Cara Membuat Drive USB Bootable Untuk Perangkat Windows 10

Cara Membuat Drive USB Bootable Untuk Perangkat Windows

Kamu sedang mencari cara untuk membuat drive USB bootable / media instalasi Windows untuk mengupgrade komputer laptop atau untuk melakukan clean install (instal ulang)?

Sering kali kita memerlukan flashdisk (USB) / media yang dapat di-boot untuk mengakses opsi startup tingkat lanjut agar dapat memperbaiki masalah-masalah startup Windows.

Sebenarnya ada berbagai cara untuk membuat drive USB (flashdisk bootable) yang dapat di-boot. Artikel Fajrinfo kali ini akan membahas cara membuat media USB / instalasi bootable / flashdisk instal ulang menggunakan Media Creation Tool resmi dari Microsoft.

Bagaimana Membuat Flashdisk / USB Drive Bootable


Untuk membuat USB drive bootable untuk komputer / laptop Windows, pertama kita membutuhkan USB flash drive (setidaknya 4 GB, dan pastikan flashdisk dalam keadaan kosong atau cadangkan data flashdisk terlebih dahulu).

Selain itu, kita juga memerlukan file ISO Windows. Jika tidak, kamu bisa menggunakan Media Creation Tool. Oleh sebab itu, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil.

Microsoft resmi merilis Windows Media Creation Tool yang berfungsi untuk mengunduh dan membuat USB flashdisk / media yang dapat melakukan penginstalan sistem windows atau untuk peningkatan versi windows.

Pertama masukkan flashdisk (USB drive) ke komputer / laptop, lalu download Windows Media Creation Tool. Simpan file Media Creation Tool.exe ke perangkatmu, lalu klik dua kali untuk menjalankan Setup tersebut.

Cara Membuat Drive USB Bootable Untuk Perangkat Windows

Kemudian Accept the Terms and Conditions, lalu pada tampilan berikutnya pilih Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC, lalu klik Next.

Cara Membuat Drive USB Bootable Untuk Perangkat Windows

Sekarang pada tampilan berikutnya Language, Edition, dan Architecture akan dipilih secara otomatis berdasarkan konfigurasi komputer yang kamu gunakan.

Akan tetapi, kamu juga dapat mengosongkan ceklis pada opsi Use the recommended options for this PC untuk memilih pengaturan yang sesuai jika kamu mencoba menggunakan media pada perangkat lain.

Kami merekomendasikan untuk memilih arsitektur kedua-duanya. Jadi, nanti kita dapat menggunakan USB flashdisk untuk 32-bit dan 64-bit pada windows instalasi tujuan.

Cara Membuat Drive USB Bootable Untuk Perangkat Windows

Klik Next dan pilih opsi USB Flash Drive. Sekali lagi, klik Next dan pilih removable drive dari daftar.

Cara Membuat Drive USB Bootable Untuk Perangkat Windows

Setelah itu, ketika kamu meng-klik Next pada Media Creation Tool, maka jendela pengunduhan akan dimulai (hal ini akan memakan waktu tergantung pada kecepatan koneksi internet yang kamu gunakan).

Baca juga : Cara Mendapatkan File ISO Windows 10 Official Microsoft Terbaru

Kemudian kamu akan melihat proses pembuatan media Windows. Tunggu hingga menyelesaikan 100% prosesnya. Lalu setelah menyelesaikan proses, sekarang kamu dapat menggunakan USB flashdisk drive untuk instalasi Windows atau tujuan peningkatan versi.

Cara Membuat Drive USB Bootable Untuk Perangkat Windows

Selain menggunakan Windows Media Creation Tool, kamu juga dapat menggunakan program Rufus utilitas pihak ketiga, yang dapat membantu dengan mudah membuat flashdisk bootable dengan langkah cepat.

Cara Membuat Drive USB Bootable Untuk Perangkat Windows

Pertama, download Rufus dari situs resminya. Kemudian klik dua kali file Rufus-x.xx.exe untuk menjalankan alat tersebut. Disini di bawah pilihan "Devices", pilih USB drive flashdisk yang setidaknya memiliki kapasitas 4 GB.

Lalu di bagian bawah Partition scheme and target system type, pilih skema partisi GPT untuk opsi UEFI dari menu drop-down atau menyesuaikan dengan BIOS perangkat Windows yang kamu gunakan.

Di bawah File system dan Cluster size, biarkan pengaturan default saja. Dan pada New volume label, ketikkan label / nama deskriptif untuk flash drive tersebut.

Berikutnya di bawah Format Options, ceklis pada pilihan Create a bootable disk using ISO image. Kemudian klik pada ikon drive dan pilih file ISO Windows yang sudah dipersiapkan.

Ketika kamu siap, klik tombol Start untuk memulainya. Dan klik OK untuk mengkonfirmasi bahwa kamu setuju jika seluruh isi USB flash drive akan dihapus. Setelah menyelesaikan langkah-langkahnya, Rufus akan melanjutkan prosesnya untuk membuat media boot melalui USB flashdisk.

Semoga setelah membaca artikel Fajrinfo ini, kamu dapat dengan mudah membuat USB flashdisk bootable untuk media penginstalan sistem Windows. Tolong berikan saran dan masukan untuk berkomentar di bawah ini.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis disini :

0 Response to "Cara Membuat Drive USB Bootable Untuk Perangkat Windows 10"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel