Cara Memperbaiki Masalah Download Pending Di Google Play Store - Fajrinfo

Sabtu, Maret 30, 2019

Cara Memperbaiki Masalah Download Pending Di Google Play Store


Cara Memperbaiki Masalah Download Pending Di Google Play Store

Google Play Store adalah satu-satunya toko aplikasi resmi untuk Android. Aplikasi ini telah melayani perangkat Android sejak didirikan pada tahun 2007. Sebelumnya aplikasi ini bernama Android Market, tapi kemudian Google mengubahnya ke Play Store. Nah, hari ini kita akan men-debug masalah yang banyak dihadapi oleh pengguna Android di Play Store. Masalah paling umum saat ini adalah Play Store yang menunjukkan kesalahan unduhan saat kamu memperbarui aplikasi.

Berbagai masalah dapat mempengaruhi pengalaman pengguna di aplikasi Play Store. Kamu mungkin agak frustrasi menunggu hilangnya pesan kesalahan. Nah, perlu diingat bahwa beberapa hal tidak akan pernah hilang hingga kamu melakukan sesuatu. Jadi, hadapi dengan melakukan solusi untuk mengatasi masalah unduhan tertunda / download pending dari Google Play Store.

Apa Maksud Masalah Download Pending Google Play?


Ini adalah masalah paling umum pada berbagai perangkat Android di masa lalu. Masalahnya terletak pada teknik unduhan baru yang diikuti Play Store. Meskipun ada beberapa unduhan sekaligus, sekarang Play Store hanya mengunduh satu aplikasi saja. Mungkin itulah alasan mengapa kamu menerima pesan kesalahan download yang tertunda.

Ini bukanlah masalah besar, dan kamu dapat dengan cepat mengetahuinya dengan melakukan panduan yang akan Fajrinfo berikan. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah Play Store dengan mudah.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah unduhan tertunda Google Play Store yang dapat kamu coba terapkan:
Hentikan Proses Antrian Unduhan

Ini adalah langkah terpenting yang harus dipertimbangkan untuk kamu lakukan sebelum yang lainnya. Pembaruan aplikasi Play Store baru-baru ini hanya memungkinkan satu aplikasi untuk mengunduh sekaligus, sebab beberapa unduhan dalam antrian mungkin akan mempengaruhinya. Untuk menghentikan antrian unduhan Play Store, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka aplikasi Google Play Store

2. Lalu ketuk ikon tiga garis horizontal di sudut kiri atas atau geser dari tepi kiri layar ke sisi kanan pada Play Store.

3. Sekarang kamu harus memilih opsi Aplikasi & game saya dari menu. Ini akan membuka bagian pembaruan yang mencantumkan semua aplikasi yang telah diinstal pada ponselmu.

4. Dari sini pengguna dapat memperbarui atau menghapus aplikasi. Sekarang, jika kamu ingin mengunduh aplikasi tertentu terlebih dahulu, sebelum yang lain dalam antrian, maka kamu dapat menghentikan kemajuan unduhan yang sedang berlangsung dengan cara menekan tombol STOP.

Baca juga: 5 Tips Ini Dapat Memaksimalkan Penggunaan Google Chrome Android

5. Tombol STOP akan membatalkan proses pembaruan semua aplikasi. Nah, sekarang kamu dapat memilih aplikasi tertentu untuk diunduh terlebih dahulu.

6. Kamu dapat pergi ke setiap aplikasi dan dapat memperbaruinya secara manual satu persatu jika tidak ingin mengalami masalah status unduhan lagi.

Jika masalah masih belum terselesaikan setelah mencoba metode di atas, kamu dapat mengikuti metode Force Stop untuk memulihkannya.

Hentikan Paksa Aplikasi Google Play Store


Ini adalah pilihan andalan untuk menghapus kesalahan unduhan yang tertunda di Play Store. Cara ini akan dengan mudah menghilangkan masalah yang kamu alami dan tidak akan mempengaruhi kinerja ponsel. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka pengaturan perangkat.

Cara Memperbaiki Masalah Download Pending Di Google Play Store

2. Sekarang, buka menu Settings >> Apps.

Cara Memperbaiki Masalah Download Pending Di Google Play Store

3. Kemudian ketuk aplikasi Google Play Store yang ada di daftar.

Cara Memperbaiki Masalah Download Pending Di Google Play Store

4. Ketuk Hentikan Paksa atau “Force Stop“.

Sekitar 70% kesalahan dan masalah dapat diperbaiki dengan menggunakan metode di atas. Meskipun jika masalah masih belum teratasi juga, maka kamu harus menghapus cache aplikasi Google Play Store dan data dari pengaturan.

Menghapus Data Aplikasi Dan Cache


Setiap aplikasi di perangkat Android menyimpan cache dan beberapa file offline di penyimpanan perangkat. Hal ini dilakukan agar memfasilitasi aplikasi dan membantu pengguna untuk menyimpan data tambahan. Selain itu, dapat juga mempercepat pembukaan aplikasi dan refresh rate.

Baca juga: Ingin Ganti Backgroud? Iniliah 5 Aplikasi Wallpaper Android Terbaik

Menghapus Data dan Cache aplikasi termasuk sangat mudah. Metode ini dapat membantu pengguna untuk memecahkan beberapa masalah lain pada Play Store. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus Data dan Cache aplikasi:

1. Buka Pengaturan > Aplikasi, lalu pilih aplikasi Play Store.

2. Sekarang navigasikan ke Halaman Info aplikasi dan pilih opsi Penyimpanan (Storage option).

Cara Memperbaiki Masalah Download Pending Di Google Play Store

3. Jika kamu menggunakan Android 8.0 dan 9.0, lalu ketuk opsi Hapus Penyimpanan (Clear Storage) dan Hapus Cache.

4. Sekarang buka aplikasi Play Store, lalu instal aplikasi apa saja dan lihat apakah cara ini berfungsi.

Metode ini memiliki tingkat keberhasilan 99% untuk menyelesaikan masalah download pending / unduhan tertunda yang sedang kamu hadapi pada ponsel Android.

Jika masih menghadapi masalah yang sama, maka hidupkan ulang (reboot) ponsel kamu. Ini adalah langkah paling penting untuk menghapus masalah secara random pada perangkatmu. Dan ini juga termasuk metode pemecahan masalah pertama jika kamu mulai mengalami kesalahan (error).

Setelah mencoba semua metode di atas, apakah kamu dapat memperbaiki kesalahan / masalah unduhan yang tertunda pada aplikasi Google Play Store? Pastikan untuk meninggalkan pengalaman penting kamu tersebut melalui kolom komentar di bawah ini. Serta, bagikan kepada Fajrinfo tentang solusi lain untuk memecahkan masalah Google Play Store ini. Sebab, dengan begitu kamu dapat membantu pengguna lain yang mungkin mengalami masalah yang sama.
Komentar

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.
EmoticonEmoticon

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H
Beberapa kata dapat terucap, beberapa perasaan dapat dibiarkan terpendam. Tapi sebuah kesalahan tidak akan pernah terlupakan. Di hari yang suci ini, mohon maafkan segala kekhilafan. Selamat merayakan hari lebaran.

Some words can be uttered, some feelings can be left buried. But an error will never be forgotten. The day of this holy, please forgive any mistake. Congratulations to celebrate Eid.
Oke