Beberapa Ciri IC EMMC Rusak Dan Apa Yang Harus Dilakukan

Hai sobat Fajrinfo, selamat menjalankan aktivitas untuk semuanya. Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai ciri ponsel Android yang komponen IC EMMC-nya sudah lemah atau bahkan rusak. Adakah di antara kalian yang mengalami ciri-ciri tersebut pada IC EMMC ponsel Androidnya masing-masing?

Ponsel Android merupakan ponsel cerdas yang kini sudah sangat banyak penggunanya di seluruh dunia. Namun label “smartphone” yang disandangnya itu tidak lantas menjadikannya jauh dari masalah dan kerusakan.

Beberapa Ciri IC EMMC Rusak Dan Apa Yang Harus Dilakukan

Saat sedang asyik beraktivitas dengan ponsel Android kesayangan kita, terkadang ada saja permasalahan yang dialami dalam penggunaannya. Masalah tak terduga seringkali terjadi pada software atau sistem ponsel Android tersebut.

Biasanya permasalahan pada ponsel Android misalnya adalah kinerja melambat, tiba-tiba tidak bisa dikendalikan, bootloop saat mulai menghidupkan, aplikasi atau game keluar sendiri, mati total, serta lainnya.

Karena masalah tersebut di atas merupakan kendala yang kerap kali terjadi pada ponsel Android, sehingga para pengguna biasanya langsung menyimpulkan bahwa cara ampuh untuk mengatasinya adalah perlu dilakukan tindakan flashing pada ponsel Android tersebut.

Akan tetapi, instal ulang pada ponsel atau biasa disebut flashing tidak selalu menjadi solusi terbaik pada beberapa masalah yang terjadi. Karena tidak jarang proses flashing pada ponsel Android mengalami kegagalan, bahkan sampai menimbulkan masalah baru bagi ponsel Android.

Gagal flashing biasanya terjadi disebabkan oleh beberapa faktor penyebab. Misalnya karena firmware yang dipasang tidak kompatibel dengan model dan tipe ponsel yang digunakan. Selain itu, biasanya penyebab lainnya adalah karena terdapat komponen yang sudah mulai melemah kinerjanya atau bahkan sudah rusak, yaitu IC EMMC.

Baca juga : Apa Yang Terjadi Jika Memori Penyimpanan Internal Android Penuh?

Secara umum, EMMC (Embedded Multi Media Controller) merupakan komponen yang berbentuk IC dan berperan sebagai media penyimpanan resource sistem serta penyimpanan internal ponsel. Sehingga IC EMMC memiliki kemampuan untuk mengontrol dan mengatur kinerja ponsel itu sendiri.

Jika gagal flashing yang terjadi disebabkan oleh firmware yang dipasang tidak kompatibel, maka solusinya adalah dengan cara mencari file firmware yang cocok pada ponsel sesuai dengan model dan tipe yang tertera pada kemasan atau pada balik baterai jika ponsel kamu tidak menggunakan baterai tanam.

Namun apabila penyebab gagal flashing Android tersebut disebabkan oleh IC EMMC, tentu mengganti komponen IC EMMC dengan unit yang baru merupakan solusi satu-satunya.

Lalu, jika kamu sudah mencoba melakukan flashing berulangkali dengan firmware yang berbeda-beda akan tetapi hasil yang didapatkan masih gagal saja alias kinerja ponsel tidak menjadi lebih baik atau bahkan ponsel Android kamu menjadi mati total, maka besar kemungkinan IC EMMC yang ada pada ponsel tersebut mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu, untuk mengetahui kondisi IC EMMC yang terdapat dalam ponsel Android kita apakah masih dalam kondisi baik atau buruk, maka kita harus mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu.

Ciri-Ciri IC EMMC Mengalami Penurunan Kinerja Dan Rusak

Berikut ini adalah ciri-ciri komponen IC EMMC dalam ponsel Android telah mengalami penurunan kinerja atau bahkan telah rusak.

Ciri IC EMMC Sudah Lemah (Mengalami Penurunan Kinerja)

1. Ketika ponsel sedang digunakan untuk pemakaian chatting, berinternet atau permainan muncul notifikasi bahwa proses android telah berhenti.

2. Aplikasi yang sedang digunakan atau yang hidup pada sistem di latar belakang berhenti sendiri. Biasanya muncul peringatan force closes has stopped.

3. Ponsel Android sering mengalami hang, blank, kinerja lambat serta restart sendiri.

Ciri IC EMMC Sudah Rusak

1. Tidak bisa melakukan factory reset atau wipe data. Meski misalnya saat melakukan hal tersebut terdapat notif sukses, tapi biasanya ketika ponsel dihidupkan kembali tidak berdampak apapun serta ponsel tersebut tidak kembali pada pengaturan pabrik.

2. Tidak bisa melakukan flashing. Walaupun ponsel sudah berulangkali diflash, tapi tidak berhasil, padahal proses flashing berjalan lancar dan telah sukses.

3. Muncul pesan BROM ERROR: S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE (5069) ketika melakukan flashing pada ponsel Andrid dengan chipset MTK (MediTek).

4. Ponsel Android bootloop atau berhenti sampai logo merek ponsel saja dan tidak bisa masuk recovery mode.

5. Tidak bisa melakukan upgrade. Proses upgrade sangat lama bahkan tidak pernah selesai karena proses berhenti.

6. Proses flashing berjalan lancar dan terdapat pesan sukses, namun saat dihidupkan ponsel masih bootloop atau malah jadi mati total.

7. Tidak bisa menghapus atau menginstal aplikasi. Aplikasi yang sudah terinstal akan selalu gagal saat dihapus dan muncul pesan gagal saat menginstal aplikasi baru.

8. Tidak bisa masuk mode downloading pada ponsel Samsung atau bahkan ponsel mati total.

Baca juga : Cara Menghemat Daya Tahan Baterai Ponsel Agar Tidak Boros

9. Saat ponsel Android digunakan sering muncul notifikasi “Sayangnya aplikasi telah berhenti” secara tiba-tiba.

Jika ponsel Android yang kita miliki telah terindikasi mengalami kerusakan pada IC EMMC, maka langkah yang harus dilakukan adalah mengganti komponen IC EMMC tersebut dengan unit yang baru serta kompatibel dengan ponsel yang kita gunakan.

Meskipun banyak orang yang mengatakan bahwa ponsel Android yang telah mengalami penggantian IC EMMC tidak akan memiliki performa seperti semula, namun hal tersebut tergantung pada pemakaian dan perawatan kita sebagai penggunanya.

Demikian informasi yang dapat saya berikan mengenai ciri IC EMMC yang lemah dan rusak serta apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya ini. Apakah sobat Fajrinfo ada yang pernah mengalami masalah IC EMMC pada ponsel Android yang kamu miliki?

32 Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spamming.

  1. Mas kalo IC emmc udah rusak, terus udh dibawa ke counter tapi ternyata 2 Minggu lagi kembali rusak lagi dgn kasus yg sama kata orang counter nya. Itu bakal kembali rusak lagi gak yah? Cara pencegahan untuk tidak rusak kembali bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah-wah, kalo gitu harus lebih hati-hati lagi dengan IC eMMCnya.

      Melihat penjelasan masalahnya seperti itu, sebenarnya ada dua kemungkinan. Pertama, setelah pihak konter mengetahui IC eMMC ponsel rusak lalu dioprek oleh mereka sehingga IC eMMC tersebut bisa bekerja normal kembali namun tidak bisa bertahan lama. Dan yang kedua, pihak konter tidak mengganti IC eMMC dengan unit yang baru, bisa saja ngambil dari ponsel bekas atau kanibalan yang ada di konternya dia.

      Saran saya sih agar berhati-hati ketika service ponsel, dan sebaiknya gali informasi dari orang dekat terlebih dahulu tentang konter yang akan kita kunjungi untuk service.

      Dan melihat kondisi ponsel yang seperti itu, setelah nanti sudah diperbaiki lagi, sebaiknya langsung dijual aja ponselnya dan beli yang baru. Hal ini menghindari masalah yang sama akan terjadi di kemudian hari.

      Hapus
  2. Kalau Beli emmc baru terus pasang sendiri, resiko terjadi pada hp apa ya bang???

    BalasHapus
  3. Kalau Beli emmc baru terus pasang sendiri, resiko terjadi pada hp apa ya bang???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo agan memiliki kompetensi dalam mereparasi HP, seperti tidak akan terjadi apapun selagi pemasangannya benar, apalagi jika sudah berpengalaman dalam mengganti eMMC punya customer.

      Tetapi kalo agan memasang sendiri, dan itu dilakukan dengan modal nekat tanpa didampingi yang sudah ahlinya, maka sudah tentu resikonya HP bakalan mati total. Karena eMMC merupakan salah satu komponen utama dalam HP.

      Hapus
  4. Mf tumpang tanya.. hp saya Samsung note 4.. kerusakan tak mau masuk charger..kata org counter rusaknya emmc.. konektor cas udah ganti katanya.tapi masuk bentar eror lagi... apakah benar emmc tu rusak?..mohon bantuannya bos.. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo secara umum gejala seperti itu bisa jadi benar disebabkan oleh eMMC yang sudah lemah, karena kerusakan eMMC akan berakibat tidak bisa memuat sistem dengan baik.

      Namun pertanyaannya, apakah pihak konter sudah memeriksa kondisi baterai Samsung Note 4 tersebut? Sebab jika diliat dari penjelasan tersebut, gejalanya sama seperti jika kondisi baterai sudah tidak stabil lagi alias ngedrop.

      Sebaiknya kalo memungkinkan konsultasikan lagi ke konter tersebut atau bisa bertanya kepada orang terdekat yang sedikit agak paham mengenai hal itu.

      Hapus
  5. Bang saya punya hp advan i5c lite , masalahnya tidak bisa hard reset dan selalu reboot,itu knp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu anda kurang beruntung aja kale

      Hapus
    2. Itu anda kurang beruntung aja kale..😜😜

      Hapus
  6. Bang mau tanya. Saya punya hp vivo v9pro mati total udah aq bawake konter terus di cek ktanya rusak CPU cm IC EMMC terus udah aq tungu hour 1bln udah di ganti di yalain cm logo hp Vivo aja tros konter bilang suruh ganti mesin 1 set katanya apakah benar itu bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kata konter dan secara kronologi seperti itu, sepertinya kondisi HP memang harus ditangani dengan cara ganti mesin.
      Atau jika Anda ragu, maka bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan konter terpercaya sebelum melakukan tindakan perbaikan selanjutnya.

      Hapus
  7. MAS KALAU HP MATI TOTAL APAKAH MASIH BISA DIPERBAIKI HP SAYA XIAOMI 4, DAN APAKAH HP YG SDH MATI TOTAL TDK BS TERKONEKSI PADA PC, MAKASI MAS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya kebanyakan HP rusak pasti masih bisa diperbaiki. Namun tergantung dengan kondisi besar dan kecilnya penanganan perbaikan tersebut.

      Jika mati total karena software atau masalah hardware ringan, pastinya masih bisa diperbaiki dengan biaya ringan pula atau tergantung pada komponen hardware jika ada penggantian.

      Adapun HP mati total, bisa terkoneksi hanya untuk melakukan flashing saja. Sedangkan untuk mentransfer file atau berkas, hal tersebut tidak akan bisa dilakukan pada kondisi HP yang mati total.

      Hapus
  8. Mas kan hp saya matot terus pas dibawa kekonter kata orang sananya hp saya cuman ic gambar itu maksudya gimana ya mas.. dan kalaupun di servic mahal ga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung model ponsel mas, antara kisaran 50-100rb.

      Hapus
  9. Bang hp saya mi 8 lite ketika digunakan tiba2 layar mati dan ada suaranya(suaranya tiittttt) tapi ditekan power lama udah nirmal lagi..kira2 kenapa y gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi masalah pada sistem powernya tuh, tapi perlu dianalisa lagi barangkali ada penyebab lainnya. Bisa konsultasikan saja ke tempat reparasi ponsel terpercaya.

      Hapus
  10. Hp saya habis batray Dan mati,pas di cas hanYa terlihat tanda petir tp tak ada pergerakan dan di buka carger nya tetap tampak tanda petir tampa gerakan alias henk...apakah yg harus di lakukan..apa mgkn emmc nya yg kena?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya ini hanya masalah software deh. Dengan flashing / flash ulang sistem biasanya akan dapat memperbaiki masalah yang terjadi.

      Hapus
  11. mas.. apakah kaleng untk menutup emcc dan ic cpu penting sekali? dan kalau hilang/ dilepas apakah mengurangi keamanan dan kinerja hp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peting atau tidaknya tergantung kondisi. Setau kami fungsi utamanya selain untuk penutup dan pelindung adalah dapat mengurangi panas yang ditimbulkan ketika CPU bekerja dengan sangat keras dan saat lama digunakan.

      Hapus
  12. mas numpang tanya
    hp saya samsung j5 2016
    kronologi hp kadang restart sendiri di sa.at kondisi batre 50% dan di buat nyalakan kamera sama flas
    dan juga sinyal 4g gak stabil walaupun di ganti kartu yg lain tetep sama
    kira kira kerusakanya apa ya mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika dilihat dari kronologi masalah yang timbul, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi.

      Pertama, masalah restart sendiri. Ada kemungkinan disebabkan oleh kondisi baterai yang sudah lemah dalam menampung daya. Dan bisa jadi disebabkan oleh masalah memori internal yang terlalu banyak digunakan (penuh). Silahkan lakukan flashing terlebih dahulu, dan jika masalah masih terjadi maka cobalah untuk mengganti komponen baterai ponsel Samsung Galaxy J5 2016 Anda.

      Kemudian terkait sinyal yang tidak stabil, bisa disebabkan karena komponen IC sinyal dalam perangkat sudah lemah atau lihat hasilnya setelah melakukan flashing pada Samsung Galaxy J5 2016 tersebut. Apakah ada perubahan atau masih tetap seperti itu saja. Jika masih bermasalah, maka sebaiknya Anda konsultasikan ke teknisi ponsel kepercayaan Anda.

      Semoga berhasil...

      Hapus
  13. Assalamualaikum
    Saya mau tanyak mas
    Hp samsung A3 saya sering restat sendiri & ketika dicharger dia mau hidup tp klo dilepas charger@ dia mati terus restat sendiri berulang2
    Itu kira2 klo diinstal ulang bisa nggak ya balik kek semula gak bermasalah lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalaam,
      Sebaiknya coba diinstal ulang aja dulu (flashing), tapi ingat amankan dulu file-file penting yang ada di memori internal ponsel sebelum melakukannya.
      Jika setelah flashing masih seperti itu saja, maka ada kemungkinan masalah pada baterai atau IC Powernya.

      Hapus
  14. Mas numpang tanya
    Biaya servis emmc brp ya?
    Hp saya asus zenfone maxpro m2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo soal biaya tergantung type ponsel dan kebijakan masing-masing konter reparasi ponsel.
      Tapi kalau dirata-rata, biaya untuk masalah eMMC berada pada kisaran 200-500k.

      Hapus
  15. Beli ic emmc asus zenfone maxpro m2 dimana ya?

    BalasHapus
  16. Bg standar HP yg udah di service emcc ny awet berapa lama ya.. Bener gk katany gk lama paling lama 1bulan

    BalasHapus
  17. Bang kalo penyimpanan internal slalu penuh padahal tida menginstall aplikasi apapun sudah di reset dan di flash tapi ttep apahkah emmc?

    BalasHapus

Posting Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spamming.

Lebih baru Lebih lama