Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Kemarin FajrInfo habis menginstal ulang komputer kantor dengan Windows 10 nih. (Nggak ada yang nanya juga sih ya...) Apakah komputer atau laptop kamu sudah diinstal ulang dengan sistem operasi Windows 10 juga sobat? Jika demikian, berikut ini FajrInfo akan memberikan tips dan trik yang harus dilakukan setelah menginstal ulang Windows 10.

Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Harus Kamu Lakukan!

Windows 10 merupakan sistem operasi buatan Microsoft yang paling mutakhir sekarang ini. Menurut beberapa lembaga survei, perkembangan penggunanya selalu mengalami peningkatan yang baik. Dalam sistem operasi Windows 10, Microsoft memberikan pengalaman yang berbeda kepada penggunanya dengan sistem operasi sebelumnya. Karena pada Windows 10 terdapat banyak fitur yang dapat menunjang kebutuhan mobilitas pengguna saat ini.

Tampilan user interface yang modern dan ditunjang dengan pembaruan di beberapa program bawaan Windows, membuat perbedaan tersebut semakin menonjol. Kemudian dengan adanya Windows Store, memungkinkan pengguna untuk mengunduh berbagai macam konten digital maupun aplikasi-aplikasi yang terdapat pada toko aplikasi miliki Microsoft tersebut.

Pada Windows 10, terdapat tombol menu Start bawaan dengan tampilan modern. Berbeda dengan tombol menu Start pada Windows 7 apalagi Windows 8 yang ketika itu banyak pengguna yang kecewa dengan digantikannya tombol Start untuk menu tile kotak-kotak.

Begitulah sedikit gambaran mengenai sistem operasi Windows 10. Berikut ini beberapa tips dan trik yang seharusnya kamu lakukan jika telah menginstal ulang dengan sistem operasi Windows 10. Setelah instal ulang, diusahakan komputer atau laptop selalu terkoneksi dengan internet.

Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Harus Kamu Lakukan!
windows 10 update

1. Menjalankan Windows Update

Pastikan Windows 10 kamu terkoneksi dengan internet untuk melakukan pembaruan pada sistem Windows 10. Pembaruan ini sangat direkomendasikan karena pada pembaruan pertama akan mencari dan mengunduh perbaikan celah pada sistem Windows 10. Kemudian sistem juga akan mencari dan memasang driver yang sesuai dengan perangkat yang dipasang Windows 10 agar dapat melakukan kinerjanya dengan baik.

Maka persiapkanlah koneksi internet yang stabil dan kuota internet yang memadai agar tidak ada hambatan dalam proses pembaruan. Proses pembaruan ini dapat memakan waktu cukup banyak. Oleh sebab itu, lakukanlah disaat waktu-waktu luang yang tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari kamu.

Untuk melakukan pembaruan, caranya yaitu dengan menekan tombol Start lalu pilih Settings (ikon gear) atau bisa juga dengan menggunakan tombol kombinasi Windows + I. Lalu scroll ke bawah dan klik pilihan Update & security, kemudian klik tombol Check for updates.

Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Harus Kamu Lakukan!
windows 10 personalize

2. Mengatur Personalisasi pada tampilan Windows 10

Untuk melakukan penyesuaian pada personalisasi tampilan Windows 10 caranya sangat mudah, yaitu klik kanan pada tampilan desktop, lalu pilih Personalize yang paling bawah. Kemudian akan muncul jendela personalisasi yang dapat kamu atur sesuai dengan keinginan. Kamu dapat merubah gambar latar belakang (background) desktop, merubah penekanan warna Windows yang kamu suka, merubah gambar layar kunci (lockscreen), dan banyak lainnya.

Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Harus Kamu Lakukan!
windows 10 accounts

3. Memasukkan Akun Microsoft

Akun Microsoft sangat bermanfaat bagi kamu pengguna Windows 10. Karena dengan memasukkan akun Microsoft pada perangkat Windows 10, kamu akan dimudahkan dengan fitur sinkronisasi otomatis agar data personalisasi kamu terbackup dengan baik. Hal ini bukan berarti perangkat kita harus selalu terkoneksi ke internet, karena cukup hanya dengan satu kali login saja. Untuk masuk ke akun Microsoft pada Windows 10, caranya yaitu dengan mengklik menu Start > Settings (ikon gear) > Accounts > Sign in with a Microsoft account instead. Lalu selanjutnya tinggal memasukkan akun Microsoft kamu.

Jika sudah memasukkan akun Microsoft, maka kamu dapat dengan leluasa untuk mengunduh aplikasi-aplikasi yang ada di Windows Store. Namun apabila kamu belum memiliki akun Microsoft tersebut, maka klik pada pilihan Create one atau dengan mengakses outlook.com pada browser kamu.

Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Harus Kamu Lakukan!
windows 10 PIN

4. Mengatur PIN untuk login

Sebenarnya pengaturan PIN ini merupakan opsional sebagai pengganti keamanan password ketika membuka Windows 10. Penggunaan PIN dapat mengamankan informasi password akun Microsoft kita jika perangkat Windows 10 tidak hanya digunakan oleh kamu saja. Oleh sebab itu, alangkah lebih baiknya untuk mengaktifkan pengamanan PIN ini pada perangkat Windows 10 kamu.

PIN pada Windows 10 ini hanya menggunakan kombinasi empat angka tanpa huruf dan karakter lainnya. Cara mengaktifkannya adalah dengan mengklik menu Start > Settings (ikon gear) > Accounts > Signin options, lalu masukkan PIN yang kamu kehendaki.

Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Harus Kamu Lakukan!
windows 10 services

5. Menonaktifkan Windows Update Secara Otomatis

Update otomatis pada Windows 10 ini selalu berjalan secara realtime, ketika perangkat pertama dihidupkan dan terkoneksi internet, maka program ini akan berjalan secara otomatis pada latar belakang. Untuk mematikannya, Microsoft memang tidak menyediakannya pada menu Settings. Maka pada langkah ini kita akan melakukan eksekusi pada sistem services Windows 10 secara langsung. Caranya yaitu dengan menekan kombinasi tombol Windows + R untuk membuka program Run lalu ketik services.msc lalu tekan enter pada keyboard.

Pada tampilan pengaturan Services, carilah program yang bernama Windows Update, lalu klik kanan dan pilih Properties. Kemudian ubah pada pengaturan Startup type menjadi Disabled lalu klik OK. Setelah itu, update otomatis pada Windows 10 kamu tidak akan aktif secara otomatis lagi selama kamu tidak mengecek pembaruan (update) pada menu Settings.

Cara Instal .NET Framework 3.5 di Windows 10 Secara Offline
instal .net framework 3.5

6. Menginstal .Net Framework 3.5

Pada dasarnya, Windows 10 sudah memiliki dukungan .Net Framework 4.5 untuk menjalankan program-program tertentu yang memerlukan basis .Net Framework. Akan tetapi masih banyak program yang menggunakan basis .Net Framework 3.5.

Hal tersebut cukup menjadi kendala karena pada Windows 10 belum tertanam basis .Net Framework 3.5 ini, sehingga pengguna harus memasangnya agar dapat menjalankan semua program. Untuk memasang .Net Framework, kamu bisa mengikuti tutorialnya di cara instal .Net Framework 3.5 Secara Offline.

Pembahasan mengenai hal-hal yang harus dilakukan setelah melakukan instal yang FajrInfo bagikan di atas adalah merupakan suatu opsianal. Maksudnya ada beberapa hal yang butuh penyesuaian dengan kondisi yang sobat alami. Maka dari itu keputusan dalam melakukannya selalu ada di tangan sobat selaku penggun perangkat Windows 10 tersebut.

Demikian beberapa tips dan trik yang FajrInfo berikan tentang apa yang harus dilakukan setelah instal ulang Windows 10 agar penggunaan pada Windows 10 kamu menjadi maksimal dan nyaman. Setelah melakukan langkah-langkah di atas, untuk selanjutnya kamu dapat menginstal program-program yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan dan tugas kamu. Setelah itu, bagaimana menurut kamu tentang kinerja Windows 10 dibandingkan dengan Windows sebelumnya?
Advertisement
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner