Cara Upgrade Windows 10 Tanpa Instal Ulang - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Rabu, 23 Oktober 2019

Cara Upgrade Windows 10 Tanpa Instal Ulang

Cara Upgrade Windows 10 Tanpa Instal Ulang

Ada beberapa cara untuk memutakhirkan Windows 10. Kamu bisa menggunakan layanan Windows Update pada menu Settings untuk mengunduh pembaruan fitur, atau kamu juga bisa membuat ISO Windows 10, atau dapat juga menggunakan Media Creation Tool. Nah, cara yang kedua sebenarnya bisa membantu kamu dalam melakukan peningkatan laptop Windows 10 secara langsung tanpa instal ulang.

Dalam panduan ini, Fajrinfo akan membagikan metode langkah demi langkah untuk melakukan upgrade (pemutakhiran) sistem Windows 10 tanpa harus instal ulang. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan file dan berkas yang kamu miliki.

Sebelum kita mulai melakukannya, kamu harus melakukan beberapa hal berikut:

- Pastikan kamu masuk dan memiliki hak admin atas sistem Windows 10.

- Cabut semua periferal eksternal kecuali mouse, keyboard, dan kabel LAN untuk mengunduhnya melalui internet.

- Nonaktifkan atau hapus semua antivirus atau software keamanan pihak ketiga yang terpasang di perangkat Windows 10 kamu.

Cara Upgrade Windows 10 Tanpa Instal Ulang


Upgrade Windows 10 tanpa instal ulang ini berarti kamu bisa melakukannya tanpa meninggalkan komputer karena proses yang lama. Cara ini akan melakukan pemutakhiran secara langsung, sebab dalam hal ini sistem perangkat Windows 10 kamu akan ditingkatkan ke pembaruan fitur berikutnya tanpa menggunakan file ISO apapun.

Sebenarnya cara ini berguna ketika kamu memiliki koneksi internet yang sangat baik dan stabil untuk mengunduh file Windows 10 dari server Microsoft.

1] Download Media Penginstal Windows 10


Cara Upgrade Windows 10 Tanpa Instal Ulang

Buka halaman Download Windows 10, lalu klik pada Download tool now. Cara ini akan mengunduh file yang bisa digunakan dengan nama MediaCreationTool <nomor-versi> .exe, misalnya MediaCreationTool1903.exe.

Setelah proses download selesai, klik dua kali pada file tersebut untuk menjalankan aplikasinya. File exe ini bertugas untuk mengunduh file Windows 10 versi terbaru dan memasangnya pada komputer atau laptop yang kamu gunakan.

2] Proses Pemutakhiran Windows 10


Cara Upgrade Windows 10 Tanpa Instal Ulang

Setelah proses dimulai, maka kamu akan melihat ketentuan Microsoft License terms. Lalu terima saja ketentuan tersebut dengan menekan tombol Accept. Kemudian aplikasi akan memulai proses "Getting a few things ready". Tunggu sampai selesai. Proses ini menganalisa komputer dan kemudian memberi kamu dua pilihan.

- Upgrade this PC now [Tingkatkan PC Sekarang]

- Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for amother PC [Membuat media instal ulang (USB, DVD, atau file ISO)]

Untuk melakukan upgrade langsung, pilih opsi Upgrade this PC now. Lalu klik Next, maka aplikasi akan mulai mengunduh file pemutakhiran Windows 10. Proses ini biasanya akan memakan waktu cukup lama, dan itu tergantung pada kecepatan koneksi internet kamu.

Setelah unduhan selesai, kamu akan mempunyai pilihan untuk menyimpan file pribadi kamu atau memulai yang baru.

Jika kamu melakukan pembaruan secara langsung, saya sarankan agar kamu menyimpan file yang ada. Dengan begitu, semua masalah pada instalasi sebelumnya akan hilang, dan file kamu akan tetap ada disana.

Cara Upgrade Windows 10 Tanpa Instal Ulang

Dalam proses ini, komputer kamu akan melakukan restart beberapa kali, karena itu sedang memutakhirkan sistem komputer Windows 10 yang kamu gunakan. Setelah selesai, kamu akan kembali ke layar login (login screen). Nah disini akun kamu akan tersedia.

Baca juga: Dengan Bayar Pulsa Rp 10 Kamu Bisa Dapat Kuota Hingga 10GB

Masuk ke komputer, lalu kamu akan disambut oleh pengaturan Privasi. Tentukan pilihan dan lanjutkan ke layar pengaturan Cortana. Kamu bisa mengikuti metode bantuan suara Cortana untuk mengubah bahasa dan membuat pilihan lain. Jika tidak ingin menggunakan Cortana, kamu bisa melakukan semuanya secara manual.

Setelah selesai, maka Windows 10 kamu telah melakukan proses pembaruan, dan kamus siap menggunakan Windows 10 fresh.

Cara terbaik adalah menggunakan metode Upgrade Windows 10 untuk menginstal versi Windows terbaru, terutama ketika kamu yang mengalami kesulitan mengunduh pembaruan fitur.

Kami harap tutorial cara upgrade Windows 10 tanpa instal ulang ini mudah diikuti dan diterapkan, dan kamu bisa melakukan pemutakhiran Windows 10 tanpa instal ulang dengan lancar.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK