Tuesday, October 10, 2017

Tips Agar Terhindar Dari Bahaya Pancaran Sinar Blue Light

Tips Agar Terhindar Dari Bahaya Pancaran Sinar Blue Light

Hai sobat Fajrinfo, pada artikel kemarin kita sudah membahas Pengaruh Blue Light Pada Perangkat Digital Bagi Kesehatan. Pada kesempatan kali ini Fajrinfo akan membagikan Tips Agar Terhindar Dari Bahaya Pancaran Sinar Blue Light dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi sobat yang belum membaca postingan yang lalu, pada artikel itu disebutkan bahwa Sinar Biru atau disebut juga Blue Light dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh, dan dampak negatif yang timbul dari Blue Light lebih beresiko tinggi pada malam hari. Sinar biru yang dipaparkan oleh layar digital pada malam hari jauh lebih berbahaya dari pada siang hari.

Oleh sebab itu, sebagai pengguna teknologi yang cerdas kita harus dapat menghindari paparan sinar Blue Light dari perangkat komputer, laptop atau smartphone yang ada di sekitar kita. Minimal, setelah tahu dampak negatif yang disebabkan oleh sinar Blue Light, sebisa mungkin untuk mengurangi berhadapan langsung dengan layar monitor perangkat digital.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Sistem Operasi Android

Lalu, bagaimanakah cara agar dapat terhindar dari bahaya sinar Blue Light? Nah, berikut ini adalah cara efektif untuk menghindar dari bahaya sinar Blue Light.

1. Menggunakan Software Filter Sinar Blue Light pada komputer PC atau Laptop

Ada banyak program software yang dipasang pada perangkat lalu secara otomatis akan aktif dan menyaring sinar Blue Light yang terpancar dari layar monitor. Efek yang dihasilkan oleh program jenis ini adalah mengkonversi warna normal menjadi lebih hangat tidak menyilaukan mata. Salah satu program software yang berguna untuk menyaring sinar Blue Light pada monitor adalah Flux.

Apabila kamu ingin mencoba program untuk memfilter sinar monitor komputer atau laptop tersebut, silahkan d0wnl04d program Flux dengan mencarinya di Google.

Setelah diinstal pada komputer atau laptop, program Flux ini mampu untuk mendeteksi posisi kamu berada. Dengan landasan lokasi keberadaan kamu, program tersebut akan membuat perkiraan zona waktu lokasi kamu. Lalu secara otomatis akan mengubah kecerahan layar monitor menjadi lebih hangat dan memfilter sinar Blue Light berdasarkan hitungan waktu matahari tenggelam yang mengawali malam hari.

Program Flux ini sangat simpel kan sobat? Selain untuk perangkat komputer Windows, program Flux juga tersedia untuk sistem operasi Linux dan MacOS.

2. Memasang Aplikasi Khusus Pada Smartphone

Ada beberapa aplikasi yang berfungsi untuk mengurangi pancaran sinar Blue Light pada smartphone yang memiliki sistem operasi Android dan iOS. Aplikasi-aplikasi tersebut tersedia pada penyedia layanan toko aplikasi masing-masing, yaitu Playstore untuk Android dan App Store untuk iOS Apple.

Aplikasi khusus untuk Blue Light ini mampu mengubah tampilan layar menjadi lebih hangat dan secara otomatis dapat memfilter pancaran sinar Blue Light agar kontak antara mata dan sinar tersebut dapat diminimalisir. Sehingga dengan menggunakan aplikasi khusus Blue Light akan menyebabkan ponsel cerdas yang sobat miliki menjadi lebih sehat jika dipakai pada malam hari.

Apa sajakah aplikasi-aplikasi yang dapat berfungsi untuk mengurangi pancaran sinar Blue Light tersebut?

Aplikasi-aplikasi yang dapat mengurangi paparan sinar Blue Light yang dimaksud ada pada pembahasan Fajrinfo mengenai Aplikasi Yang Membuat Mata Tidak Cepat Lelah Menatap Layar.

3. Tips Alternatif Lainnya

Demi kesehatan tubuh kita agar tetap terjaga, maka disarankan kepada sobat untuk tidak menggunakan layar smartphone atau monitor komputer laptop dengan kontras cahaya terlalu tinggi, khususnya beberapa menit sebelum tidur.

Baca juga: USB Type C, Standar Koneksi Masa Kini Yang Lebih Mumpuni

Apabila terdapat tugas sekolah atau kuliah maupun tugas kantor yang tidak dapat ditunda untuk mengerjakannya pada malam hari, sobat Fajrinfo bisa menggunakan kacamata khusus yang memiliki kemampuan untuk menyaring sinar Blue Light ketika melakukan pekerjaan tersebut. Karena perlu diingat, bahwa kesehatan lebih berharga dari pada pekerjaan kita.

Demikianlah beberapa Tips Agar Terhindar Dari Bahaya Pancaran Sinar Blue Light ini Fajrinfo sampaikan. Meskipun tips yang Fajrinfo bagikan ini tidak banyak, namun jika kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari pasti akan memiliki banyak nilai manfaat yang akan kita dapatkan bagi kesehatan.

Setelah mengetahui Tips Agar Terhindar Dari Bahaya Pancaran Sinar Blue Light yang Fajrinfo bagikan di atas, apakah sobat ingin memberikan tambahan tips agar terhindar dari sinar Blue Light?
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
 

Langganan Berita Teknologi Informasi Terkini Gratis