Google Play Protect & Bagaimana Menjaga Perangkat Android Agar Aman?

Google Play Protect & Bagaimana Menjaga Perangkat Android Agar Aman?

Android selalu menjadi pusat perhatian dalam hal keamanan. Sementara itu, sifat OS-nya yang open-source dapat memberikan fleksibilitas dan pilihan yang sangat besar bagi para penggunanya, sehingga berpotensi pada risiko keamanan.

Bukannya Google tidak melakukan apa pun untuk menyelesaikan masalah keamanan ini sejak sistem operasi dibuat. Dalam langkah-langkah terbaru, Google telah menempatkan sistem keamanan yang dikembangkan dengan baik pada wadah yang disebut Google Play Protect.

Selama bertahun-tahun Google telah menerapkan berbagai langkah preventif untuk memberikan pengalaman yang aman & nyaman kepada pengguna.

Sedangkan Google Play Protect hanyalah sebuah inisiatif untuk membawa semua langkah keamanan tersebut pada satu nanungan.

Wadah ini adalah sistem tiga bagian - pemindai malware, pencari ponsel yang hilang, dan penjelajahan web yang aman - yang dirancang untuk menjaga perangkat Anda tetap aman dari depan ke belakang.

Malware Scanner


Google Play Protect & Bagaimana Menjaga Perangkat Android Agar Aman?

Tujuan utama Google Play Protect adalah pemindaian malware. Menurut Google, ia dapat memindai lebih dari 50 miliar aplikasi setiap hari untuk memastikan bahwa apa pun yang kamu pasang di ponsel akan aman untuk digunakan.

Setiap aplikasi yang memasuki Play Store benar-benar diperiksa menggunakan teknologi machine learning. Dan, jika ada sesuatu yang diketahui mencurigakan, maka akan ditolak atau dihapus dari Play Store.

Pemindaian tidak terbatas pada Play Store saja. Bahkan, ia juga memindai aplikasi yang terpasang di ponsel kamu. Dimana pun kamu mendapatkan aplikasinya, maka akan dipindai untuk malware-nya sebelum proses instalasi dimulai.

Jangan lewatkan : Cara Mengatasi Download Tertunda Pada Play Store

Find My Device


Google Play Protect & Bagaimana Menjaga Perangkat Android Agar Aman?

Find My Device (Temukan Perangkat Saya), sama seperti pemindai malware, telah tersedia untuk waktu yang lama sekarang. Aksi lindungi bermain game baru saja membuatnya lebih terlihat lebih baik.

Saat Find My Device aktif, maka kamu dapat melacak lokasi ponselmu pada peta Google. Ini hanya berfungsi jika GPS diaktifkan pada perangkat tersebut.

Dan, jika gagal mengambilnya, kamu dapat mengunci ponsel tersebut dari jarak jauh dan menghapus semua datanya agar informasi pribadimu tidak jatuh ke tangan orang yang salah.

Safe Web Browsing


Google Play Protect & Bagaimana Menjaga Perangkat Android Agar Aman?

Google Play Protect juga terintegrasi dengan Google Chrome untuk menjagamu agar tetap aman saat menjelajahi situs web. Ketika kamu mengunjungi halaman web, maka secara otomatis akan memindai kode yang berbahaya. Jika menemukan kesalahan, maka akan diperingatkan dan diarahkan kembali pada halaman keselamatan.

Perlu baca : Cara Mengatasi Kinerja Smartphone Lawas Agar Tetap Prima

Google Play Protect adalah sistem yang bekerja di latar belakang & mandiri tanpa perlu interaksi dengan pengguna. Jika ingin melihat apa yang dilakukannya, kamu dapat melakukan navigasi ke bagian Aplikasi & permainan saya (My apps & games) di Play Store pada bagian atas.

Pada tampilan berikutnya, kamu dapat melihat semua aplikasi yang baru saja dipindai oleh sistem keamanan Google Play Protect tersebut. Semoga bermanfaat.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis :

0 Response to "Google Play Protect & Bagaimana Menjaga Perangkat Android Agar Aman?"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel