Cara Ampuh Mempercepat Kinerja Windows 10 #1

Tips Ampuh Untuk Mempercepat Kinerja Windows 10 #1

Apakah komputer / laptop Windows yang kamu gunakan berjalan lambat atau tidak responsif setelah meng-upgrade ke Windows 10? Jika demikian, berikut ini adalah beberapa tips & trik yang ampuh dalam meningkatkan kecepatan kinerja perangkat Windows 10 tanpa mengganti hardware apa pun.

Tips Untuk Mempercepat Windows 10


Tidak diragukan lagi bahwa Windows 10 adalah OS terbaik yang pernah dibuat oleh Microsoft jika dibandingkan dengan versi Windows 8.1 dan Windows 7 sebelumnya.

Akan tetapi pemakaian sehari-hari yang digunakan untuk memasang / menghapus aplikasi, menginstal pembaruan yang mengandung bug, file sistem yang corrupt, biasanya mengakibatkan sistem menjadi lebih lambat.

Apalagi setiap ada perilisan baru, Windows kadang menyediakan fitur dalam update baru yang menuntut lebih banyak sumber daya sistem. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan konsumsi sumber daya, yang menyebabkan sistem menjadi lambat dan kurang responsif.

Ada banyak tips dan trik yang dapat membantu kita untuk meminimalisir penggunaan sumber daya yang tidak diperlukan, dan dapat mempercepat kinerja Windows 10.

Pada artikel ini Fajrinfo telah mengumpulkan berbagai tips, teknik untuk menyesuaikan dan mempercepat Windows 10, sehingga kamu dapat merasakan sistem yang cepat, halus, dan super responsif.

Menonaktifkan Aplikasi Yang Berjalan Otomatis (Startup)


Saat sistem baru dihidupkan, seringkali kita melihat komputer sangat lambat dalam memproses booting startup atau bahkan tidak merespon karena banyaknya aplikasi yang berjalan pada startup bersamaan dengan sistem.

Aplikasi startup ini dapat memperlambat proses booting dan menurunkan kinerja perangkat. Oleh sebab itu, dengan menonaktifkan (men-disable) aplikasi semacam itu akan mempercepat kinerja dan meningkatkan respon sistem secara keseluruhan.

Untuk menonaktifkan program pada startup sistem ini cukup dengan cara klik kanan pada Taskbar, lalu pilih Task Manager.

Kemudian klik pada tab Startup, lalu akan muncul daftar program yang otomatis berjalan saat startup. Jika kamu melihat program yang tidak perlu disana, maka klik kanan program tersebut lalu klik Disable.

Tips Ampuh Untuk Mempercepat Kinerja Windows 10 #1

Mematikan Tips and Suggestions Windows


Dalam upaya untuk membantu pengguna, sistem Windows 10 terkadang akan memberimu kiat tentang cara mendapatkan hasil maksimal dari Windows. Proses ini akan memindai komputermu dan dapat berdampak pada kinerjanya.

Baca juga : Fitur Ini Wajib Dinonaktifkan Pada Windows 10 Agar Hemat Kuota Dan Aman

Untuk mematikan tips ini, buka Start > Settings > System > Notifications & actions dan matikan Get tips, tricks, and suggestions as you use Windows

Menonaktifkan Background Apps


Tips Ampuh Untuk Mempercepat Kinerja Windows 10 #1

Aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem sejatinya memang dapat mengambil sumber daya sistem, membuat panas perangkat kamu dan menghambat kinerja sistem secara keseluruhan.

Itulah alasan mengapa lebih baik menonaktifkannya untuk mempercepat kinerja Windows 10 dan membukanya secara manual kapan pun kamu diperlukan.

Kamu dapat menonaktifkan aplikasi yang berjalan pada latar belakang sistem melalui Settings, klik pada Privacy. Lalu beralih ke pilihan terakhir pada panel kiri Background apps. Disini matikan aplikasi latar belakang yang tidak dibutuhkan atau tidak digunakan.

Menonaktifkan Animasi & Efek Visual


Alasan lain bagi Windows yang berjalan lambat bisa berupa efek visual dan animasi yang meningkatkan beban pada sumber daya sistem. Pada perangkat terbaru, efek visual dan animasi mungkin tidak menimbulkan dampak besar pada daya dan kecepatan.

Akan tetapi pada perangkat yang lebih tua, hal ini akan sangat berpengaruh, sehingga dengan mematikannya adalah pilihan terbaik untuk mengoptimalkan kinerja.

Cara Untuk Mematikan Efek Visual Dan Animasi


Tekan tombol Windows + R, ketik sysdm.cpl lalu tekan tombol Enter. Kemudian pindah ke tab Advanced, lalu klik Settings di bawah Performance. Selanjutnya, di bawah Visual Effects, pilih opsi Adjust for best performance (atau kamu juga dapat memilih Custom dan menghapus ceklis pada semua kotak)

Tips Ampuh Untuk Mempercepat Kinerja Windows 10 #1

Menonaktifkan Transparansi


Mungkin tampilan taskbar, start menu, dan action center yang transparan sangat bagus dipandang mata. Akan tetapi fitur ini dapat menghabiskan sebagian besar sumber daya pada perangkatmu.

Kamu dapat menonaktifkan fitur transparansi ini dengan cara masuk ke menu Settings > Personalization > Colors. Lalu matikan tombol toggle yang bertuliskan "Make Start, taskbar, and action center transparent".

Menghapus Aplikasi Bloatware Windows


Seringkali Fajrinfo mengingatkan bahwa kita tidak perlu menginstal perangkat lunak yang tidak diperlukan, begitu pun aplikasi bloatware (bawaan Windows).

Karena aplikasi bloatware merupakan salah satu faktor terbesar yang dapat memperlambat kinerja sistem berbasis Windows. Aplikasi bloatware dapat memakan banyak ruang pada disk, serta banyak menggunakan sumber daya sistem yang menyebabkan windows berjalan lambat.

Itulah mengapa dengan menghapus aplikasi semacam ini Fajrinfo katakan dapat meningkatkan kinerja sistem, terutama jika kamu mengunduh banyak program tapi tidak atau bahkan jarang menggunakannya.

Untuk menghapus aplikasi bloatware yang tidak diperlukan, klik kanan pada menu Start lalu pilih Control Panel. Setelah itu klik pada Programs > Programs and Features. Lalu pilih Uninstall/Change untuk menghapus program yang tidak diinginkan, satu per satu. Ikuti petunjuk pada kotak dialog pembongkaran untuk menghapus instalasi perangkat lunak

Tips Ampuh Untuk Mempercepat Kinerja Windows 10 #1

Menjalankan Performance Monitor


Windows 10 memiliki alat pemantauan kinerja real-time yang disebut Performance Monitor. Fitur ini selalu memonitor rincian sistem dan sumber daya perangkat keras (hardware), masalah kinerja dan layanan, dan juga menyarankan solusi untuk masalah yang terdaftar.

Untuk memeriksa dan memantau kinerja sistem, klik pada menu Start lalu tulis performance monitor dan tekan tombol Enter. Kemudian pilih opsi Reports terakhir di sebelah kiri > System > pilihan System Diagnostics.

Baca juga : Cara Menyimpan Gambar Spotlight Lockscreen Windows 10

Fitur ini akan bekerja sesuai permintaanmu dan mengumpulkan semua informasi tentang sistem perangkat dan menghasilkan laporan kinerja secara terperinci.

Lihatlah bagian Warnings untuk menemukan masalah yang ada pada perangkat Windows 10 kamu. Periksa deskripsi masing-masing, gunakan Troubleshooter Windows 10 atau telusuri web untuk solusinya.

Tips Ampuh Untuk Mempercepat Kinerja Windows 10 #1

Mengoptimalkan Virtual Memory


Virtual Memori berguna untuk mengoptimasi tingkat perangkat lunak agar dapat meningkatkan daya respon sistem apa pun. Sistem operasi menggunakan memori virtual kapan pun saat kekurangan memori aktual (RAM).

Meskipun Windows 10 mengelola pengaturan ini, namun dengan mengonfigurasikannya secara manual bisa memberikan hasil yang jauh lebih baik.

Untuk mengoptimalkan Virtual Memori secara manual, tekan tombol Windows + R, lalu ketikkan sysdm.cpl dan tekan tombol Enter. Pada System properties pindah ke tab Advanced lalu klik Settings yang ada di bawah Performance.

Kemudian pada performance options pindah ke tab Advanced, lalu klik pada tombol Change di bawah Virtual Memory.

Sebuah jendela Virtual Memori akan muncul. Hapus ceklis Automatically manage paging file size for all drives. Pilih drive C: dan kemudian klik tombol radio untuk Custom size.

Kemudian atur Initial size (MB) ke ukuran RAM Anda dan Maximum size (MB) untuk menggandakan ukuran RAM perangkatmu (misalnya, jika ukuran RAM 4GB, atur ukuran awal menjadi 4000 MB dan maksimum ukuran hingga 8000 MB). klik tombol Set dan kemudian OK (dan restart ketika diminta).

Tips Ampuh Untuk Mempercepat Kinerja Windows 10 #1

Demikian pembahasan kita mengenai Tips Ampuh Untuk Mempercepat Kinerja Windows 10 ini Fajrinfo sampaikan. Pada kesempatan ini kiranya cukup beberapa tips tersebut di atas terlebih dahulu. Untuk tips selanjutnya Fajrinfo menyambungnya kembali pada artikel Tips Ampuh Untuk Mempercepat Kinerja Windows 10 #2.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis :

0 Response to "Cara Ampuh Mempercepat Kinerja Windows 10 #1"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel