Selamat Datang di Fajrinfo
Blog yang membahas seputar teknologi dan informasi
Terimakasih kunjungan Anda
Sempatkan diri untuk berbalas komentar!

Cara Mengatasi Download Tertunda Di Google Playstore

Sebagai penyedia layanan resmi untuk toko aplikasi, Google Playstore merupakan tempat yang paling terpercaya dalam menyediakan bermacam aplikasi untuk perangkat berbasis Android.

Meski selain dari pada itu banyak penyedia layanan serupa yang dibuat oleh pengembang lain, namun Google Playstore tetap menjadi aplikasi yang paling digandrungi oleh para pengguna Android.

Mengingat Google Playstore sangat mengutamakan keamanan bagi penggunanya. Semua aplikasi yang tersedia pada layanan milik Google ini, disinyalir bersih dari virus dan malware.

Sehingga setiap aplikasi apapun yang akan diunduh darinya, akan melalui tahap verifikasi keamanan terlebih dahulu sebelum terinstal di perangkat Android.

Selain dari pada itu, Google Playstore juga dapat mempermudah pemakai Android ketika mencari aplikasi yang sesuai dengan perangkat yang dimilikinya. Apabila aplikasi yang dicari tidak kompatibel dengan perangkatnya, maka Google Playstore akan menyarankan aplikasi lain yang serupa.

Baca juga: Mengapa Earphone Memiliki Kabel Yang Panjang Sebelah?

Tidak semua aplikasi yang tersedia di Google Playstore gratis, banyak pula aplikasi yang diharuskan membayar dengan harga tertentu untuk mengunduhnya. Pembayaran dapat dilakukan melalui pemotongan pulsa prabayar, Google Playstore Voucher dan bisa juga melalui kartu kredit atau kartu debit yang dimiliki pengguna Android.

Tentunya dengan segala fitur yang ditawarkan tersebut oleh toko aplikasi ini sangat berguna bagi pemakai Android. Namun dari sekian banyaknya kegunaan tersebut, pasti tidak dapat terhindar dari beberapa masalah dan kendala yang terjadi.

Salah satu di antaranya yang kerap terjadi adalah ketika proses pengunduhan aplikasi dari penyedia layanan ini adalah download sering tertunda.

Sebenarnya masalah tersebut bukan murni disebabkan oleh Google Playstore itu sendiri, akan tetapi biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti koneksi internet kurang stabil, kesalahan pengaturan dalam pilihan pengunduhan atau sebab adanya data cache yang masih tersimpan dalam sistem perangkat.

Nah bila masalah tersebut yang menjadi kendala tertundanya unduhan pada Google Playstore, sebagai pengguna Android Anda dapat menerapkan beberapa metode berikut yang akan Fajrinfo bagikan untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Proses Download Tertunda Di Google Playstore


1. Mereset Konektivitas

Sebelum melakukan cara ini, Anda sebaiknya memeriksa dahulu pengaturan koneksi yang digunakan untuk mendownload aplikasi. Karena terdapat beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk didownload melalui koneksi WiFi.



Biasanya aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat besar. Oleh sebab itu pihak pengembang menyarankan untuk menggunakan koneksi WiFi untuk mengunduhnya.

Nah apabila pada pengaturan pengunduhan ini yang diceklis adalah download menggunakan WiFi, secara otomatis ketika perangkat Android tidak terkoneksi dengan WiFi maka tidak akan bisa melakukan pengunduhan aplikasi pada Google Playstore meskipun koneksi internet yang sedang digunakan memiliki kecepatan tinggi.

Jika perangkat yang Anda gunakan memiliki pengaturan seperti itu, cara mengatasinya sangat mudah yaitu cukup dengan membatalkan proses unduhan lalu ubah pengaturan konektivitas dengan tidak menceklis pilihan penggunaan WiFi kemudian ulangi download yang tadi dibatalkan.

Tapi jika pengaturan konektivitas pada perangkat Anda tidak terceklis untuk penggunaan WiFi-nya, mungkin masalah download tertunda pada Google Playstore disebabkan oleh koneksi internet pada provider yang Anda gunakan sedang tidak stabil.

Jika demikian, cobalah untuk mereset koneksi data seluler yang Anda gunakan. Caranya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat / modus terbang beberapa waktu, setelah itu matikan lagi agar koneksi data aktif kembali.

Untuk menemukan pengaturan modus terbang ini biasanya terdapat pada menu quick setting dengan cara menarik status bar pada layar paling atas pada perangkat Android Anda. Atau bisa juga melakukannya melalui pengaturan konektivitas pada setting perangkat Android yang digunakan.

2. Membersihkan Cache

Apabila dengan cara di atas belum bisa menyelesaikan permasalahan, bisa jadi disebabkan oleh data cache (sampah sistem) yang masih tersimpan sebelumnya.

Dalam hal ini, sebenarnya data cache berguna untuk membantu aplikasi dalam prosesnya menjalankannya agar lebih cepat. Namun meskipun demikian terkadang berdampak pada permasalahan lain dalam kinerja aplikasi tersebut.

Google Playstore yang mengalami tertundanya proses download kemungkinan disebabkan oleh cache aplikasi yang tersimpan lama dan sebenarnya butuh pembaruan. Oleh sebab itu berdampak pada tersendatnya proses unduhan aplikasi dari server.

Baca juga: Cara Root Android Untuk Semua Model Dan Merk Smartphone Juga Tablet

Untuk mengatasi masalah ini, Anda hanya perlu membersihkan data cache untuk aplikasi Google Playstore agar dapat perbaharui. Bagi kamu yang belum mengetahui caranya, berikut ini cara untuk membersihkan cache aplikasi Google Playstore, dan dapat pula diterapkan pada aplikasi lainnya.

- Buka Pengaturan atau Setting pada perangkat Android.

- Geser ke bawah hingga menemukan menu pengaturan Apps Manage atau Manager Aplikasi.

- Setelah itu cari aplikasi Google Playstore, lalu klik untuk masuk sistem aplikasinya.

- Pilih penyimpanan, kemudian klik Bersihkan cache.

3. Restart Perangkat (Muat Ulang Android)

Dalam banyak kasus, memuat ulang sebuah perangkat merupakan suatu solusi mudah yang dapat diterapkan pada sistem yang mengalami kerusakan ringan.

Sebab dengan memuat ulang perangkat, maka setelah hidup kembali perangkat tersebut akan berada pada kondisi normal tanpa adanya beban kinerja yang ekstra dalam sistemnya.

Maka dari itu, jika kedua metode sebelumnya yang Fajrinfo berikan masih belum bisa mengatasi masalah tertundanya unduhan pada Google Playstore, Anda bisa memuat ulang perangkat Android yang digunakan.

Muat ulang perangkat dapat disebut juga dengan istilah restart atau reboot. Beberapa pengaturan sementara dan kinerja sistem akan kembali pada kondisi normal yang lebih prima.

Demikian sudah yang dapat Fajrinfo sampaikan mengenai cara mengatasi download tertunda di Google Playstore. Semoga berhasil dalam mengatasinya, dan apabila terdapat kendala dalam penerapannya.

Artikel Menarik Lainnya:

Tambahkan Komentar Sembunyikan Komentar

© 2015 - 2018 Fajrinfo - Created Theme by Goomsite - Proudly powered by Blogger