SamFirm – Download Firmware Ponsel Samsung Terbaru Secara Langsung - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Rabu, 07 Agustus 2019

SamFirm – Download Firmware Ponsel Samsung Terbaru Secara Langsung

SamFirm – Download Firmware Ponsel Samsung Terbaru Secara Langsung

SamFirm adalah alat untuk mengunduh firmware smartphone Samsung terbaru langsung dari server resmi Samsung. Dalam tutorial ini, Fajrinfo akan memberitahu kamu cara menggunakan SamFirm terbaru untuk mengunduh firmware Odin sesuai dengan wilayah atau negara kamu berdasarkan CSC atau kode produk. Download alat pengunduhan firmware Samsung SamFirm (v0.3.6.zip) di bawah.

Banyak pengguna smartphone terutama anak-anak, suka bermain dengan ponsel mereka dan mengotak-atik segala hal yang ditemukan pada pengaturan perangkat, mencoba berbagai aplikasi, modifikasi, custom ROM, mengoprek sistem bawaan ponsel.

Melakukan hal-hal seperti itu di ponsel mereka telah menjadi hiburan favorit bagi banyak pengguna ponsel pintar akhir-akhir ini. Karena aktivitas seperti mencoba berbagai modifikasi dan ROM terkadang membuat kacau pengaturan dan sistem pada ponsel. Mungkin kamu perlu mem-flash firmware bawaan ponsel untuk mengembalikannya seperti semula lagi agar tetap dapat digunakan.

Di sisi lain, banyak juga orang hanya menggunakan ponsel selama yang mereka inginkan tanpa melakukan hal apapun yang dapat berisiko karena mereka tidak berminat atau tidak memiliki waktu untuk hal-hal seperti itu.

Namun, meskipun menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat berisiko terhadap kerusakan ponsel, pengguna ponsel Android terkadang berada pada situasi yang mengharuskan mereka untuk menginstal firmware resmi karena itu satu-satunya pilihan yang dapat menyelamatkan nyawa bagi ponsel mereka.

Apakah perangkat kamu mulai bermasalah atau mengalami bootloop? Kamu dapat dengan mudah mengembalikannya ke bawaan pabrik dan memperbaiki masalah tersebut.

Meskipun tidak mudah bagi beberapa produsen ponsel Android untuk mendapatkan firmware stockROM untuk perangkat buatan mereka, tapi selalu mudah untuk mendapatkan stockROM (ROM bawaan) resmi untuk perangkat ponsel Samsung Galaxy.

Baca juga: 5 Aplikasi Yang Wajib Dihapus Agar HP Tidak Lemot

Meskipun sebenarnya ada banyak situs yang menyediakan link unduhan firmware ponsel Samsung, tapi mengunduh firmware dari sana mungkin merupakan suatu pekerjaan yang sulit dan rumit, apalagi jika kamu tidak memiliki koneksi data yang super cepat dan stabil. Selain itu, situs-situs download firmware tersebut tidak mendukung fitur menjeda dan meneruskan / resume pengunduhan.

Jika kamu merasa dipusingkan atau frustrasi untuk mengunduh file firmware yang berukuran 1 atau 2 GB sepanjang hari tanpa hasil, sekarang tersedia aplikasi utilitas yang sangat nyaman untuk membuat pekerjaan tersebut menjadi hal yang mudah dan aman.

Nama alat ini adalah SamFirm dan telah dikembangkan oleh anggota XDA zxz0O0. Sebenarnya, ini adalah alat lama, tapi kami baru tahu beberapa minggu yang lalu. SamFirm hanya berfungsi pada perangkat komputer atau laptop Windows, dan kini Fajrinfo akan memberitahu kamu cara menggunakan alat ini dan mengunduh firmware ponsel atau tablet Samsung Galaxy yang kamu punya.

Download Firware Samsung Terbaru


Pastikan kamu mengunduh firmware yang benar untuk ponsel atau tablet Samsung Galaxy milik kamu. Harap perhatikan bahwa firmware yang benar adalah yang sesuai dengan model perangkat dan negara / wilayah tempat kamu membeli dan menggunakannya.

Untuk melakukannya, cari tahu model perangkat kamu dengan cara masuk ke Pengaturan > Tentang perangkat > Nomor Model lalu catat. Selanjutnya, kamu harus mengetahui kode CSC perangkat yang kamu miliki. Karena kode CSC spesifik untuk wilayah dan bahkan operator jaringan.

Jika ponsel kamu bukan termasuk SIM-locked atau bermerek suatu operator, maka kamu bisa menginstal firmware bebas yang cocok dengan model perangkat kamu terlepas dari kesesuaian CSC-nya. Namun, jika perangkat Samsung Galaxy kamu bermerek perusahaan operator, kamu harus menginstal firmware yang cocok dengan CSC perangkat tersebut atau lebih baik kamu membatalkannya.

Download SamFirm Tool


Kami memiliki semua versi (dari yang terlama hingga yang terbaru) dari program SamFirm yang terdaftar di bawah ini. Kami sarankan agar kamu mengunduh Samfirm v0.3.6 atau 0.3.7.

SamFirm_v0.3.1.zip

SamFirm_v0.3.2.zip

SamFirm_v0.3.3.zip

SamFirm_v0.3.4.zip

SamFirm_v0.3.5.zip

SamFirm_v0.3.6.zip

SamFirm_v0.3.7.zip

Baca juga: Cara Paling Mudah Menghasilkan Uang Dari Instagram

Gunakan Samfirm Untuk Mengunduh Firmware Samsung Terbaru


Untuk mendapatkan file firmware Samsung Galaxy terbaru menggunakan program SamFirm, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan.

1. Download program Samfirm tool versi 0.3.6 atau 0.3.7.

2. Pastikan kamu memiliki koneksi data internet yang stabil dan cepat.

3. Setelah itu, ekstrak file SamFirm_v0.3.6.zip di komputer atau laptop kamu.

4. Buka folder hasil ekstrak tadi, lalu klik dua kali pada file yang bernama SamFirm.exe untuk menggunakannya.

SamFirm – Download Firmware Ponsel Samsung Terbaru Secara Langsung

5. Perlu diketahui bahwa SamFirm membutuhkan Microsoft .NET Framework yang telah terpasang di komputer kamu untuk dapat berjalan. Oleh sebab itu, jika kamu diminta untuk menginstal Microsoft .Net Framework, maka silahkan instal saja terlebih dahulu.

6. Ketika SamFirm diluncurkan, kamu akan melihat jendela seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

SamFirm – Download Firmware Ponsel Samsung Terbaru Secara Langsung

7. Sekarang ketikkan nomor model ponsel kamu di kolom Model pada program SamFirm. Dalam hal ini, saya akan mengunduh firmware terbaru untuk Galaxy S7 Edge SM-G935F. Kamu dapat menemukan nomor model ponsel Samsung milik kamu di Pengaturan > Tentang perangkat.

8. Kemudian klik Region / Wilayah dan ketik CSC atau Kode Spesifik Negara yang sesuai untuk negara, wilayah atau operator kamu berada. Kode CSC adalah kode 3 karakter berbasis lokalisasi.

9. Selain itu, sekarang ceklis pada kotak Auto di Samfirm.

10. Kemudian klik pada tombol Check Update untuk memeriksa pembaruan.

11. Tunggu beberapa detik dan kamu akan melihat detail firmware termasuk Android dan versi build juga muncul pada kotak pesan (lihat screenshot di atas).

12. Terakhir, klik tombol Download pada program SamFirm.

13. Kemudian pilih dimana tempat kamu ingin menyimpan file firmware.

14. Tunggu hingga download / unduhan file firmware kamu selesai.

SamFirm – Download Firmware Ponsel Samsung Terbaru Secara Langsung

15. Setelah file firmware selesai diunduh, kamu akan mendapatkan file firmware dalam paket zip: SM-G965F_1_20181031161840_7hxh23rjwy_fac.zip (contoh saya menggunakan Galaxy S7 Edge SM-G935F)

16. Kemudian buka file zip yang telah diunduh tersebut.

17. Maka kamu akan mendapatkan file firmware dengan ekstensi / format .tar.md5. Jika kamu memiliki perangkat Samsung terbaru, berarti kamu akan mendapatkan empat file di dalam folder yang diekstrak tersebut.

Dengan demikian kamu telah berhasil mengunduh file firmware Samsung untuk ponsel atau tablet Samsung Galaxy menggunakan alat pengunduh firmware Samfirm. Setelah mengunduh file firmware tersebut, unduh program Samsung Odin3 dengan versi yang sesuai.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK