Cara Hemat Daya Tahan Baterai Android Agar Tidak Boros

Cara Hemat Daya Tahan Baterai Android Agar Tidak Boros

Baterai ponsel Android boros memang sudah menjadi fenomena khas bagi sebagian besar pengguna Android.

Sehingga berbagai cara agar baterai Android hemat/irit daya merupakan suatu hal yang sering dilakukan sebagai eksperimen dalam mengoptimalkan pemakaian ponsel Android.

Sampai sekarang pun cara menghemat baterai Android dengan bermacam metode masih selalu menjadi perdebatan di kalangan pengguna.

Sebab hemat dan borosnya baterai Android pada setiap perangkat, masing-masing memiliki faktor penyebab yang berbeda satu sama lain.

Nah karena perbedaan faktor penyebab itulah yang menjadi alasan pengguna Android untuk selalu mencoba berbagai cara untuk menghemat baterai Android.

Namun Fajrinfo menyarankan agar kamu tidak menggunakan aplikasi penghemat baterai. Karena fitur apapun yang ditawarkan oleh aplikasi jenis tersebut, hanya akan menambah beban RAM pada ponsel Android kamu.

Mending kalau memori RAM pada ponsel kamu besar, mungkin no problem. Tapi sebaliknya, kalau perangkat Android yang kamu miliki memiliki RAM yang minim, sudah pasti akan membebani kinerja ponsel.

Cara Menghemat Daya Baterai Android Agar Lebih Lama Dalam Penggunaan


Pada artikel ini Fajrinfo akan memberikan cara untuk menghemat baterai pada ponsel Android. Beberapa cara ini merupakan solusi alternatif yang dapat kamu coba terapkan pada perangkat Android kesayanganmu.

Baca juga : Ponsel Android Terlalu Lama Dalam Pengisian Baterai? Lakukan Cara Ini!

Berikut ini adalah cara untuk menghemat baterai Android :

1. Tidak Memasang Gambar Cerah Atau Animasi Sebagai Wallpaper

Gambar yang memiliki kontras tinggi (cerah) diyakini dapat menguras banyak daya pada baterai Android.

Meskipun teknologi layar saat ini semakin canggih dan hemat energi, penggunaan gambar cerah sebagai wallpaper tidak bisa dibenarkan. Karena hal tersebut akan berdampak buruk pula pada kesehatan mata.

Selain itu, penggunaan gambar bergerak (animasi) sebagai wallpaper termasuk pemborosan juga terhadap daya baterai.

Maka gunakanlah gambar yang bernuansa gelap atau tidak cerah agar daya tahan baterai dan kesehatan mata kita aman dari pengaruh kontras layar berlebih.

2. Sesuaikan Tingkat Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan layar juga memiliki potensi menguras daya pada baterai Android. Oleh sebab itu, sesuaikanlah dengan kebutuhan kamu dalam penggunaannya.

Penyesuaian dapat dibedakan dari tempat dimana kamu berada. Jika di tempat yang teduh atau dalam ruangan gelap, aturlah kecerahan hingga tingkatan paling rendah.

Dan disaat berada di tempat yang terang, kamu tidak perlu mengatur tingkat kecerahan maksimal. Namun sesuaikan dengan tingkat keterlihatan pandangan kita saja.

3. Sesuaikan Waktu Standby Layar Android

Makin lama layar Android hidup dan standby, maka akan semakin banyak penggunaan daya baterai dibutuhkan.

Oleh sebab itu, lakukan penghematan baterai dengan mengatur batas waktu standby layar saat ponsel sudah tidak digunakan lagi.

Dalam pengaturan tampilan, aturlah waktu standby layar saat tidak digunakan pada kisaran waktu maksimal 30 detik atau 1 menit saja.

4. Nonaktifkan Getaran Pada Setiap Notifikasi

Getaran notifikasi biasanya dibarengi dengan nada dering sebagai pemberitahuan adanya telepon atau pesan masuk.

Jika ingin baterai Android kamu hemat daya, maka nonaktifkanlah notofikasi getar tersebut pada setiap pengaturan aplikasi pesan dan telepon yang ada.

Sebab jika notifikasi getar tersebut aktif dan apalagi kamu termasuk orang yang aktif dalam berkomunikasi dalam ponsel Android, maka secara otomatis peringatan getar tersebut akan banyak menguras daya pada baterai.

5. Nonaktifkan Fitur Bluetooth, GPS Dan NFC

Ketiga fitur tersebut merupakan kemampuan tambahan yang dalam penggunaannya tidak harus selalu standby dan terus menerus.

Artinya setelah menggunakan bluetooth, GPS dan NFC diharapakan untuk menonaktifkannya kembali jika benar-benar sudah tidak diperlukan.

Sebab bukan tidak mungkin ketiga fitur tersebut boros penggunaan daya baterai karena ketiga fitur tersebut jika tidak digunakan akan terus mencari dan berbagi melalui caranya masing-masing.

6. Mengatur Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang Sistem Android

Biasanya ada beberapa aplikasi Android yang aktif secara otomatis saat ponsel baru dihidupkan. Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang hidup di latar belakang, kamu dapat mengeceknya di pengaturan aplikasi manajer.

Pilihlah aplikasi yang benar-benar diperlukan saja, dan matikan yang sifatnya tidak terlalu penting. Apalagi jika kamu memasang banyak aplikasi media sosial.

Selain membuat boros daya baterai, aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem Android juga dapat menghambat kinerja ponsel. Karena memori RAM akan banyak digunakan untuk membuka dan menghidupkan aplikasi dalam keadaan standby.

7. Aktifkan Fitur Penghemat Baterai (Battery Saver) Pada Pengaturan

Pada ponsel Android produk terbaru saat ini kebanyakan telah tertanam fitur penghemat baterai ini pada pengaturannya.

Baca juga : Cara Hemat Baterai Satu Ini Malah Membuat Ponsel Android Menjadi Boros

Biasanya tombol untuk menghidupkan fitur ini terdapat pada menu Aksebilitas pada pengaturan ponsel.

Beberapa cara di atas hanyalah sebagai alternatif agar daya tahan baterai dapat digunakan lebih lama.

Walaupun tidak sepenuhnya dapat menghemat baterai, namun setidaknya baterai pada ponsel Android kita tidak cepat habis dan terpakai sia-sia.

Adapun hemat dan tidaknya suatu baterai sangat relatif bergantung kepada masing-masing pengguna Android itu sendiri. Oleh sebab itu, jadilah pengguna ponsel yang cerdas dan produktif.

Semoga artikel cara menghemat daya tahan baterai agar tidak boros ini dapat bermanfaat bagi sobat Fajrinfo sekalian. Jika kamu memiliki tips lain silahkan berbagi pengalaman dengan mengisi kolom komentar di bawah.

Berlangganan artikel tentang teknologi informasi terbaru via email :

0 Response to "Cara Hemat Daya Tahan Baterai Android Agar Tidak Boros"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel