Wednesday, February 17, 2016

Android, Teknologi Google Yang Menggemparkan Jagat

Android, Teknologi Google Yang Menggemparkan Jagat

Apakah kamu termasuk pengguna ponsel pintar atau smartphone? Kalo boleh ditebak, ponsel pintar kamu itu memiliki sistem operasi Android, benarkah begitu sobat? Benar atau pun tidak tebakan FajrInfo itu, tahukah kamu mengapa produk-produk gadget sekarang ini banyak yang menggunakan sistem operasi Android?

Nah pada artikel kali ini, FajrInfo akan membagikan informasi tentang Android, teknologi Google yang menggemparkan jagat teknologi.

Masih ingat kan sobat dengan jajaran ponsel produk Nokia yang selalu merajai industri ponsel dunia sampai tahun 2000an? Kala itu ponsel Nokia adalah telepon seluler idaman setiap orang.

Dengan mengusung sistem operasi Java pada feature phone dan sistem operasi Symbian pada perangkat smartphonenya, perusahaan asal Finlandia tersebut mampu menumbangkan para pesaingnya di industri telepon seluler dan menjadi raja pada masa tersebut.

Namun kini dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, yang terjadi pada perusahaan tersebut justru sebaliknya. Sungguh sangat disayangkan sekali pada lini industri ponsel, bisa dibilang merk Nokia kini hanya tinggal nama.

Baca juga: Inilah 5 Alasan Smartphone Buatan China Harganya Murah

Banyak para pakar memberikan argumennya bahwa hal tersebut disinyalir penyebab utamanya adalah dikarenakan Nokia terlalu PeDe dengan sistem operasi Symbian yang dibesutanya dan tidak mau mengadopsi sistem operasi Android yang kala itu telah mulai banyak digunakan oleh merk ponsel lain.

Alih-alih ingin mengalahkan dominasi Android dengan tetap mempertahankan dan terus mengembangkan sistem operasi Symbian, Nokia merasa mulai tergeser. Oleh sebab itu, ia memilih untuk mengusung sistem operasi selain Symbian untuk disematkan pada ponsel pintarnya.

Bukannya memilih sistem operasi Android, Nokia malah melirik sistem operasi lain buatan MIcrosoft yaitu yang bernama Windows Phone. Nokia membenamkan sistem operasi Windows Phone di deretan perangkat ponsel pintarnya dengan nama brand mereka Lumia. Akhirnya atas keputusan Nokia tersebut yang keukeuh tidak ingin menyematkan Android pada perangkatnya, bukan untung yang datang, akan tapi buntung yang menghampiri raja ponsel tersebut.

Mengapa FajrInfo mengatakan hal demikian? Karena pada akhirnya Nokia mengalami kerugian demi kerugian pada bisnis ponselnya itu. Banyak media cetak juga online mengabarkan berita bahwa ribuan karyawan Nokia dirumahkan akibat perusahaan mengalami penurunan pendapatan.

Wajar kiranya peristiwa tersebut terjadi. Mengingat para pengguna gadget tidak banyak yang tertarik pada sistem operasi Windows Phone buatan Microsoft. Sekali pun Nokia pernah menyematkan sistem operasi Android pada brand ponsel pintar Nokia X, entah untuk mencoba mencari peruntungan lain atau mengobati rasa kecewanya atas hasil penjualan Windows Phone, akhirnya hal tersebut tetap tidak dapat menutupi kerugian yang sedang merundung keuangan perusahaannya.

Hingga akhirnya Merk yang sampai disebut ponsel sejuta umat tersebut kini mulai hilang kendali dan lenyap dari peredaran pasar ponsel dunia bergantikan dengan merk Microsoft yang melanjutkan brand Lumia karena kabarnya saham divisi ponsel milik Nokia telah diakuisisi oleh perusahaan pemilik sistem operasi Windows Phone tersebut yaitu Microsoft.

Sebenarnya bukan hanya Nokia yang mendapat imbas dengan dominasi Android. Pada belahan negara lain, terdapat perusahaan yang mengalami hal serupa dengan Nokia, ialah Blackberry. Blackberry juga mengalami kerugian yang sangat besar seperti Nokia. Banyak yang mengatakan penyebab menurunnya pendapatan yang diperoleh perusahaan tersebut disebabkan oleh terlambatnya Blackberry dalam mengupdate sistem operasinya yang cukup “usang” dan dianggap ketinggalan jaman dibanding para rivalnya.

Pada waktu sekarang ini, dimana gadget menjadi sebuah kebutuhan mendasar manusia yang selalu menemani setiap aktivitas kapan pun, dimana pun dan dalam kondisi apa pun, akhirnya Android berada pada puncak kejayaannya sekitar tahun 2010an. Terbukti dari banyaknya perangkat gadget dengan berbagai macam merk dan model, mulai dari yang memiliki harga ekonomis hingga yang memiliki harga fantastis sekali pun, Android - sistem operasi besutan Google ini tersemat pada ponsel-ponsel tersebut.

Kini persaingan industri ponsel pintar memang sangat ketat. Android menduduki peringkat teratas dan belum ada yang dapat menandingi sebagai sistem operasi yang banyak digunakan pecinta gadget di dunia.

Walaupun sistem operasi iOS milik Apple yaitu iPhone selalu menguntit berada di belakangnya, Android tetap nomor satu di hati para pengguna ponsel pintar dunia.


Baca juga: Tips Agar Terhindar Dari Bahaya Pancaran Sinar Blue Light

Demikian sekilas tentang perjalanan industri ponsel pintar dari masa ke masa yang dirangkum dalam artikel yang berjudul Android, teknologi Google yang menggemparkan jagat teknologi ini.

Pembahasan di atas merupakan ulasan murni yang diperoleh dari pemikiran FajrInfo berdasarkan fakta-fakta yang diambil dari berbagai macam sumber dan dituangkan dalam bentuk tulisan. Oleh sebab itu, apabila terdapat kekurangan atau terlalu berlebihan dalam penyampain, FajrInfo mohon maaf dan minta koreksinya dari sahabat semua.

Untuk penjelasan mengenai  apa itu sistem operasi Android, dan bagaimana hingga sistem operasi besutan Google tersebut memperoleh kesuksesannya, insyaa Allah akan FajrInfo sampaikan pada kesempatan berikutnya yaitu pada artikel yang berjudul mengenal lebih jauh tentang sistem operasi Android. Terimakasih, semoga bermanfaat.
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
 

Delivered by FeedBurner