penyaring sinar layar paling populer. Keunggulan aplikasi ini adalah adanya penyesuaian tampilan layar smartphone yang diadaptasikan pada waktu.

Ketika malam hari tiba, aplikasi ini akan meminimalisir sinar Blue Light dari layar smartphone sebagaimana waktu yang telah disesuaikan jadwalnya oleh pengguna.
Itulah beberapa aplikasi yang dapat membuat mata tidak cepat lelah menatap layar smartphone. Sebenarnya masih banyak aplikasi sejenis dengan fitur beragam yang tersedia pada Playstore dan App Store.

Namun pada pembahasan aplikasi yang membuat mata tidak cepat lelah menatap layar smartphone ini hanya lima aplikasi yang menjadi rekomendasi Fajrinfo untuk memfilter sinar biru Blue Light.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner