Selamat Datang di Fajrinfo
Blog yang membahas seputar teknologi dan informasi
Terimakasih kunjungan Anda
Sempatkan diri untuk berbalas komentar!

Cara Agar Kinerja Smartphone RAM Kecil Menjadi Lancar Saat Digunakan

Bukan rahasia lagi bahwa cepat dan lambatnya suatu ponsel cerdas (smartphone) saat digunakan bergantung pada kapasitas RAM yang tertanam di dalamnya.

Oleh sebab itu, ponsel terbaru saat ini biasanya memiliki kapasitas RAM yang cukup besar untuk menunjang penggunaannya dalam aktivitas sehari-hari.

Dewasa ini pesatnya perkembangan teknologi membuat semuanya menjadi mudah dan murah untuk diadopsi dan diadaptasi.

Sehingga ekosistem ponsel dengan kapasitas RAM besar makin hari makin bertambah banyak, apalagi dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca juga : Cara Mengatasi Kinerja Smartphone Lawas Agar Tetap Prima

Dari perkembangan tersebut berdampak pada hampir tidak adanya pengguna smartphone yang mengeluhkan tentang kinerja smartphone yang lambat dan perangkat blank karena hang alias ponsel berhenti bekerja.

Cara Agar Kinerja Smartphone RAM Kecil Berjalan Lancar


Namun apa jadinya bagi kita yang memiliki perangkat smartphone lawas dengan kapasitas RAM minimalis dan pas-pasan?



Kamu tidak usah khawatir dan minder dengan smartphone yang memiliki kapasitas kecil tersebut, karena pada kesempatan ini Fajrinfo akan memberikan tips dan trik agar kinerja smartphone RAM kecil dapat berjalan dengan lancar.

Berikut ini adalah cara agar kinerja smartphone RAM kecil menjadi lancar :

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Menghapus aplikasi yang tidak penting merupakan langkah dasar yang sudah seharusnya dilakukan oleh setiap pengguna smartphone. Apalagi smartphone yang memiliki RAM kecil.

Karena dengan langkah ini akan membuat smartphone menjadi lebih ringan dan cepat dalam penggunaannya.

Bagi smartphone dengan kapasitas rendah di bawah 1 GB, sebisa mungkin jangan melakukan pemasangan game (pemasangan) yang berat dan aplikasi yang tidak benar-benar dibutuhkan.

Oleh sebab itu pertimbangkan lebih matang lagi sebelum memasang aplikasi, terlebih lagi pemasangan game.

2. Gunakan Wallpaper Yang Sederhana Bukan Dari Aplikasi

Wallpaper sederhana yang dimaksud adalah wallpaper yang diambil dari gambar atau foto secara langsung, bukan menggunakan aplikasi.

Karena wallpaper yang berasal dari smartphone biasanya berupa gambar bergerak (animasi) yang akan menyebabkan kinerja RAM dalam ponsel meningkat. Belum lagi pemasangan aplikasi wallpaper yang memakan ruang memori internal dan RAM.

Maka dari itu, smartphone dengan kapasitas kurang dari 1 GB tidak diperkenankan menggunakan wallpaper dari aplikasi, karena akan memperlambat smartphone dalam berakselerasi.

3. Gunakan Smartphone Secara Optimal

Penggunaan secara optimal adalah tidak memaksakan smartphone melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu sekaligus.

Baca juga : Ponsel Android Kamu Lelet? Coba Cara Ini Untuk Mengatasinya!

Hal ini bertujuan agar RAM pada smartphone tidak bekerja lebih ekstra untuk melakukan semua itu.

Misalnya ketika kita menggunakan aplikasi media sosial dan sedang melakukan chatting atau posting, maka janganlah membuka aplikasi lainnya sebelum kita selesai dan keluar dari aplikasi media sosial tersebut.

Oleh sebab itu lakukanlah tiga langkah di atas sebagai tindakan preventif untuk mengantisipasi masalah yang timbul karena RAM penuh.

Apabila sobat Fajrinfo ingin menambahkankan kiat-kiat agar kinerja smartphone RAM kecil menjadi lancar, silahkan menambahkannya pada kolom komentar di bawah.

Artikel Menarik Lainnya:

Tambahkan Komentar Sembunyikan Komentar

© 2015 - 2018 Fajrinfo - Created Theme by Goomsite - Proudly powered by Blogger