Percepat Kinerja Laptop Windows 10 Dengan Menerapkan Trik Ini! Percepat Kinerja Laptop Windows 10 Dengan Menerapkan Trik Ini! - Fajrinfo
Sistem operasi Windows 10 dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang canggih, memungkinkan pengguna untuk memaksimalkan kapasitas perangkat laptop mereka. Akan tetapi yang dapat kamu nikmati tentang manfaat fitur laptop Windows 10 hanya sebatas kemampuan perangkat itu saja. Sebab performa yang lambat tidak jarang terjadi pada perangkat laptop tersebut. Ini adalah salah satu masalah paling umum yang dihadapi oleh para pengguna laptop Windows 10.

Beberapa faktor bisa menyebabkan melambatnya laptop Windows 10. Jika kamu bisa mengidentifikasi penyebabnya, pasti kamu akan dapat mengatasi masalah ini dan dapat meningkatkan kecepatan atau kinerja laptop yang kamu miliki. Mari ikuti tips berikut ini untuk memberi dorongan kecepatan pada laptop Windows 10 milikmu.

Percepat Kinerja Laptop Windows 10 Dengan Menerapkan Trik Ini

Nonaktifkan Aplikasi Startup


Banyak program yang kamu instal pada laptop Windows 10 dikonfigurasikan untuk diluncurkan secara otomatis saat startup. Hal itu dapat memperlambat perangkat laptop, terutama karena aplikasi terus berjalan di latar belakang sistem, bahkan meskipun kamu telah keluar dari aplikasi tersebut.

Baca juga: Cara Mengubah Warna Dan Ukuran Pointer Mouse Di Laptop Windows 10

Jika tidak mempunyai perangkat laptop yang kuat atau kamu tidak menggunakan aplikasi tersebut setiap hari, sebaiknya nonaktifkan saja aplikasinya. Dengan begitu, perangkat laptop Windows 10 kamu dapat menghemat sumber daya sistem yang berharga. Untuk menonaktifkan aplikasi saat startup, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

- Klik kanan pada Taskbar.

- Pilih Task Manager. Jika jendela yang muncul merupakan tampilan mode ringkas, tekan tombol More Details.

- Buka tab Startup dan kolom Status untuk melihat daftar aplikasi. Tentukan aplikasi mana yang saat ini diaktifkan saat startup, klik kanan pada aplikasi tersebut lalu pilih tombol Disable.

- Apabila kamu ingin melihat lebih dekat pada masing-masing aplikasi, klik opsi "Startup impact".

- Restart laptop Windows 10 kamu setelah selesai melakukannya.

Hapus Aplikasi Yang Tidak Perlu


Metode lain yang bisa kamu terapkan untuk mempercepat laptop Windows 10 adalah menghapus aplikasi apapun yang tidak lagi kamu gunakan. Jika perangkat laptop kamu baru, biasanya disertai dengan aplikasi yang sudah terinstal sebelumnya. Jalankan melalui daftar aplikasi untuk menentukan apakah kamu benar-benar membutuhkan aplikasi tersebut atau tidak. Jika kamu menyimpan aplikasi yang tidak digunakan, ini dapat memperlambat laptop Windows 10 secara signifikan (karena program aplikasi menggunakan memori RAM dan ruang penyimpanan).

Biasakan untuk secara teratur memeriksa daftar aplikasi pada perangkat laptop Windows 10 kamu. Hapus program yang jarang kamu gunakan atau bahkan tidak lagi dibutuhkan, dan ini akan meningkatkan kinerja sistem laptop.

Ubah Pengaturan Daya Laptop


Laptop Windows 10 hadir dengan berbagai fitur yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Salah satunya adalah rencana penghemat (Saver Plan), yang merupakan alat yang dimaksudkan untuk menghemat energi saat laptop kamu digunakan. Kelemahan dari mengaktifkan fitur rencana penghematan adalah bahwa hal itu dapat mempengaruhi kinerja secara negatif. Jika perangkat laptop Windows 10 menjadi lambat, mungkin kamu perlu memeriksa apakah rencana penghemat telah dihidupkan. Alihkan ke High Performance atau Balanced sebagai gantinya dan kamu akan melihat peningkatan kinerja yang signifikan.

Percepat Kinerja Laptop Windows 10 Dengan Menerapkan Trik Ini

Kamu bisa pergi ke Control Panel > Hardware and Sound > Power Options. Maka akan menemukan dua opsi: Balanced dan Power Saver. Pilih opsi sebelumnya karena ini dapat membantu kamu untuk mengatur penggunaan daya baterai dan mengoptimalkan kinerja laptop Windows 10. Opsi Power Saver dimaksudkan untuk memaksimalkan masa pakai baterai laptop, yang berarti akan memperlambat kinerjanya.

Matikan Fitur Tips Dan Trik Windows


Saat menggunakan laptop Windows 10, mungkin kamu melihat balon menyembul dari Taskbar. Ini adalah fitur tips dan trik yang terintegrasi ke dalam sistem operasi laptop untuk membantu pengguna memaksimalkan kemampuannya. Akan tetapi, fitur ini dapat juga secara signifikan memperlambat kinerja laptop Windows 10.

Untuk menghentikan sistem Windows dari menawarkan tips dan trik, buka tombol Start. Pilih ikon Settings dan kemudian klik System > Notifications. Gulir daftar pilihan kamu sampai menemukan opsi ini: "Get tips, tricks, and suggestions as you use Windows", lalu matikan opsi tersebut.

Bersihkan Ruang Disk


Metode pemecahan masalah yang andal dan mudah lainnya untuk meningkatkan kecepatan laptop Windows 10 adalah mendapatkan kembali ruang disk kamu. Tidak masalah jika kamu menggunakan HDD atau SSD, tapi menggunakan laptop dengan drive yang penuh dapat menghambat kecepatan dan kinerja sistem. Jika melihat tugas-tugas paling dasar pun lambat, mungkin kamu perlu memeriksa apakah sistem kekurangan ruang penyimpanan atau tidak. Kapasitas penyimpanan yang ideal untuk kinerja laptop yang maksimum tidak boleh lebih dari 70%.

Gunakan alat pembersih disk untuk menghapus file sampah dari sistem laptop Windows 10 kamu. Biasakan menggunakan alat ini setiap beberapa hari sekali. Dengan melakukannya dapat membantu mengosongkan ruang disk sehingga sistem laptop kamu tidak perlu bekerja keras untuk melakukan tugas-tugas dasar.

Nonaktifkan Pengindeksan Pencarian


Laptop Windows 10 dirancang untuk mengindeks harddisk kamu di latar belakang sistem. Kemampuan ini memungkinkan pengguna untuk mencari file atau dokumen lebih cepat dibandingkan dengan ketika file tidak diindeks. Tapi kelemahannya adalah proses pengindeksan dapat menyebabkan kinerja laptop Windows 10 melambat. Matikan fitur pengindeksan ini, dan kamu akan melihat peningkatan yang signifikan dalam kecepatan.

Bersihkan Registry Sistem


Selain ruang disk, mungkin ide yang baik untuk membersihkan registry laptop juga. Ketika kamu menghapus suatu program dari laptop, itu tidak selalu bisa hilang dari registry sistem. Kamu harus membersihkannya secara manual untuk memastikan bahwa program yang dihapus itu dihapus juga dari registry. Kamu harus melakukan ini secara teratur bersama dengan pembersihan ruang disk. Registry bertanggung jawab untuk melacak dan mengendalikan aktivitas apapun di perangkat Windows. Bersihkan jika kamu ingin kinerjanya lebih efisien dan lancar.

Periksa Malware


Penyebab umum lainnya dari laptop Windows 10 lambat adalah malware (sejenis program jahat yang akan merusak dan merusak perangkat kamu). Ada banyak aplikasi yang harus diperhatikan, seperti virus, spyware, dan adware. Semua program ini menghabiskan ruang dan memori, selain itu juga mengancam keamanan data dan informasi pribadi kamu. Sangat penting untuk melakukan pemeriksaan anti-malware pada perangkat laptop Windows 10 secara teratur. Pastikan program antivirus kamu selalu diperbarui juga, sehingga dapat mendeteksi serangan yang lebih efektif.

Update Sistem Operasi Windows 10


Percepat Kinerja Laptop Windows 10 Dengan Menerapkan Trik Ini

Setiap dua minggu sekali Microsoft selalu merilis update baru untuk sistem operasinya. Ada beberapa pembaruan untuk Windows yang akan dilakukan secara otomatis. Namun dalam beberapa kasus, kamu harus menginstal pembaruan tersebut secara manual. Ketika diminta, pastikan untuk menginstal tambalan sehingga laptop dapat memiliki driver dan seluruh perangkat akan berjalan dengan lancar dan berfungsi dengan baik.

Baca juga: Cara Menghapus Software / Program Yang Tidak Muncul Di Control Panel

Tingkatkan Ke Drive Penyimpanan Baru


Jika kamu mempunyai laptop Windows 10 yang sudah lawas, meningkatkan ke drive baru akan dapat meningkatkan kecepatan dan kinerja latop tersebut. Ini sangat disarankan jika laptop Windows 10 kamu masih menggunakan drive HDD tradisional. Kamu dapat meningkatkan ke drive SSD baru, yang secara signifikan dapat meningkatkan kinerja laptop. Drive SSD juga tanpa adanya bagian yang bergerak, sehingga kamu dapat memastikan bahwa data diproses dan ditulis lebih cepat.

Dengan melakukan beberapa tips mempercepat kinerja laptop Windows 10 ini, kamu bisa mendapatkan lebih banyak manfaat fitur yang tersemat dalam sistem operasi Windows 10!

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama