Windows Store Error 0x80072F05 – The Server Stumbled

Jika kamu menemukan masalah pada Windows Store yang error 0x80072F05 - The Server stumbled ketika mengakses Microsoft Store, silahkan baca artikel ini untuk mencari solusi penyelesaiannya. Sebagai pendahuluan, silakan kamu periksa status koneksi internet pada komputer Windows 10 kamu.

Microsoft Store Error 0x80072F05 – The Server Stumbled


Windows Store Error 0x80072F05 – The Server Stumbled

Microsoft Store error 0x80072F05 - Server stumbled adalah kesalahan yang disebabkan oleh file Windows Store yang rusak, file yang hilang atau rusak yang terkait dengan aplikasi Windows Store, dan kesulitan dalam membuat koneksi antara server dan Windows Store. Untuk mengatasi masalah ini, coba lakukan beberapa solusi berikut ini secara berurutan:

1. Periksa tanggal dan waktu lalu perbaiki jika perlu
2. Nonaktifkan pengaturan proxy
3. Gunakan Windows Store Apps troubleshoot
4. Bersihkan cache Windows Store
5. Re-register aplikasi Windows Store

Baca juga: Cara Download Firmware Resmi Ponsel Samsung Paling Update

1] Periksa Tanggal Dan Waktu Lalu Perbaiki


Windows Store dan banyak aplikasi lainnya memeriksa sistem untuk mendapatkan sertifikat. Jika tanggal pada komputer salah, maka bisa jadi aplikasi akan menganggap sertifikat sudah kadaluwarsa. Karena itu, disarankan untuk memeriksa tanggal sistem sebelum melakukan hal lainnya. Jika tanggal salah, atasi dengan langkah sebagai berikut:

- Cari date and time di kotak pencarian Windows lalu pilih Change the date and time dari hasil daftar yang muncul.

Windows Store Error 0x80072F05 – The Server Stumbled

- Verifikasi zona waktu lalu klik opsi Sync now.

Windows Store Error 0x80072F05 – The Server Stumbled

- Hal ini akan menyinkronkan jam pada komputer dengan waktu pada server Windows asalkan sistem kamu terhubung ke internet.

2] Nonaktifkan Pengaturan Proxy


Pengaturan proxy dapat mencegah Windows Store terhubung ke jaringan internet. Kamu dapat menghapus pengaturan proxy dari komputer dengan cara sebagai berikut:

- Klik pada tombol menu Start lalu pergi ke Settings > Network > Proxy.

- Di bawah Manual proxy setup, matikan sakelar untuk Use a proxy server.

Windows Store Error 0x80072F05 – The Server Stumbled

- Restart sistem komputer dan periksa apakah kamu sudah bisa mengakses Microsoft Store kembali atau belum.

3] Gunakan Windows Store Apps Troubleshoot


Troubleshooter Aplikasi Microsoft Store dapat menyelesaikan banyak masalah yang terkait dengan Microsoft Store dan aplikasi-aplikasinya. Kamu bisa menjalankan troubleshooter dengan cara sebagai berikut:

- Klik tombol menu Start lalu buka Settings > Updates & Security > Troubleshoot.

- Pilih Windows Store Apps troubleshooter lalu jalankan.

Windows Store Error 0x80072F05 – The Server Stumbled

- Restart komputer setelah Troubleshooter selesai melakukan tugasnya lalu periksa apakah dengan cara itu dapat menyelesaikan masalah.

4] Bersihkan Cache Windows Store


File cache di Windows Store sangat membantu, tapi jika cache tersebut telah rusak, maka dapat mencegah Windows Store untuk memuat. Kamu bisa mengatur ulang cache Windows Store dengan cara sebagai berikut:

- Cari WSReset di kotak Pencarian Windows yang ada di sebelah kanan ikon menu Start lalu pilih opsi Run as administrator.

Windows Store Error 0x80072F05 – The Server Stumbled

5] Re-register Aplikasi Windows Store


Jika semua langkah yang telah disampaikan di atas gagal, coba lakukan Re-register pada aplikasi Windows Store. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan perintah Powershell, Windows Settings, atau aplikasi pihak ketiga.

Baca juga: Cara Melanjutkan Download Yang Terputus Di Browser Google Chrome

Demikian yang dapat Fajrinfo sampaikan mengenai masalah Windows Store Error 0x80072F05 – The Server Stumbled ini. Semoga beberapa langkah di atas dapat menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi pada komputer Windows 10 yang kamu gunakan. Semoga bermanfaat, terimakasih.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama