Selamat Datang di Fajrinfo
Blog yang membahas seputar teknologi dan informasi
Terimakasih kunjungan Anda
Sempatkan diri untuk berbalas komentar!

2 Cara Mudah Menerapkan Disable Signature Windows 8 Dan Windows 10

Artikel ini Fajrinfo buat untuk kamu yang mengalami masalah saat melakukan pemasangan driver untuk laptop atau flashing ponsel cerdas (smartphone), yaitu driver tersebut tidak dapat dipasang dan muncul peringatan error.

Solusi yang akan Fajrinfo bagikan ini dapat diterapkan bagi kamu yang akan melakukan flashing smartphone Android. Misalnya saat melakukan pemasangan driver MediaTek, Flashtool dan lain sebagainya.

Sebenarnya Fajrinfo sendiri sudah beberapa kali mengalami masalah error ini. Seringnya saat memasang driver pada beberapa laptop. Dan baru kemarin memasang driver untuk flashing Android pada Windows 10.

Kemungkinan besar penyebab utama masalah error ini adalah karena pada sistem operasi Windows 8 dan Windows 10 terdapat security system yang mengharuskan setiap driver yang akan dipasang wajib memiliki signature sebagai sertifikat digital agar mendapat ijin dari sistem keamanan Windows tersebut.

Cara Mudah Mendisable Signature Windows 8 Dan Windows 10


Dalam artikel ini Fajrinfo akan membagikan dua cara sebagai alternatif untuk menerapkan pengaturan keamanan disable signature bagi driver yang tidak memiliki sertifikat digital resmi.

Cara Kesatu Untuk Disable Signature Keamanan Sistem Windows

1. Buka Settings pada start menu atau dengan cara menekan tombol Windows + I pada keyboard secara bersamaan.

2. Setelah itu gulir ke bawah lalu masuk ke menu pilihan Update & Security.

3. Pada menu Update & Security ini, silahkan pilih submenu Recovery.

Baca juga : Cara Mengatasi Disk Usage 100% Pada Windows 10 Yang Bikin Lemot

4. Kemudian klik Restart now pada bagian Advanced startup. Maka laptop akan mulai restart untuk memuat ulang sistem Windows.

5. Setelah restart selesai, kamu akan disuguhkan tampilan Advanced startup, lalu klik pilihan Troubleshoot.



6. Selanjutnya pilihlah Advanced options, kemudian klik pilihan Startup Settings lalu klik Restart. Maka laptop akan memuat ulang sistem.

7. Pada langkah ini setelah restart kamu akan diberi pilihan tampilan Startup Settings.

8. Nah pada langkah inilah yang menentukan. Ketik tombol F7 pada keyboard untuk membuka Windows dalam keadaan ter-disable signature enforcement.



9. Setelah selesai, silahkan coba untuk memasang kembali driver yang tadinya mengalami error sebelum dilakukan disable signature.



Cara Kedua Untuk Disable Signature Keamanan Sistem Windows

1. Buka Command Prompt (Admin) atau Windows Powershell (Admin) dengan cara klik kanan pada start menu atau dengan kombinasi tombol Windows + X.

2. Setelah Command Prompt atau Windows Powershell terbuka dan siap menerima perintah, masukkan kode perintah berikut ini lalu tekan ENTER.

bcdedit.exe -set loadoptions DDISABLE_INTEGRITY_CHECKS

3. Kemudian masukkan lagi kode perintah berikut ini lalu tekan ENTER.

bcdedit.exe -set TESTSIGNING ON

Pastikan pada masing-masing proses tersebut berhasil dterapkan yang ditandai dengan peringatan “The operation completed successfully”.

Jika sudah demikian, maka disable signature enforment pada sistem Windows 8 atau Windows 10 kamu sudah berhasil dinonaktifkan.

Baca juga : Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Harus Kamu Lakukan!

4. Lalu jangan lupa untuk menutup kembali Command Prompt atau Windows Powershell tersebut.

Nah jika kamu ingin mengaktifkan driver signature enforcement lagi, kamu dapat melakukan langkah kesatu, kedua dan ketiga.

Namun pada bagian langkah ketiga ubah perintah Command Prompt dengan perintah di bawah ini.

1bcdedit.exe -set TESTSIGNING OFF

Kini proses pemasangan driver laptop atau driver smartphone kamu akan lebih mudah dilakukan karena sistem keamanan signature enforcement pada Windows 8 atau Windows 10 telah dinonatifkan.

Demikian dua cara untuk disable signature enforcement pada sistem keamanan Windows ini Fajrinfo bagikan. Apabila masih mengalami kesulitan dalam langkah menonaktifkan verifikasi signature windows ini silahkan sampaikan pada kolom komentar di bawah.

Artikel Menarik Lainnya:

Tambahkan Komentar Sembunyikan Komentar

© 2015 - 2018 Fajrinfo - Created Theme by Goomsite - Proudly powered by Blogger