Ponsel Android Kamu Lelet? Coba Cara Ini Untuk Mengatasinya!

Apakah kamu termasuk pengguna smartphone Android sobat? Kali ini FajrInfo akan memberikan tips dan trik untuk mengatasi ponsel Android yang mulai lelet. Mungkin artikel ini dapat berguna untuk ponsel Android kesayangan kamu yang mulai menurun kinerjanya.

Ponsel Android Kamu Lelet? Coba Cara Ini Untuk Mengatasinya!

Sekarang ini, hampir setiap orang mempunyai ponsel dengan sistem operasi Android. Pastinya dengan berbagai macam merek dan fitur yang yang berbeda-beda. Namun dari pada itu, kebanyakan pengguna ponsel cerdas ini juga sudah banyak yang mengetahui bahwa dengan segenap kelebihan dan kecanggihan yang dimiliki ponsel Android, di dalamnya terdapat pula kekurangan yang sering kali menjadi kendala dalam penggunaannya.

Kendala yang sering kali ditemui pada ponsel berbasis Android adalah kinerja ponsel makin menurun, alias lemot dan lelet. Performa yang dirasa setelah menginjak tahun pertama dan selanjutnya, ponsel Android makin menunjukkan penurunan kinerja. Apalagi perangkat tersebut memiliki spesifikasi yang rendah. Sudah mah sejak awal beli juga serba keterbatasan karena spesifikasi, ditambah lagi dengan performa yang semakin menurun. Lengkaplah sudah kiranya penderitaan yang dialami oleh ponsel Android tersebut. (Agak lebay dikit)

Permasalahan penurunan kinerja ponsel Android yang semakin lelet, biasanya disebabkan oleh berbagai macam faktor. Seperti halnya penggunaan berlebihan yang dilakukan pengguna saat melakukan permainan, berselancar di dunia internet, pemasangan aplikasi yang berjubel, serta penyimpanan berkas atau file yang tidak mempertimbangkan kapasitas memori yang dimiliki.

Semua itu sangat sering terjadi hingga menyebabkan performa ponsel Android menjadi lebih cepat menurun. Namun, bagi kamu yang ponsel Androidnya mengalami hal seperti itu, jangan berkecil hati dulu ya sobat. Karena berikut ini FajrInfo akan membagikan beberapa hal yang dapat dilakukan agar ponsel Android yang kamu miliki dapat meningkat dalam hal kinerja dan performanya. Sehingga ponsel Android kamu tidak terlalu lelet lagi dan semakin cepat saat digunakan.

1. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan

Aplikasi merupakan faktor yang sangat berpengaruh pada ponsel Android. Secara bawaan saja, ponsel Android biasanya telah banyak dibubuhi seabrek aplikasi, baik aplikasi dari vendor ponsel maupun aplikasi bawaan Android buatan Google. Namun, walaupun banyak aplikasi yang telah tersemat pada ponsel, tidak semua aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang kita butuhkan atau sering kita gunakan.

Belum lagi aplikasi yang secara sengaja kita pasang pada ponsel karena melihat pada ponsel orang lain terdapat aplikasi tersebut. Padahal kita sendiri sangat jarang menggunakannya, atau bahkan tidak pernah menggunakannya karena tidak tahu cara memakainya.

Dalam beberapa waktu, kita masih menyadari mengenai adanya aplikasi-aplikasi tersebut, akan tetapi lambat laun tidak terasa aplikasi semacam itu akan semakin bertambah banyak akibat tidak kita pedulikan karena tidak cepat dibuang. Akhirnya kinerja ponsel Android akan terhambat oleh sebab aplikasi yang tidak terpakai tersebut. Karena aplikasi-aplikasi itu tetap membutuhkan sumber daya baterai juga kinerja CPU, apalagi jika aplikasi itu berjalan di latar belakang, maka akan semakin lambat saja kinerja ponsel Android karena beban memori RAM digunakan secara sia-sia.

Untuk itu, hapus saja aplikasi yang tidak digunakan pada ponsel Android kamu tersebut dengan cara menghapusnya pada menu pengaturan dan carilah pilihan manager aplikasi atau yang semacam itu. Lalu cari aplikasi yang tidak berguna, lalu hapus pemasangan. Apabila kamu menemukan aplikasi yang tidak dapat digunakan, seperti halnya aplikasi bawaan ponsel, maka cukup pilih bagian nonaktifkan saja untuk mematikan layanannya.

2. Membersihkan Berkas Sampah Pada Tempat Penyimpanan

Seringkali kita lupa bahwa pada ponsel Android yang kita miliki terdapat file yang mempunyai salinan lebih dari satu dalam beberapa folder, pengambilan gambar secara sekaligus banyak saat menggunakan fitur kamera agar dapat banyak pilihan gambar yang diperoleh, serta jejak-jejak kita setelah mengakses internet pada browser yang akan meninggalkan banyak file sementara pada memori ponsel.

Kebiasaan tersebut merupakan suatu keteledoran yang akan mengakibatkan ponsel Android bekerja lebih keras saat digunakan. Sebab jangan salah, meskipun hal tersebut seperti hal yang sangat sepele, namun dampaknya akan membuat memori penyimpanan ponsel bertambah penuh dan tidak tertata dengan baik. Setelah itu, kinerja ponsel akan berkurang untuk merespon perintah yang kita berikan ketika menggunakannya.

Oleh sebab itu, hapuslah berkas-berkas sampah tersebut dengan cara memilih gambar yang paling baik dan menghapus yang kiranya tidak diperlukan. Kemudian, kamu dapat menggunakan aplikasi pembersih untuk menghapus berkas sampah sisa dari pemasangan aplikasi dan jejak browser setelah mengakses jaringan internet. Aplikasi pembersih tersebut sangat banyak, kamu dapat mencarinya di Playstore ada ponsel Android kamu. Cari saja yang memiliki banyak pengunduh dan rating serta komentar feedbacknya bagus dari para pengguna aplikasi tersebut.

3. Membersihkan Data Chace

Data chace adalah fitur penyimpanan data permintaan dari perintah pengguna ponsel. Data yang dihasilkan bisa saja berupa hasil dari perhitungan waktu sebelumnya atau bahkan duplikat data yang tersimpan secara otomatis dan sistematis di penyimpanan lain.

Sebenarnya data cache ada untuk sesuatu yang berguna pada ponsel. Tujuannya adalah untuk penyimpanan lokal sistem mengenai thumbnail posting pada aplikasi Android yang memungkinkan kita agar tidak perlu mengunduh kembali saat kita menggunakan aplikasi tersebut.

Akan tetapi, khusus pada aplikasi yang jarang dipakai, data chace tidak hanya mengkonsumsi ruang memori, tapi selalu tertinggal dan dibutuhkan usaha untuk membangun kembali setiap saatnya. Terkadang, data cache juga dapat mengakibatkan celah pada ponsel. Kamu bisa menghapus data cache pada suatu aplikasi tersendiri pada bagian halaman info aplikasi.

Caranya adalah buka pengaturan pada ponsel Android, lalu masuk ke halaman penyimpanan perangkat. Lalu skrol ke bawah hingga kamu menemukan entri data chace, kemudian tekan di atasnya. Setelah itu akan muncul tampilan pop-up pemberitahuan bahwa kamu dapat melakukan pembersihan semua data cache. Untuk lebih simpelnya, kamu juga bisa memakai aplikasi pembersih andalan kamu untuk melakukan penghapusan data chace ini.

4. Memori Eksternal MicroSD Bermasalah

Memori eksternal jenis MicroSD atau SD Card merupakan komponen yang sangat berguna bagi para pengguna ponsel pintar Android, apalagi jika memori internal bawaan ponsel memiliki kapasitas yang rendah. Namun peran MicroSD akan hilang jika kapasitas yang dimiliki MicroSD tersebut melebihi kemampuan yang dapat diproses oleh ponsel Android. Atau bahkan MicroSD yang terpasang pada ponsel tersebut merupakan komponen yang sudah bermasalah tadinya.

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa media penyimpanan MicroSD ini bisa bermasalah kapan saja dan dampak yang diakibatkan oleh kerusakan memori penyimpanan ini akan menyebabkan kinerja ponsel menjadi lambat. Sebaiknya saat kita membeli MicroSD, lebih baik diformat terlebih dahulu sebelum dipasang pada ponsel Android. Atau disaat MicroSD yang kamu miliki bermasalah, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan memformatnya terlebih dahulu. Dengan catatan, semua file yang ada dalam MicroSD tersebut sudah diamankan alis dibackup di tempat penyimpanan lain. Karena jika tidak demikian, maka file tersebut akan hilang dan terhapus selamanya.

5. Lakukan Format Sistem (Factory Reset)

Apabila semua langkah di atas telah kamu coba lakukan, namun ponsel Android miliki kamu masih tetap berjalan lambat. Maka langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus sistem ponsel, yaitu factory reset.

Namun ingat, dengan kamu melakukan reset sistem akan menyebabkan semua file dan aplikasi yang ada di dalam ponsel akan terhapus secara permanen dan ponsel akan kembali ke pengaturan awal dari pabrikan. Untuk update sistem firmware sepertinya tidak akan terhapus, tapi pesan dan kontak akan hilang semua ketika melakukan reset sistem. Untuk cara reset sistem, pada setiap ponsel Android berbeda-beda caranya. Kamu bisa mencarinya di Google Pencarian dengan disertai merek dan tipe ponsel yang kamu miliki pada keyword pencariannya.

Demikianlah tutorial sederhana tentang cara mengatasi kinerja ponsel Android yang lambat dan lelet ini FajrInfo berikan untuk sobat yang sedang mengalami masalah tersebut pada ponsel Android yang dimiliki. Nah, jika ada di antara sobat yang pernah mengalami hal tersebut dan cara penyelesaiannya berbeda dengan yang dijabarkan di atas, kiranya mau untuk membagikannya pada kolom komentar di bawah. Terimakasaih, semoga bermanfaat.
Advertisement
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner