Cara Download File ISO Windows 10 Tanpa Menggunakan Media Creation Tool

Cara Download File ISO Windows 10 Tanpa Media Creation Tool

Jika kamu mencoba mendownload file image ISO Windows 10 official dari Microsoft, maka situs web resmi perusahaan itu akan memaksa kamu untuk menggunakan Windows Media Creation Tool. Namun jika kamu tidak ingin menggunakan alat tersebut, berikut inilah tutorial yang dapat kamu lakukan.

Ada banyak alasan mengapa kamu ingin mengunduh file ISO Windows 10. Misalnya, dengan file ISO image tersebut kamu dapat menggunakannya untuk membuat drive USB bootable dan menggunakannya untuk memulihkan komputer kamu jika gagal memuat Windows.

File ISO juga dapat membantu kamu untuk melakukan clean install (instal ulang Windows) atau peningkatan versi dan dapat membantu kamu dalam menangani masalah yang terkadang tidak dapat diperbaiki dengan mudah. Microsoft memiliki situs web yang menyediakan file ISO dan Media Creation Tool.

Microsoft selalu menerbitkan file image ISO baru setiap kali pembaruan fitur Windows 10 baru dirilis untuk konsumen (yang terjadi dua kali dalam setahun). Dan saat ini, situs web resmi Microsoft menyediakan file ISO Windows 10 April 2018 Update.

Akan tetapi mengunduh file ISO langsung dari Microsoft bukanlah hal yang mudah dan cepat, karena ketika kita mengakses situs web Microsoft, mereka mengharuskan kita untuk menggunakan Media Creation Tool sebagai alat pengunduhnya.

Bagi yang belum mengetahuinya, Media Creation Tool adalah merupakan aplikasi yang dapat mengunduh file ISO Windows dan dapat membuat USB drive yang bisa untuk di-boot langsung atau mengupgrade sistem perangkat yang kamu gunakan saat ini.

Media Creation Tool memang solusi yang lebih baik untuk membuat drive bootable. Namun demikian, jika tidak menyukai, kamu dapat mengelabui situs web Microsoft dan mengunduh file ISO Windows secara langsung tanpa menggunakan Media Creation Tool.

Singkatnya, untuk mengunduh file image ISO Windows tanpa Media Creation Tool adalah :

1. Anda harus membuka tab emulator pada browser Microsoft Edge atau Google Chrome (jika belum ada, silahkan unduh ekstensinya terlebih dahulu pada browser yang akan digunakan).

2. Ubah string user agent ke perangkat yang bukan Windows 10.

3. Buka halaman unduh Microsoft dan file ISO yang akan didownload akan muncul.

Jika masih bingung, kamu dapat mengikuti panduan di bawah ini untuk mengunduh ISO image Windows 10 secara resmi dari Microsoft.

Download ISO Images Windows 10 Dari Microsoft

Pertama dan terpenting, pastikan kamu terhubung ke koneksi internet berkecepatan tinggi juga stabil, dan kamu memiliki jendela web browser yang terbuka.

Cara Download File ISO Windows 10 Tanpa Media Creation Tool

Jalankan Microsoft Edge, lalu buka halaman download file ISO disini langsung dari Microsoft. Sebagaimana yang kamu lihat pada tangkapan layar di atas, halaman unduhan dibuka tapi tidak terdapat link untuk mengunduh file ISO.

Cara Download File ISO Windows 10 Tanpa Media Creation Tool

Buka developer tool dengan cara menekan tombol F12 lalu ketuk 'Emulation'. Pada dasarnya, kamu akan membuat situs web percaya bahwa kamu menggunakan perangkat non-Windows 10.

Untuk melakukan hal ini, kamu perlu mengubah user agent pada Microsoft Edge. Pada tab emulation, ubah string user agent ke Microsoft Edge - Windows 10 Mobile atau Apple Safari (iPad).

Cara Download File ISO Windows 10 Tanpa Media Creation Tool

Maka halaman akan di-refresh dan tautan unduhan file ISO akan muncul di layar. Situs web Microsoft akan membantumu untuk memastikan bahwa kamu memilih versi ISO yang tepat. Misalnya, kamu akan diminta untuk memilih bahasa dan versi Windows 10.

Dan kamu dapat mengkonfirmasi apakah perangkat yang kamu gunakan termasuk 32-bit atau 64-bit melalui Settings -> System -> About. Selain itu, kamu juga dapat membuka pengaturan bahasa dan wilayah untuk menemukan bahasa yang benar.

Cara Download File ISO Windows 10 Tanpa Media Creation Tool

Kemudian unduhan akan dimulai dan kamu dapat membuka, menyimpan, dan membatalkan prosesnya kapan saja. Kecepatan unduhan tergantung pada kecepatan sistem dan jaringan yang kamu gunakan.

Cara Download File ISO Windows 10 Tanpa Media Creation Tool

Jika tidak terbiasa dengan browser Microsoft Edge, kamu juga dapat mengunduh file ISO Windows menggunakan Google Chrome. Untuk melakukannya, buka halaman Microsoft melalui link di atas dan akses alat pengembang dengan menekan tombol F12, lalu ubah user agent ke iPhone atau Google Pixel 2 / 2XL.

Sebagaimana dijelaskan di atas, bahwa hingga kini file image ISO Windows 10 October 2018 Update belum tersedia. Dan menurut laporan, file ISO Windows 10 October Update versi final akan dipublikasikan bulan depan (pertengahan Oktober 2018).

Ketahuilah, bahwa tutorial ini juga dapat digunakan untuk pembaruan major Windows 10 October 2018 Update versi 1809 yang akan datang. Jika tidak sabar menunggu, kamu dapat bergabung dengan program Insider, unduh Windows 10 October 2018 Update preview dan tingkatkan perangkat yang kamu gunakan sekarang juga.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis disini :

0 Response to "Cara Download File ISO Windows 10 Tanpa Menggunakan Media Creation Tool"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel