Cara Mendapatkan Refund Pembelian Di Google Play Store

Cara Mendapatkan Refund Pembelian Di Google Play Store

Setelah kamu membeli sesuatu, pernahkah menyesal karena telah membelinya? Pernahkah kamu mempertimbangkan untuk mendapatkan refund (pengembalian dana) pada pembelian Google Play Store? Fajrinfo yakin kamu berpikir seperti itu juga.

Penyesalan seorang pembeli itu nyata, dan kita semua pernah mengalaminya satu kali atau bahkan lebih. Meskipun mungkin banyak yang berpikir bahwa hal itu bisa terjadi dengan pembelian item fisik saja, namun pembelian item digital juga bisa saja terjadi.

Berapa kali kamu membeli aplikasi baru dari Google Play Store dan berpikir untuk mengembalikannya setelah beberapa menit kemudian?

Mungkin ada banyak alasan akan hal itu. Bisa saja karena aplikasi tidak kompatibel dengan perangkat, kamu tidak mendapatkan apa yang diharapkan, atau bahkan setelah membeli kamu tidak menyukainya secara umum.

Jika merasa telah menyia-nyiakan uang untuk sesuatu yang tidak akan pernah kamu gunakan, sebenarnya kamu dapat memperoleh refund dalam transaksi di Google Play Store ini. Tapi ingat, kamu harus bertindak cepat.

Aplikasi & Permainan


Cara Mendapatkan Refund Pembelian Di Google Play Store

Google dapat mengembalikan uangmu dengan mudah jika kamu memintanya dalam dua jam pertama dari pembelian.

Untuk meminta refund aplikasi atau game, buka Google Play Store lalu buka Akun di menu navigasi yang kamu lihat dengan cara mengetuk menu hamburger (tiga garis bertumpuk) di sudut kanan atas layar.

Selanjutnya, buka Riwayat Pesananmu. Disini kamu akan melihat semua pembelian yang telah kamu lakukan di Play Store. Ketuk REFUND di samping aplikasi yang ingin kamu kembalikan. Uang itu akan dikreditkan ke metode pembayaran yang kamu gunakan untuk melakukan pembelian.

Setelah selesai, maka kamu akan mendapatkan konfirmasi pada email yang menyatakan bahwa proses refund (pengembalian dana) telah dimulai.

Jangan ketinggalan : Panduan Pemula Tentang Unknown Sources Pada Android

Sebagai alternatif lain, kamu dapat mengakses fitur ini dengan membuka aplikasi Play Store lalu ketuk pilihan REFUND.

Dalam hal ini kamu dapat mengembalikan aplikasi hanya sekali saja. Seandainya sekali lagi kamu membeli aplikasi yang telah dikembalikan untuk pengembalian dana sebelumnya, maka tombol REFUND tidak akan muncul karena digantikan dengan tombol UNINSTALL dan secara otomatis kamu tidak akan mendapatkan uangmu kembali.

Google memberimu waktu 48 jam. Apabila proses gagal setelah meminta refund (pengembalian dana) dalam dua jam pertama. Maka kamu tidak akan dapat memintanya lagi menggunakan aplikasi Play Store. Dan dalam hal ini kamu harus menggunakan browser web untuk melakukannya.

1. Buka browser web di desktop (komputer / laptop), lalu kunjungi situs web ini. Pastikan untuk masuk ke akun Google milikmu.

2. Setelah itu gulir ke bawah ke Riwayat pesanan, cari pembelian yang ingin kamu kembalikan.

3. Kemudian ketuk tiga titik vertikal di sebelah kanan aplikasi, lalu pilih Laporkan masalah.

4. Silahkan isi formulir dengan sebenar-benarnya, lalu kirimkan.

Apabila permintaan tersebut memenuhi kebijakan pengembalian dana Google, kamu akan mendapatkan refund pengembalian dana dengan mudah.

Namun jika sudah lebih dari 48 jam masih belum ada kabar, maka satu-satunya pilihan untuk mendapatkan pengembalian dana adalah langsung bertanya kepada pengembang.

Untuk menghubungi pengembang, buka Google Play Store, lalu cari aplikasi yang bermasalah. Selanjutnya, buka halaman deskripsi dan gulir ke bawah.

Di bawah bagian DEVELOPER, ketuk pilihan Kirim email. Di dalam email, jelaskan alasanmu untuk meminta pengembalian dana. Sekarang, sepenuhnya tergantung pada pengembang untuk memberikan pengembalian dana. Tunggu saja balasannya dan berharap yang terbaik.

Jika masalah yang kamu alami adalah Pembelian Dalam Aplikasi atau berlangganan, kamu dapat langsung menggunakan situs web yang disebutkan di atas atau langsung bertanya kepada pengembang.

Film, Tayangan TV, Musik & Ebook


Cara Mendapatkan Refund Pembelian Di Google Play Store

Untuk pembelian yang dilakukan pada Google Play Movies & TV, Google Play Music, & Google Play Books, tidak ada tombol refund dua jam untuk mendapatkan pengembalian dana secara instan. Untuk itu kamu harus meminta pengembalian dana dengan cara mengisi formulir seperti di atas.

Kamu dapat memperoleh pengembalian dana selama belum mulai menggunakan layanan atau jika pembelian ternyata rusak. Durasi permintaan pengembalian dana biasanya selama 7 hari, akan tetapi mungkin terdapat perbedaan kebijakan di setiap negara.

Perlu baca : Google Play Protect & Bagaimana Menjaga Perangkat Android Agar Tetap Aman

Buka tautan ini di browser web kamu, lalu isi formulir pembelian khusus untuk meminta pengembalian dana. Biasanya diperlukan waktu 15 menit untuk mendapatkan uangmu kembali, tapi bisa juga memakan waktu hingga beberapa hari kerja.

Secara keseluruhan, mendapatkan refund / pengembalian dana di Google Play Store merupakan metode yang mudah selama itu dilakukan dalam tempo waktu dua jam. Mungkin ada yang menganggap hal tersebut hanya memakan waktu saja. Namun ingat, dengan melakukan hal tersebut kamu akan mendapatkan uangmu kembali dengan cara refund ini.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis :

0 Response to "Cara Mendapatkan Refund Pembelian Di Google Play Store"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel