Cara Mengatasi Laptop Windows Hidup Lagi Setelah Shutdown - Fajrinfo

Kamis, Maret 15, 2018

Cara Mengatasi Laptop Windows Hidup Lagi Setelah Shutdown


Cara Mengatasi Laptop Windows Hidup Lagi Setelah Shutdown

Pernahkah mengalami hal yang sangat janggal pada perangkat Windows yang kamu miliki? Masalah janggal ini merupakan hal yang baru dialami oleh sahabat saya, yaitu saat mematikan Windows 10 dengan cara shutdown, bukannya mati akan tetapi laptop tersebut justru hidup lagi seperti layaknya sengaja direstart.

Dalam hal ini masalah laptop dinonaktifkan lalu hidup lagi ternyata bukanlah masalah baru bagi laptop Windows. Karena hal tersebut dapat dipengaruhi oleh banyak faktor khususnya masalah sistem yang crash.

Memiliki performa yang kencang dan aman memanglah sebuah harapan bagi setiap pengguna laptop atau komputer Windows. Apalagi berbicara tentang keamanan privasi pengguna.

Oleh sebab itu, dikala Microsoft memberikan update patch untuk sistem operasinya, sebagian orang berlomba-lomba untuk menjalankan Windows Update pada perangkat mereka masing-masing agar dapat segera menerapkan update sistem yang diberikan.

Baca juga : Cara Mengatasi Masalah Shutdown Pada Windows 8

Biasanya Microsoft memberi pembaruan pada sistem keamanan, personalisasi tampilan serta perbaikan performa pada setiap update patch yang dirilis melalui Windows Update.

Namun apa jadinya jika yang diperoleh dari hasil update sistem tersebut bukan kinerja yang lebih baik melainkan terjadi masalah pada laptop?

Cara Mengatasi Windows 10 Hidup Lagi Setelah Dimatikan Dengan Cara Shutdown


Hal tersebut sekiranya sedikit menggambarkan masalah yang dialami oleh seorang sahabat Fajrinfo pada laptop Windows 10 yang dimilikinya.

Kabarnya setelah melakukan update patch terbaru, Windows 10 itu tidak dapat dimatikan dengan cara shutdown. Padahal perangkatnya itu merupakan Windows 10 yang selalu update setiap dirilis pembaruan sistem oleh Microsoft.

Untuk penyebab masalah yang terjadi belum diketahui penyebabnya, karena selain melakukan pembaruan sistem tidak dilakukan perubahan atau pemasangan apapun pada perangkat Windows 10 tersebut.

Akan tetapi Fajrinfo memiliki solusi untuk mengatasinya. Bagi sobat Fajrinfo yang mengalami hal serupa pada perangkatnya, baik itu Windows 7, Windows 8 ataupun Windows 10 silahkan untuk menerapkan cara yang akan Fajrinfo berikan pada artikel kali ini.

Baiklah, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi laptop Windows hidup kembali setelah dishutdown:

- Masuklah ke jendela Registry Editor dengan cara klik tombol Windows + R pada keyboard lalu ketik regedit kemudian tekan ENTER.

- Setelah jendela Registry Editor muncul, lalu bukalah folder HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows NT > CurrentVersion > Winlogon dengan cara mengklik tanda panah sebelah kiri pada masing-masing folder.

Kamu bisa juga melakukan cara lain dengan memasukkan source kode di bawah ini pada kolom yang bertuliskan Computer di bawah menu Registry Editor tersebut.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon

- Pada folder ‘Winlogon’ carilah registri yang bernama PowerdownAfterShutdown. Lalu klik klik dua kali secara cepat untuk mengedit registri tersebut.

- Setelah terbuka editor registri PowerdownAfterShutdown tersebut, maka ubahlah Value data yang tadinya 0 menjadi 1 atau yang tadinya 1 menjadi 0.

- Setelah selesai, klik OK untuk menyimpan perubahan. Kemudian restart laptop kamu untuk menerapkan perubahan tersebut.

Baca juga : Cara Menampilkan Trafik Data Internet Pada Windows 10

Fajrinfo berharap agar kamu mengikuti langkah demi langkah yang telah dijelaskan di atas. Jangan sampai ada yang terlewat atau salah masuk folder registri.

Apabila melakukan langkah dengan benar dan teliti, kemungkinan besar laptop Windows kamu yang megalami masalah hidup lagi setelah shutdown akan normal kembali.

Dan bila masalah laptop Windows hidup lagi setelah shutdown ini belum teratasi, jangan sungkan untuk menyampaikannya pada kolom komentar agar Fajrinfo dapat membantu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

36 komentar:

  1. mas bro, kok laptopku masih tetap yaa..habis shotdown hidup lagi. padahal udh sama kyak langkah diatas.

    BalasHapus
  2. Saama bro tetep aja hidup lagi gimana ya makasih mohon bantuan smga dapat pahala

    BalasHapus
  3. Terimaksih ya. Infonya sangat membantu

    BalasHapus
  4. Maaf kak mau nanya, kanapa punya saya belum berhasil...?

    BalasHapus
  5. Terima kasih gan, masalah terselesaikan!!

    BalasHapus
  6. Masalah terselesaikan.. makasih bro

    BalasHapus
  7. Makasih banyak infonya,sangat membantu...
    Semoga berkah...

    BalasHapus
  8. punya saya di winlogonnya gaada powerdownaftershutdown gimana dong min??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diperiksa lagi langkah-langkahnya mas dengan lebih teliti. Tutorial yang Fajrinfo bagikan ini sudah sesuai dengan yang dilakukan pada beberapa perangkat Windows.

      Hapus
  9. Tankiyu masbray, masalah kelar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip, saya ikut senang jika masalah terselesaikan. Dan dengan begitu Anda dapat memperbaiki masalah komputer Anda sendiri meskipun masih termasuk kendala yang kecil.

      Hapus
  10. Saya msh ada mslah yg sm blm jga done.. Mohon bntuanya... Minta no wa nya japri biar leluasa ms...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana masalahnya mas? Silahkan hubungi kami di beberapa kontak yang ada pada laman Contact blog Fajrinfo ini mas.

      Hapus
  11. Terima kasih sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siipp, senang jika Anda terbantu terkait artikel tentang tutorial cara mengatasi laptop Windows hidup lagi setelah shutdown ini. Semoga masalah yang terjadi tidak dialami lagi di lain waktu.

      Hapus
  12. Syukur alhamdulillah masalah teratasi,.mksh mas tutorialnya sgt bermanfaan,,

    BalasHapus
  13. Kok saya layar hitam trus yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan untuk mengikuti langkah demi langkah dan jangan sampai ada yang terlewat.

      Jika belum berhasil, jangan sungkan untuk mencobanya kembali dengan lebih teliti dan mendetail, mungkin saja ada yang belum dilakukan atau terlewat yang akhirnya menyebabkan gagal dalam penerapannya.

      Hapus
  14. Akhirnya masalah terselesaikan, terima kasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap gan, salam hebat dari Fajrinfo. Bila teman Anda mengalami hal yang sama, cobalah untuk membantu memperbaikinya agar ilmunya bermanfaat.

      Untuk yang masih belum berhasil atau mengalami kegagalan, tolong diperhatikan langkah-langkah yang dijelaskan pada tutorial di atas dengan teliti dan pelan-pelan dalam menerapkannya.

      Sebab semua tutorial yang ada dalam blog Fajrinfo ini sudah diterapkan terlebih dahulu dalam mengatasi masalah tersebut, setelah itu dibagikan kepada kawan-kawan sobat Fajrinfo.

      Hapus
  15. Laptopku udah normal lagi..
    Makasih yaa dek..mantul..👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah, keren.
      Terimakasih juga atas feedbacknya kak.

      Hapus
  16. Kepada teman-teman sobat Fajrinfo, jangan lupa kalo ada teman kamu yang mengalami masalah serupa, sebisa mungkin untuk membantunya agar dapat mengatasi masalahnya tanpa harus pergi ke tukang servis.


    Bahasanya sih begini;

    Teman-teman kan udah bisa mengatasi masalah ini dengan mengikuti panduan di atas. Nah, dengan begitu kan udah pernah pengalaman dong dalam memperbaiki masalah tersebut.

    Maka dari itu silahkan bantu teman di sekitar kita itu. Dengan catatan, membantu sebisa kita. Kalo masalah bisa teratasi ya syukur jadi ga usah ke tukang servis. Hehee

    BalasHapus
  17. Saya udh tanya pada montir laptop mas,katanya mainboard saya yg rusak,apakah diya bener/bohong mas ,tiap mau matiin batrenya yg saya copot,kalo gk gt gk mau mati laptopnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya tidak bisa mengatakan teknisi yang dimaksud berbohong atau tidak. Sebab saya sendiri belum memeriksa masalah yang dialami laptop tersebut.

      Sebelumnya udah melakukan instal ulang belum? Harusnya diperiksa sistem softwarenya terlebih dahulu. Karena masalah trouble sulit shutdown saya banyak menangani disebabkan oleh sistem yang mulai usang.

      Kalo misal udah mencoba menginstal ulang dengan sistem operasi yang sama dengan yang sebelumnya, mak coba untuk menginstal ulang menggunakan sistem operasi yang lain atau yang lebih baru.

      Silahkan coba tahapan tersebut dulu, barangkali bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Kemungkinan besar masalah akan teratasi dengan cara tersebut.

      Hapus
  18. Udah dicoba cara di atas, tapi belum berhasil gan.
    Ada alternatif lain ya ?
    Sy pake desktop Lenovo, udah di instal ulang, masalah tetap restart sendiri walau di shutdown. Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake sistem operasi apa instal ulangnya?
      Kalo setelah instal ulang masih tetap saja, upayakan untuk menginstal ulang lagi dengan sistem operasi yang berbeda, jangan yang sama dengan sebelumnya!

      Hapus
  19. Mantap gan, sangat membantu, terima kasih tutornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali gan atas feedback positifnya, jangan lupa beritahu teman yang mengalami masalah tersebut dan bantu ia untuk memperbaiki masalah yang dialaminya.

      Hapus

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.
EmoticonEmoticon

MARHABAN YAA RAMADHAN
Fajar Ramadhan telah menghampiri dunia, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa.

Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga memperoleh segala keutamaan di bulan Ramadhan nan suci ini.
Oke